Oleh: arantan | Juni 21, 2013

Yamaha Indonesia belum punya motor elegan

mio1

Motor es em pe banget …

juara

Gw udah tua cuiii!!! Pakai motor menor-menor gini ya malah bikin malu.
Bagi saya pilihan matic ya cuman PCX atau Piaggio.

Motor pertama saya Yamaha Jupiter MX, saya belajar motor disitu. Belinya juga dari brosur tanpa melihat motornya, tanpa seijin bini. Waktu itu tahun 2006, waktu tahu, bini nanya, Yamaha? Kenapa? Waktu itu Yamaha masih bukan mainstream.

Anyway saat ini sudah 7 tahun berlalu, saya sudah berubah banyak dari 2006. Motor yang saya cari harus ada elegannya lah, rapih, simple. Tapi ketika saya lihat dari seluruh jajaran Yamaha, tidak ada satupun yang masuk dalam kriteria elegan, simple, perlu ada prestige dikit lah.

Memang kalau bicara marketing komunikasi, orang tua pun dalam komunikasinya, se-brandnya selalu di gambarkan dengan gaya “muda”. Orang tua tidak suka digambarkan “ketuaannya”! Mungkin sama dengan mobil murah, jangan di sebut “murah”, tapi sebutannya “affordable” walau messagenya sama tapi sebutannya lebih enak di dengar! Tapi tonjolkanlah apa yang dicari orang tua donk! Ya juallah simple – clean – elegance – mature – prestige.

Tapi kalau si Yamaha ini bukan hanya dari komunikasinya, tapi barangnya sendiri pun anak muda banget! Dengan grafis yang awut-awutan, asal rame! Makin awut-awutan itu namanya makin gawulll!!! Semua motornya Yamaha Indonesia diarahkan pada segmen yang mirip, anak gawul yang mau lincah pakai Mio, anak gawul yang mau kenceng-powerfull dikit pakailah Xeon, anak gawul yang cross dikit pakailah X-ride. How about matic untuk orang tua, like me?

Saya sekarang sudah tua, selera saya sekarang lebih simple, clean, elegance, ya ada MacBook dikit, iPhone dikit lah, clean – simple. Ya kalau pakai Mio, waduh.

Mari lihat Honda.

15062012.PCX-150-Overview-

Sekali lihat komunikasinya, kita tahu kalau PCX di segmen untuk yang lebih mature, maunya ada elegance, prestige dikit. Di bawah PCX ada Vario, secara marketing komunikasi juga di segmenkan ke mature – elegance, walau kalau lihat barangnya Varionya sih sebetulnya ya sama azaaa! Vario 125 pun ya masih menor-menor dikit.

Bukan berarti juga kalau seluruh marketing komunikasinya Honda diarahkan sebagai motor prestige. Tapi Honda lebih wide, motor untuk anak es em pe ada, untuk kuliahan ada, untuk orang tua ya ada …

Sedikit bicara brand…

Brand di bentuk dari experience pengguna atas produk, betul. Tapi bagusnya Honda adalah brand mereka diatas, sebatas sebagai penjamin general saja: “One Heart”, kalau tidak salah artinya hubungan yang baik dengan konsumen – brand dan lain-lain – sebatas itu. Produknya Honda bisa main di skutik es em pe, tetap align ke brand, sampai PCX pun tetap align ke one heartnya.

Sementara di Yamaha mungkin secara brand lebih sulit. “Semakin di depan!” Kalau literal dianggap lebih unggul/lebih cepat dari lain, sementara untuk orang berumur pengejar elegance ini sudah tidak lagi penting. Mungkin rasa semakin di depannya bisa ditarik juga lebih semakin di depan dalam segala hal, lebih terjamin, lebih di depan dari segi elegance, matured?

fa_brosur-vario-pgmfi-ok-cvt-agnes


Responses

  1. Menor karena terlalu banyak stripping, Om ……. H, Y, maupun S …. sama saja.

    Mangkanya, saya selalu lepas itu stripping ….

    Dari dulu motor keluarga maupun motor saya yang GL Max 125, kemudian Astrea Grand, kemudian Legenda, kemudian New Vega-R, kemudian Jupiter MX, dan yg sekarang Spacy FI.

    Begitu sticker stripping-nya dilepas ….. beda banget penampakan itu motor-motor …..

    Kecuali Liberty 150ie ….. tidak ada stripping-nya sama sekali … so elegant …

    Motor keluarga saya dari CB200 sampai Super Cup 70, maupun Sprinter dan Alfa, tidak bermain dengan stripping ……, sejak masuk zamannya Astrea Grand dan GL Max/Pro, mulai deh sticker stripping …..

  2. Eh, baru ingat, dulu strippingnya GL-Max dan Astrea Grand tidak bisa dilepas karena diatas sticker dilapis lagi dengan cat bening sebagai final coating.

    Jadinya, ya harus ditutup sticker lagi ……
    🙂

    • Kalau lihat dari motornya, sticker memang pengaruh banyak juga cat.
      Tapi selain itu beberapa design seperti Vario yang mirip-mirip robot patah-patah itu juga bikin jadi kurang elegan. Ya Mio pun juga terlalu liar…

      Ya anyway, sayapun juga pakai Duke ber sticker rame, alter ego kali ya.

      Tapi kalo matic maunya yang rada elegance, kalem.

  3. Setujah, motor sayah juga di lepas srtiping nya, look diperent and elegen, walo orang bilang tu motor ojek 😀

  4. meski mungkin dianggap sama2 norak n menor, striping di skutiknya honda cenderung lebih kalem dibandingin skutiknya yamaha saat ini

  5. iya juga ya. cuman sayangnya motor yang di desain elegan, berbanding lurus dengan harganya yg “elegan” pulak😆

    • mungkin pesona pengendaranya nambah juga om, buat tepe tepe😆

  6. Jozz, desain yang cenderung menyudut tajam dgn pewarnaan ‘ngejreng’ jadi kurang elegan, mungkin cuma soul gt keluaran awal yang elegan…

  7. kemaren sempet ada kok, cuma sekarang menor lagi, soul-GT . . .

  8. Yamaha kan jagonya BEBEK, ETOK, ANGSA…

    Tenere gak muncul

  9. yach itulah yamah, kenapa kalah dimatic

    produknya menyasar segment yg sama, abg.

    tdk ada differential produk.

    akhirnya konsumen akan memilih produk yg terbaik dari semua produk yamaha, karena stylenya sama.

    dari sisi design terbaik adalah soul GT, maka itulah produk yg dipilh mayoritas konsumen yamaha.

    produk honda menyasar konsumen yg berbeda-beda, sehingga produknya laku semua

  10. Coba bro intip Yamaha Majesty yg bakal di CBU sm Yamaha Ind, kali aja naksir.

    • Majesty 250? Itu sih dari dulu juga naksir😛. Keren abis.

      ________________________________

  11. plg kagum ama desain yamaha waktu era cripton, force, jupiter, old vixion, old mx, old mio.. runcing, striping kalem.

    • Yang Majesty dulu ya bagus. Tapi lainnya seperti Vixion, MX ya nggak bisa elegan ya.

      ________________________________

  12. Memangnya yg nulis usianya brapa sih? 60 tahun ada?

  13. suzuki hayate, karena memang duit saya cukupnya buat beli itu

  14. mungkin maksudnya mengatakan ini lho motornya anak muda…. tp saya nangkepnya ini motornya anak labil, kebanyakan warna…. berasa abg tua naikinnya..😀

  15. semua emg selera sih, ada juga yg umur tuwa jiwa muda, pinter2 pabriknya aja kasi desain yg bisa menarik banyak konsumen, motor jepang kan dinamis semua soal model, gak ada yg abadi, desain cepet berubah

    • Betul juga, bukan soal umur tapi selera dan style.

      Menurut saya, belum ada produknya Yamaha Indo yang stylish dan elegance, prestige. Saat ini masih terlalu lolipop/ popcorn.

  16. hehe…
    saya sukanya yang retro…

  17. kalau dengan soul gt gen awal gimana? polos berkarakter, ya walaupun sudut desain tidak simple

  18. Kapan ya Yamaha datengin ini SMAX 155 ke Indo? http://tmcblog.com/2013/05/18/yamaha-smax-155-skutik-gambot-saingan-berat-pcx-150/

  19. SMAX 155 vs PCX 150 gimana menurut bro Arantan?

    • Tetep lebih mewah PCX 150 sih.
      Yamaha di luar ada nozza, Honda ada SH.

  20. Jadi inget striping yg memancarkan auramu (tahun 2007) klo gak slh

  21. apalagi liat xeon rc… norak bgt stripingnya

  22. Udahlah YIMM kalau berani masukin Majesty/Smax 155cc aja biar duel fair sama PCX berani gak….? Wong punya matic bagus kok gak dimasukin….masih kekeh bilang jalanan Indonesia gak cocok buat skutik gambot….? Kenapa mikirin jalan? Pikirin itu kantong konsumen aja ada yg beli gak….biar dia beli terus cuma dipajang di ruang tamu juga yg penting kan ada yg beli…..sampai kapan mau main matic gitu2 aja…..?

  23. satu masa yamaha elegan semua (polos no stripping) yaitu scorpio, jupiter, nouvo… karena ga laku akhirnya dibikin ngejreng (Z series) eh jadi laris

  24. Beberapa waktu lalu, sempat lihat Skutik besar Yamaha, tapi bukan Majestic dipamerkan di Margo City Depok dan sudah bisa dipesan di Cempaka Putih.

    Apakah itu Smax ?

  25. hahahahaha…yang dah merasa tua ..

    uban dah berapa persen…wekekekekek

  26. pulsar keluaran sebelum tahun 2012 semua polos, bagus.
    sekarang malah mulai ikut2an striping atau dual tone, atau lebih parah lagi pulsar200NS kaoskaki, malah jelek banget dikasih stripping (gak kayak di India sono, tanpa striping)

  27. untung soul gt ane kluaran pertama,yg elegan,karna emblem timbulnya, 1 warna, muscle.laki banget.cuma iya yg skarang tipenya colorful.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: