Oleh: arantan | Juni 19, 2013

Kalau sampai jatuh nyobain motor bisa-bisa saya jual mobil…

IMG_9045

IMG_9024

Tiap-tiap orang punya kebijaksanaan sendiri-sendiri, tentunya boleh-boleh saja  dwuonk! Boleh dwuonk! Yang lain punya pendapat lain ya boleh juga dwuonk! Tentunya ok-ok saja.

Waktu beberapa minggu lalu saat POC kumpul-kumpul ada yang bawa motor Triumph, Victory, HD dan lain-lain. Tapi yang saya test ya “hanya” Piaggio Beverly dan Kawasaki Versys saja. Bukan karena nggak selera dengan motor lainnya. Tapi motor lainnya saya anggap resikonya sangat tinggi.

Yang pertama, saya belum pernah pegang motor sejenis. Saya belum ahli ber moge ria.

Yang kedua, soal track. Tracknya saya paham, tapi kondisinya tidak mendukung yaitu Low speed, banyak kendaraan lain. Low speed saat pegang moge menimbulkan masalah lagi karena tentu lebih sulit belok pelan dari pada belok dalam kecepatan normal.

Yang ketiga, kalau sampai terjadi kecelakaan, terus terang saya tidak kuat menanggung biayanya! Kemampuan kurang memenuhi syarat, sudah begitu kalau sampai kena resiko tidak siap pulak… Waduh! Bagi saya lebih baik tidak saja. Kalau sampai perbaikan berapa? Besot-besot fairing ganti baru misalnya. Belum lagi kalau sampai satu motor dianggap total loss, alias harus dibeli.

HD begitu harganya berapaan??? Bisa 300 jutaan dengan mudah… Triumph? Saya tidak berani nanya-nanya.

Kalau sampai jatuh dan saya harus ganti, WADUH!!! berarti saya harus jual mobil + jual 2 motor!!! + malah bisa-bisa pakai nambah lagi!!!

Kalau sesama teman tentu policynya You drop it you buy it! Alias kalau sampai menjatuhkan motor teman, ya betul-betul HARUS GANTI lah!

Karena itu kalau masuk ke komunitas hati-hati juga kalau bawa motor aneh/wah, karena bagi pemilik ada resiko juga saat motor dicoba oleh si teman sesama teman komunitas. Kalau sampai jatuh bagaimana? Kira-kira si teman mau+bisa ganti nggak?

Touring bareng Multistrada, saya terpikir mencoba pun tidak … nggak berani! Baik secara skill maupun kantong!

Tapi gimana kalau pabrikan kasih test drive? Si pabrikan harus kasih penjelasan juga di awal, kondisi test ridenya bagaimana? Apakah ada asuransi jika terjadi kecelakaan??? *amiiitttt*. Kalau tidak, harga motornya sendiri berapa? 300 jutaan? 400 jutaan? Apakah motor tersebut masih bisa dibeli? Pastikan si test ridernya paham, kalau perlu tanda tangan suatu dokumen secara tertulis. Belum lagi kondisi test ridernya, ada kecelakaan yang mengcover kah kalau sampai ridernya masuk rumah sakit? Rumah urut? Mak siapa gitu?

Kalau mau dilihat lagi, si pihak brand berhak saja menseleksi calon ridernya. Based on rider’s experience, bank garansi? Ya kalau tidak memenuhi syarat lebih baik ditolak saja, demi keamanan, demi melindungi asset dan melindungi ridernya sendiri toh.


Responses

  1. kalo ngetest ducati panigale terus jatuh….gimana tuh ya? xixixixi #bahasakode

  2. Setuju Om.. Kita mmg hrs sadar diri akan skill dan kemampuan finansial kita. Tp kalo dari yg sy baca, seleksi dari pihak panitia nya jg amat longgar.

  3. untung ada asuransi

  4. Pegang moge…buat saya udah standar….pegang moge yah cukup mogenya distandarin aja..elus elus…poto poto…abis itu yang diliat yang puas…terakhir ngelus dada ama ngaca…kantong ma skill belum dapet…

    • Kalo itu saya juga berani🙂

  5. ga kepikiran test ride gituan mending langsung test ride m1 dalam mimpi

  6. ‘cuma’ disuruh cobain ducati monster aja saya ga berani, pernah ditawari nyoba punya temen.
    padahal bobot motor termasuk enteng n seatheightnya pas, cuma harganya yang bikin jiper . . .

  7. Sekelas ducati pas test ride, unitnya gak diasuransiin si… menggggharu kannn

  8. Jangankan moge, ninja 250 r (teman)
    saja tidak berani untuk mencobanya, skill dan materil belum mampu kalau terjadi apa-apa.

  9. artikel pelengkap setelah muncul artikel test ride ducati panigale yg berujung crash di blog sebelah..😀

    • Ada link?

      ________________________________

      • artikelnya pertamax7.com gan..

      • TQ gan. Ke TKP gans

        ________________________________

  10. baiknya setiap orang yg di tawari tes ride harus siap secara mental dan finansial yg paling utama ya finansial kalau apes apesnya motor jatuh suruh beli walaupun terpaksa ya beli sekalian intinya sesuaikan dengan kantonglah apa yg akan kita tes
    kecuali pihak penyelenggara mejamin tak ada tuntutan seandainya ada apa apa saat tes ride

  11. jgnkan moge,yg cm puluhan juta jg saya gak berani pinjem2 krn klo lecet2 pun sdh bikin nyesek

  12. numpak beat aja masih ndlosoorr,apa lagi cobain motor yg harga nya woowwww,ngeri deh liat nya juga😆

  13. Biasanya malah motor2 murah yg gak ada unit test drivenya loh oom….:-)

  14. kalo 250cc ++ gak deh… mending yang dibawah itu. masih berani bawa nya…
    😦

  15. klo blm pernah bawa moge memang lebh baik mengurungkan niat bwt coba2..

  16. kalo motor2 mahal ane jarang mau pinjem untuk test ride…
    jadi ingat waktu pertama kali ninja RR keluar warna silver (lupa taon berapa, kalo gak 2002/2003) ane di suruh temen ane (yang punya ninja RR) jemput temen pake motornya….
    langsung ane tolak, secara tuh motor masih baru dan harganya mahal buanget pada zamannya (kalo gak salah dia beli 29/30jt)…..

    ane inget pesen emak gua “Jangan pake2 barang orang…. ntar beli kagak bisa,,, tapi ngegantinya bisa”:mrgreen:

  17. wih! jadi pikir-pikir tuk nyobain moge..

  18. masa mau kalah sama si ipanase, panigale tuh yg dites, wkwkwk

  19. pas banget ! taun lalu temen gw ada yang sok2 minjem hd 883 tapi 100th anniv. edition.
    udah kaki patah ketiban motor, gantinya abis 30-40jutaan pula.
    tapi yg punya sih cuma minta sekitar 30% dari total kerugian, kasian liat temen yg kakinya udah patah.

    • kyknya gue tau tuh dut hahaha

  20. iso ngompoll tenan😀

  21. lha di web ada test ride nya..pa kudu beli,,klo cuman pngen test ride doank,..???heheheheh

    • pendeknya: iya, ada niat beli.


Tinggalkan Balasan

Kategori

