Oleh: arantan | Juni 27, 2013

Jadi powernya Pulsar 200 NS cuman 17 HP? Beda tipis dari Vixion dan CB150 ya?

Ini video dari motor beam India, Ninja vs CBR 250R vs Duke, vs Pulsar 220 dan 200 NS.

Hasilnya, yang pertama Ninja 250, CBR 250R, KTM Duke 200 (*beda setengah body saja), berikutnya Pulsar 220 dan Pulsar 200 NS di belakang Pulsar 220. Testernya bilang waktu itu 200 NS terhalang Pulsar 220, hmmm….

Saya baru baca dari blognya IWB di sini, yang mengambil hasil dari otomotif, waduh, ternyata powernya di Dyno cuman 17 HP tok! Padahal di brosur 23. Kalau betul 17 berarti ini berarti selisih tipis dengan Vixion di 14 HP an. Tapi loss antara crank dan on wheel bisa sejauh itu.

Salah satu alasan orang membeli 200 NS ya adalah power, sehingga orang bisa melupakan brandnya dengan resiko after sales dan parts yang belum kelihatan. Lha tapi kalau kenyataannya begini ,tentu menyurutkan banyak minat calon pembeli. Ya sama seperti orang surut beli waktu CB 150, ternyata powernya sama saja dengan New Vixion di 14.

Ya sekarang kalau saya bandingkan 200 NS dengan Yamaha Vixion, power ternyata selisih tipis, harga sama, ukuran sama. Soal berat yang tentu juga berpengaruh pada power, malah lebih berat Pulsar 200 NS, di 145 kg sementara berat isi Vixion di 129 kg waduh, power cuman beda 3 hp, tapi lebih berat 15 kg.

Kalau power betul bisa mencapai 23 HP, orang banyak merem dengan after sales. Saya sendiri tadinya berharap kalau Pulsar 200 NS ini bisa memberikan angin segar bagi dunia roda 2, dimana harga bisa competitive dan power bisa gede.


Responses

  1. Ngempos,,,

  2. seingat ai NVL cuma dapat 14,xx dari motorplus bro

    • Thank you! Saya salah ingat, saya koreksi yak.

  3. sama kek ninja… dari 31hp ke 25hp an kekx…

    • No, Ninja 250 yg saya test betul2x di 30 on wheel.

    • masalah dyno emg harus bijak sih nanggepinnya,walaupun dianggap sebagai salah satu cara yg kredibel mengetahui permoforma motor, tapi ternyata juga dipengaruhi bbrp hal baik kondisi motor, kondisi lingkungan/tempat (ex. suhu, humiditas, dll) dan skill si “penggeber” motor,
      yaa..contohnya Om arantan yakin sungguh2 dgn mata kepala sendiri bersaksi bahwa (lebay mode..hehe) ninja 250 bener-bener 30hp, tp di artikelnya Kang Taufik (http://tmcblog.com/2010/12/22/hasil-test-dyno-on-wheel-new-honda-cbr-250r/) cuma dpt 26.03 hp
      atau hasil lain yg bilang power “real” ninja 250 25,44dk (http://motorsport.sportisi.com/komparasi-kawasaki-ninja-250r-minerva-megelli-250re-dan-honda-cbr-250r/) dan hasil review2 lain yg kebanyakan menyatakan ninja 250 “real” powernya skitar 25-27hp.

      begitupula hasil dyno si 200ns MPlus blg “cuma” 17hp, tp dari Otomotif bilang 19,97Hp btw tempat dyno otomotif di Sportisi Motorsport (tempat yg digunakan untuk ngetest ninja 250 yg hasilnya “cuma” 25,44dk)

      Sooo..Kesimpulannya menurut gw hasil dyno-nya si Mplus ttg 200ns cuma 17hp perlu dipertanyakan sihh..coz mnrt gw bedanya lumayan jauh sama otomotif (hampir 3hp on wheel lhooo..!) ganti knalpot, coil, busi, jetting karbu aja belom tentu bisa nambah 3hp di dyno..

      apalagi yg ngetes si Mplus yg konon katanya gimana gituu (mudah2an gak bener sih)..hehe
      dan kayaknya gw berani JAMIN kalo hasil dynotest 200ns dr Mplus yg 17hp ini jadi hasil dyno test “TERBURUK” bagi 200ns*..

      *asal kondisi motor sama bagus dan ditest sm yg Professional dan yg “bener2” pure ngetest..(you know what i mean laa)..hehe

  4. sama aja donk itu mah… *masukin lagi duit ke tabungan nunggu yg bener2 ajib😀

  5. HP AMA PS BEDA GAN…TRS 17 ITU ON CRANK ATO ON WHEEL? NGK JELAS BGT….

    • 23 HP di brosur, 17 HP tested on wheel.

  6. Sippp..

  7. beli kuda aja ketauan satu kuda buat narik delman istimewa ku duduk di muka

  8. Masih perlu dipantau n berharap ada lg yg tes dyno buat pembanding. Tp jk benar bisa sj 200ns d sini mengalami spek down demi menyesuaikan dg premium..

  9. baru 1 hasil dyno nya gan, 1 data bagi saya sih kurang valid,tunggu data2 lain muncul deh baru bisa,wkwkwk. . . .bd 3 Hp ya g kcl bngt gan, tapi mngkn krn estimasi awl kita plng g ni motor 20 Hp sih ya.

  10. Di Ind, kalo sdh bicara motor sport 150-250 cc, knp sih soal power/hp menjadi topik yg maha penting ? Selisih 0,5 hp aja bisa gak laku jualan motor ! Smp segitu bangganya jk kita punya motor dgn hp terbesar di kelasnya. Artikel bro Arantan ini potret dr sebagian biker kita. Speed freak sekali ? He he… tuh Om2 kita yg punya moge 600cc ke atas mah gak rungsing soal hp.

    • Dimotor sport 150-250 khusus diindonesia menurut ane ada proud didalamnya….
      Dimana kalo cuma 17-30hp masi bisa dites sruntulan di ex toll rajamandala, kemayoran, pasopati dll.
      Lah kalo moge….? Selain d sirkuit ya di jalan toll… Tp di indonesia kan motor ga bisa masuk toll…
      Makanya untuk motor batangan 150-250 beda 0,5hp aja berasa bgt. Imho piss

      • Bro, mgkn cm segelintir dr biker kita yg pernah ngerasain top speed di motornya. Sisanya : biker mayoritas yg gak suka/berani kebut2an tp sebagian dr mrk cm bangga dgn power besar di motornya yg bahkan gak pernah dipakai. Buat daily biker di jln2 raya Ind, torsi jauh lbh berguna drpd power.

  11. Maaf bro, sebagai pemilik ktm duke 200 yg mesinnya mirip denga p200ns, apakah pernah tes dyno? Sebagai gambaran aja gimana ptwr nya….
    Karna dalam motor laki 150-250cc ada proud n pride,
    kalo moge powernya kan ga bisa dirasa d jalan umum, tapi kalo motorsport 150-250 itu bisa terasa torsi n powernya….
    Kalo dah pernah tes dyno share disini yaa….

    • Ada, Duke sudah pernah d test otomotif di Dyno di 23 an, videonya sudah pernah saya posting juga.

      Untuk pulsar 200 ns, hasil testnya otomotif ini akan di revisi/ update.

  12. beda dyno jelas beda hasil yg di dapat kalau pengen adil saat tester mau komparasi dgn motor lainya harus satu jenis dyno yg di pakai cuaca juga akan berpengaruh terhadap hasilnya saat panas atau saat dingin

  13. Sementara ini sih saya agak kecewa dengan keluarnya hasil test dyno-nya, kira-kira ada kemungkinan sample yang ditest motorplus tersebut bermasalah gak? (slip kopling misalnya) soalnya test speed dan konsumsi bbmnya jauh beda dari info-info yang dah ada, masa tembus 120 km/jam aja susah dan 1 liter Pertamax = 27,6 kilometer. Semoga cuman unit test tersebut yang bermasalah, andaikan emang semua 200ns seperti itu ya setidaknya 200ns masih leih ganteng dari nvl ataupun cb (terlanjur naksir gantengnya)

  14. klo 100 hp ke atas saya baru merem after salez

  15. Boleh tanya ya, bro Arantan kan pernah punya Duke 200 yg powernya tergolong super di kelasnya. Mana yg lbh bikin proud, power gedenya, tampangnya yg macho-sangar, high tech bike, brand Eropa, atau malah harganya yg premium? Pernahkah coba smp red limit di gigi 5, atau bahkan top speed di gigi 6 di jln raya non sirkuit ?

    • Untuk Duke mudah dapat top nya, limiter di 5 pun mudah karena short shift. Di jalan raya, di sekitaran jam 8 pun masih bisa kok sampai top. Kalau cuman sekedar “sampai” saja ya, karena mungkin sekedar sampai, habis itu tentunya turun lagi speednya. Sepanjang perjalan pulang-pergi harian ya cuman ada 1 kesempatan aja.

      Iya tarikan mungkin lebih penting.

      • Wah, anda termasuk speed freak jg kalo gitu. Salut deh bro, btw keep safety on road.

      • Motor standar 250cc kebawah masih bisa dicapai topspeednya dijalan raya terpilih… Rata2 under 170kpj, tapi kalo moge gigi 1nya aja bisa diatas 80kpj.
        Gigi 2 keatas = serem….
        Makanya artikel m+ yg menyebutkan p200ns cuma bisa lari 120an kpj n 17 hp, terus terang ane kecewa berat. Jelas jd ga value lha wong pulsar 220 aja bisa lebih baik dr itu. Mungkin juga masih bisa dijejer sama cs1 dan dilibas sama fu, cbr150.
        Meskipun ada penurunan kalo masih 20hp okelah… 17????
        Ane pernah baca kalo ga salah d warung tmc, kalo pulsar 220 itu 19hp on wheel. Maaf ga bisa kasi linknya, soalnya pk opmin.
        Soalnya motor laki itu = power n ganteng.
        Maka ga heranlah kalo duke 200itu terlihat operpress…. Soalnya ganteng n powernya dapat.
        Kalo cuman nyari ganteng aja, byson juga udah cukup. Piisss

      • Ane setuju bgt dengan artikel bro arantan ini…. Ane lg nungguin motor laki 200cc naked
        Ngidam duke 200 kemahalan.
        Alternatif p200ns meskipun murah juga ga value…. Dgn artikel diatas 3busi dengan masih karburator cuma 17hp? Oohh tidak bisa…
        Nungguin honda or yamaha 250cc naked aja dah….

      • @gc133hijrah
        ada update tuh om di blognya pertamax7
        http://pertamax7.com/2013/06/27/kawasaki-bajaj-pulsar-p200ns-keluar1997-hp-dan-topspeed-133kmjam-via-test-otomotif/
        yang bener yang mana coba

  16. Motor plus tau enggak yg punya siapa ? Orang honda bro…so black campaing sdh dilancarkan menghambat laju si pulsar ns…..? Untuk tes dyno banyak faktor yg harus dipertimbangkan…..sbg perbandingan dr otomotif tes dyno dapet 19ps lebih….jadi kelihatan kan permainan nya? Dan bro2 juga harus tahu Honda dan Yamaha disini tuh satu atap……cuma Kawasaki dan Suzuki yg pisah…..

    Gini….tgl 26 saya ditelp kawasaki untu survei krn saya beli kredit ns nya….mereka bilang ns tu pengganti kawasaki rr yg sdh discontinue…..dan gila aja Kawasaki mau jual motor nipu kalo 23,3ps jadi 17ps?

    Mau ditaro dimana muka kawasaki tu…..ya kalo enggak suka gampang ? Enggak usah beli……17 psyg katanya power pulsar 220 saya…..cuma ngalah sama ninja end cbr 250…..selebihnya kalo bicara standar no offence……kalah jauhh apalagi trek lurus macam pantura 150km dapet walau dr 135 ke 150 km nya lam tp kalo trek sudirman thamrin 145 malem hari gampang….bukti ada bih saya rekam di hp.

    • Tenang-tenang, udah di update kok, dapatnya hampir 20 hp on wheel.

    • Saya sendiri melihat kalau pasnya di 20-an lah. Kalau 17 memang berarti ngemposnnya kejauhan🙂

  17. Lah itu dari data udah ketauan yg di tes m+ 17hp di rpm 8900, sementara pabrikan bilang di rpm 9500 maksimalnya. Kesimpulannya, waktu tes dyno m+ ga digeber itu motor, kalo digeber sampe 9500 ya pasti bisa lebih besar dari 17hp.

  18. kl menurut sy selisih ampe 5 hp tuh wajar ya. ninja 250 fi jg selisih 5. ninja rr yg agak banyak tinggal 22-23 hp on dyno di brosur 30

  19. Lahhh aya2 wae,saya gak demen sm tehnology kawasaki,brandnya ngebohong melulu bnyk masalah…

  20. rasane beda mungkin😀

  21. Yang bilang krr ngempos mana???
    Sini aduin ma krr gw.g usah pake dyno, kita buktiin langsung d jalan.

  22. ada blog korban MPlus ..hahah tenang dan sabar nggih ..RPM 8.500 ..wajar nek 17hp ..
    kasian sik wis redline nganti mesin meh njeblok muk entok 14hp ..
    kakakakak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: