Oleh: arantan | Juni 30, 2013

Unusual request ketika jual motor, semakin aneh motornya semakin aneh requestnya

Hubungan seller – buyer adalah hubungan private, mirip dengan dokter-pasien, client-lawyer yang tidak bisa di lepas ke publik

Kalau beli motor baru yang umum ditanya adalah soal cicilan-DP, service gratis dan soal delivery motor, STNK – Plat nomor serta BPKB. Tapi kalau motor second, dimana yang jual adalah pribadi juga, yang ditanya dan di request bisa aneh dan tidak terbatas.

Yang pertama adalah soal kapan dan tempat ketemu. Maklum baik penjual dan pembeli biasanya orang yang punya pekerjaan dan aktivitas lain. Soal waktu ada yang minta ketemu jam 10 malam, saya tentunya menolak. Tapi ada juga teman saya yang didatangi kerumah jam 10 malam, bayar cash dan malam itu juga motor di bawa. Motornya CBR 150R tipe yang lama, jadi orangnya bawa duit cash 20 juta ++.

Ada lagi yang pas ketemuan bawa temannya 3 orang gede-gede, atau ada juga bawa isterinya yang geleng-geleng atas motor yang dibeli, ya nggak pa-pa toh, asal jangan sampai berantem di depan seller.

Soal skema pembayaran juga bisa di atur, ada juga yang booked motor tapi duitnya buyer cash cair waktu itu tidak ada, sedangkan baik harga dan motornya sudah cocok. So atas kesepakatan bisa saja kasih tanda jadi dan baru dilunasi, beberapa waktu kemudian. Beberapa waktu itu ada yang hitungan minggu sampai bulanan! Ya selama ada kesepakatan bersama ya nggak apa apa, pastikan saja ada waktu akhir pelunasan bagi sellernya. Asal baik seller maupun buyernya commit pada kesepakatan itu toh.

Untuk optional parts juga bisa di atur, kalau budget mepet bisa dijual motornya dalam keadaan standard saja. Karena bagi seller seringkali lebih sulit untuk mencari pembeli yang mau membeli motor second seharga motor baru, walau dalam keadaan full option.  Minta lepas knalpot dulukah, minta semuanya di lepas-lepas?

Aturable!


Responses

  1. sip mantab . . . asal sama-sama puas

  2. yang tanda jadi itu yang mbingungi,gimana klo motornya di apa-apain,kan waktunya bisa sehari sampai berhari-hari

  3. Benerrrrr…joss


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: