Gambar diatas adalah screenshot harga KTM di Hong Kong yang di update 30 Mei 2013, versi distributor Power World Asia. Harga Duke 200 disana adalah HK Dolar 49.800, yang kalau di kurs menjadi: 63 jutaan rupiah. Harga di HK kurang lebih sama persis dengan harga di Indonesia, yang tipe ABSnya pun baru-baru ini dilepas di harga persis 63 juta.
Sementara gambar diatas adalah screenshot harga Duke 200 di Malaysia, dimana Duke 200 di CKD disana. Harga di Malaysia sebelum on the road adalah 57 juta. Ini untuk ver/si non ABS yang di Indonesia di jual on the road 57.5 juta. Konon dari forum Duke Indonesia, menurut pengakuan harga on the road di Malaysia adalah sekitar 61 jutaan rupiah.
Yang paling ajaib adalah harga Duke di Singpore yaitu 10.600 SGD, harga sudah termasuk ARF & GST, tapi … kurang tahu apakah harga tersebut sudah total atau apakah ada biaya tambahan lagi. Ajaib karena di Singapore 10.600 SGD ini kalau di kurs menjadi 81 juta rupiah.
Apakah ada harga Duke yang bisa murah selain dari India?
Kalau mau beli motor, ya pastinya lihat saja harga termurah seluruh dunia, kemudian dibandingkan dengan harga Indonesia. Kalau harganya tinggi, atau dalam kasusnya Duke, selisihnya memang tinggi, berarti kesimpulannya over price!
Tapi kalau sudah pegang barangnya yang dilihat kebalikannya he he he :).
Kenyataannya harga Duke 200 di Indonesia termasuk wajar! Malah terlihat murah! Wajar jika harga Duke dibandingkan dengan harga Duke di lain negara kecuali India. Yang menurut saya aneh justru harga di Singapore dan Malaysia yang sudah CKD pun ternyata setinggi itu.
harga kendaraan apapun di sing memang sudah pasti lebih mahal dari indo, kayaknya ada sesuatu atw seseorang yg telah mengusik bro saranto nih soal ktm duke?
hehehe
ckd aja msh segitu?
wahai warga malaysia dan singapur.. kalian bersabarlah…
Wajar2 saja.
ada yang gak pas nech mas..!! 😀 😀
kalo diitung2 berdasarkan kurs mata uang..emang keliatan wajar en gak oper pres..!!!
tapi nilai pembanding sebenarnya bukan kurs mata uang tapi pendapatan warga negaranya (entah istilahnya apa..)
misal..
tarohlah harga KTM duke sama di semua negara..misal 63 jutaan..
tapi liat dong perbandingan pendapatan warga negaranya JUAAAUUHHHH BUANNGGEEETTT…!!!
perumpamaan; gaji PRT di hongkong “katanya” bisa sampe 5-6 jutaan, itu tandanya..PRT disana cukup nahan diri en nabung setaonan buat beli KTM..
sedangkan gaji PRT disini umumnya sekitan sejutaann.. berarti kudu tahan nepsong 5 taon ngumpulin duit buat beli KTM.. 😀 😀 😀
ato musti lulusan “sarjono yang punya posisi jabatan “lumayan”.en nabung setaonan juga baru bisa beli KTM 😀 😀 😀
kesimpulan… 63 jeti buat orang indonesia itu gueeeddee buanget… sedangkan di hongkong.. 63 jeti itu dana buat sekedar belanja “cemilan”…
ciaoo..!!!
🙂
Lha berarti semua harga barang impor = over price..
Moge, mobil, smartphone, karena daya belinya Indo yang belum sekuat negara maju.
vespa ijo lagi stress dia bang
perbandingannya bagus.
klo disana yg kaya rata. klo disini campur. kyk blogger sendiri,ada yg susah ada yg beruang banget. wkwkwk
63jt murah lah tuk motor sekelas duke mini ini.. indonesia negara kaya. pendapatan perkapita gede klo pd bayar pajak dan merata
yang menentukan mahal atau gaknya motor itu harga produksi motor dan pajaknya + ongkos kirimnya….
pajak jelas ditentukan dari kebijakan negara masing-masing dan macam2 pula parameter untuk dasar perhitungannya
nah kalau ongkos kirim tentu udh pada tau, kirim 1 container dan 1 unit murah mana?
masih juga ada yang bandingin harga p200ns sama duke? kawasaki quota importnya udh jelas buanyak…lah kalau KTM Indonesia? ga mungkin sebanyak p200ns lah…dari situ ketahuan nilai pajak dan biaya kirimnya mahalan mana…
masih ngeyel juga? cari tahu perjanjian dagang KTM & Bajaj, kalau yang jual bajaj pake Qc siapa dan kalau yang jual KTM yang QC siapa? Biaya QC itu ga murah karena ada unsur biaya parts rejectnya…
@vespa ijo rider
ngapain ente bandingin harga motor sama penghasilan penduduk? stress ye….sekalian aja bandingin penghasilan negara2 eropa sama Indonesia
yang bilang operprett ya udah ga usah beli, yg nganggep wajar & udah beli ya silahkan dinikmati sendiri, drpd berbusa-busa ngejelasin, apa untungnya coba, gitu aja kok repot
kalau dibanding harga motor lain di negara-negara tersebut gimana mas?yang motor pembandingnya juga ada di Indonesia..sekadar referensi saja..
walau begitu, aku setuju harga duke seperti sekarang, karena itulah harga sebuah produk berkualitas..toh, motor eropa lain di Indonesia juga mahal, vespa contohnya..karena tentunya “taste” riding motor eropa berbeda dengan saat riding motor jepang.. 🙂
Saya lihat harga CBR 250 R di malaysia, RRP: RM 18,588 sdng harga Ktm duke 200 RRP: RM18,xxx. Kl kita anggap saja sama, berarti kl di indonesia harga KTM duke 200 setidaknya sama dengan harga CBR 250R. Kl kita hitung secara logika aja, saat ini CBR 250R CBS 52 juta.
Yang jadi pertanyaan kenapa di India harganya tidak wajar? sebegitu kuatkah dominasi produk dalam negeri sehingga produk luar pun harus banting harga untuk jualan di India.
bisa jadi duke india pake komponen yang kelasnya dibawah komponen duke negara lain. misal shock, rem, etc. otomatis sensasi ridingnya juga beda.
Tetep aja mau dibandingin gimana mah konsumen sini tetep punya alasan bilang operpret….kan income per kapita masy. Indonesia gak sebesar negara2 itu….seolah2 semua orang bakal mau atau sanggup beli motor…..dan seleranya sama…..
Kalo untuk harga yg di Singapur kayanya wajar ya kalo mahal. Mungkin sengaja ama pemerintah dimahalin, biar ngga banyak orang yg beli. Negara kecil dengan luas wilayah se-uprit kaya Singapur, jangan sampe jumlah kendaraan jadi membludak. Bingung nampungnya ntar. Tinggal harga yg di Malaysia yg saya masih belum ngerti…..
apa ga cape om nulis soal duke200 bagi mayoritas konsumen “overpreett” ?
Simpel aja dah, klo enga merasa operpret dan harganya wajar kenapa beli seken ?
Ada bau udang dibalik bakwan di blog ini 😆
duke 200 produksi di india ya um makanya murah??
Rempong dah nih yg bilang operpret….bandingin sama harga Austria dulu deh bro….wong di Austria aja lebih mahal dari Indo, Austria negara yg empunya Merk loh yah (cek aja harga di web resmi KTM Austria)….India bisa murah kan karena perjanjian dagang antara KTM dan Bajaj, seperti apa perjanjiannya sih gw ga tau.
Masih operpret?? Motor Italia 125cc yg udah dr kapan tau di jual, dan harga lebih mahal dari Duke ini ga ada yg komen bro, gw juga ada temen di tiap2 Pabrik ATPM Jepang…komen mereka apa ttg Duke?? VERY WORTH IT BRO…komen mereka ttg motor Jepang yang ada di Indo?? “BLUEPRINT” doang bro…yang ngerjain orang2 kita (indo) juga…ga ngerti?? silahkan di ratapi sendiri…
Berpikir secara logika aja bro, seandainya elu punya pabrik/perusahaan yang hampir colapse (sebut aja perusahaan A di negara A), trus lu jual saham sama orang lain (sebut saja perusahaan B di negara B), tentu dong lu jual ke si B dengan harga lebih murah karena si B ikut memproduksi juga barang2 elu dengan biaya si B sendiri, nah si A kan tinggal terima barang jadi dengan bbrpa racikan dari si B. Trus lu lempar deh ke negara lain (sebut saja si C), sudah pasti dong harga harus ikut ketentuan dari si A, kan si B dapet kompensasi dari si A, tul ga?? brarti untuk si C sapa yg nentuin harganya?? si A (perusahaan elu dan yg punya merk) atau si B (yg beli saham elu)??? kasarnya : sapa yg nentuin harga untuk Duke di Indo (si C)?? KTM (si A) atau Bajaj India (si B)?? kalian yg tentuin deh…
yg bro maksud motor itali 125cc aprilia bukan ?

klo iya.. tuw motor diadu ama duke, klo duke bisa asapin si aprillia baru aye bilang aprilia operpret..
ama cbr250 yg lebih murah aja uda dikepret
dan satu hal lagi aprilia dijual lwt IU wajar klo mehong, klo KTM ud ad APM knp produk enduronya mase lebih mahal dari IU itu gmn logikanya ? 😆
Dan menjawab siapa yg tentuin harga, aye coba jawab dah yg tentuin itu APM indo yang pake cara dagang IU if you know what i mean
That’s Right brad…i know what u mean, soal enduro setau ane (maaf yah bila salah info??) bila kita emang minat sama enduronya terus minat angkut dari IU, coba deh ente tanya kalo jadi “OTR” jadi berapa?? kali aja ada yg mau di jadiin OTR ya ga?? setau ane dulu ane pernah beli KTM jadul (sekitar tahun 2004-an) yg enduro 250cc, begitu mau dibikin OTR suruh nambah sekitar 30juta-an pada tahun itu. Dan se-inget ane APM KTM sekarang kalo naro harga selalu ada embel2 “On The Road” bukan?? CMIIW…
Perkara aprillia (lagi2 kalo ga salah loh yah??) seinget ane jama ane masih SMA sekitar tahun 2000 atau 2004-an aprillia itu ada kok dealernya di daerah fatmawati jakarta, karena kebetulan SMA pertama ane tepat di sebrangnya dealer itu. Kalo ternyata Aprillia memang bisa di meng-asapi Duke berarti jelas dong?? Kualitas yg berbicara, sama kyk halnya Duke ini, ane sih ga nyari speed bradddd…lah wong motor ini emang bukan utk top speed bradd, ane nyari kualitas meskipun ada campur tangannya Indihe, namun setidaknya….yaahhhh….setidaknya if u know what i mean :D, kalo di jabarin banyak bradd…xixixixi…
Perkara Harga, gini braddd…meskipun ane nyemplung di dunia otomotif belum lama, dan kebetulan juga ane juga punya tmen2 yg bekerja di tiap pabrikan Jepun, lucu deh ketika mereka semua bertemu bareng, pasti debat soal kualitas produk2 mereka…huehuehueh, namun kenyataannya mereka beberin “semua isi dapur” mereka, yg ane dapat yah begitu deh….”mindset” kita sudah terlalu “Jepun” braddd…nah KTM Indo Memang harus juga menentukan harga disini itu juga benar, namun Harga awal sudah pasti dari KTM Austria dong, Indihe bisa murah??? sudah pasti dapat kebijakan2 dari perjanjian KTM Austria dan Bajaj Indihe. Nah dpt info dr sumber terpercaya seperti ini bradd :
1. Untuk India dari Austria ke India (pake cost dong), udah deh disitu doang
2. Untuk Indonesia (dan pasar Asia) dari Austria ke India, barang jadi…QC india, kirim lagi ke Austria (cost lg) lalu QC Austria, utk pasar Asia kirim lagi ke India (cost lg), dari India kirim ke Indonesia (cost lg), So?? untuk Malaysia dan Singapore ane ga tahu dah urutannya gimana dan kenapa harganya juga mahal….
3. Of Course yang ini pasti dah pada tau : soal pajak di Negara Tercinta Kita ini yaitu Indonesia, “soal pajak”?? Indonesia deh jagonya, lah wong info utk KTM Duke 390 Pajaknya bisa 60% braddd, kebanyakan “Pungli”.
Sekian Terima Kasih, ga ada maksud utk menyinggung siapa2 yah…semoga brad bisa mengerti.
oh dalilnya off the road and on the road, jadi klo aye mo beli off the road boleh donk wong buat maen di utan aja, bsok ke showroom ah tanya bisa enga beli off the road nga..
jadi harganya nga beda jauh sama kx250f yg dijual APM kawasaki 😉
semoga bisa
BIcara kualitas aye rasa jg enga masuk worthed ya dengan harga segitu dapat motor tampang gahar berotot cuma lemah jantung if u know what i mean 😆
beda banget sama karakter KTM yg joss juara paris dakar dan kompetisi enduro yg perlu stamina tinggi..
Masalah cost menurut logika bro lebih masuk mana org QC yg ditempatin di india atau produknya yg dikirimin ke austria ?
masalah pajak sudah disebutkan diawal APM disini cara dagangnya pake cara IU jadi pajaknya jg pakai “rumus hitungan” IU if u know what i mean again 😆
Kenapa dijual si duke om?
Balik ke piaggio lagi kah?
Capek, ditanyain 🙂
dijual @.@ saya malah lagi kasmaran sama duke.. tapi galau.. karena butuh ga butuh..
eh gajadi deng.. kyknya sayah tau kenapa :p
Gak habis pikir ya d mlysia jg harganya lbh mahal,pdhl KTM pnya tempat perakitan
operpres bagi sy pribadi karena gak punya uang lebih
operpres bagi sy pribadi karena gak butuh motor dengan “gimmick” eklsklusive
operpress bagi sy pribadi karena dengan matic,bebek,atau batangan(pasaran) cukup untuk menunjang aktifitas dan pergaulan terlebih mengais rejeki.
kemampuan & kebanggan tiap individu berbeda..
#keep brotherhood masbro
singapore paling banter ngimpor dari malay.. mereka gapunya assembly plan sama sekali untuk motor bahkan untuk honda dan yamaha sekalipun. di sana memang import tax kendaraan bermotor tinggi, untuk mobil bisa 2x harga di indo sampe jadi on the road. contoh yang saya pernah liat bandrol jazz di sgp sama dengan bandrol cr-v di indo
kesian sama orang miskin yang ngiri 😀
@lpg3kg
jiah…gua ga ngerti tuh cara jual IU yang ente maksud kayak gimana….sekarang ente bandingin harga IU sama ATPM dari mana? IU Off the road (belum termasuk bea balik nama dan pajak kendaraan pribadi) sedangkan ATPM sudah on the road (yang artinya siap pakai dan pajak kendaraan pribadi pertama)….dari situ udah ketahuan beda…jangan bandingin yang harga beda lah…
terus soal harga di India sama di indonesia beda, nih ane jelasin lagi:
1. Ongkos kirim dari India-> austria->Indonesia
2. Biaya QC product di Austria: makanya harga unit produksi di Austria mahal
3. Pajak Cukai di Indonesia: Cari tau gih sono besarannya (resmi berapa, siluman berapa)
4. Pajak Kendaraan di Indonesia: idem no. 3.
hitung dah tuh kenapa bisa lebih mahal harga Indonesia dan India. Masih bandingin dengan BAJAJ? dia bisa jual murah karena profit dikecilin dan harga unit produksi dimepetin hingga akhirnya rugi terus dan bangkrut di Indonesia
Oiya, ente mau pake motor off the road a.k.a bodong buat ke hutan? silahkan sono…yang jelas motor bodong di Indonesia peraturannya hanya boleh buat kompetisi / balap, selain itu ga boleh (jangan ngomongin diluar peraturan, ga ada habisnya)
Santai aja Bang.. ga usah di tanggepi artikelnya IWB yg bilang Duke overprice… klo udah suka mah berapapun ditebus…
terus dasar darimana tuh duke motor gahar jantung lemah? buktinya sini…kalau penyakit overheat ya wajarlah….dimana2 motor eropa memang begitu, tinggal disetting ulang aje…..
ente mau punya motor yang durable, tahan banting? pilih merk jepang jangan eropa, udeh selesai perkara…
sori ye ane juga ga punya ni motor dan cuma ngimpi doank pengen punya, tapi ane ga sembarangan komen, kalau ane ga tau ane milih diem…
kalau ente merasa duke di India murah, yawdah beli aja sono di India jangan di Indonesia, gitu aja koq repot…(paling lu repot buat bawa ke Indonesianya)
wkwk konyol ente bro belain duke sampe segitunya padahal gak punya
JIah yg matil teri
oops salah ari 😆
aduh aye nga tau apa-apa neh aye diam aja ah 😳
ada yg lebih tau ampe posting 2x 😉
Hayah.. masalah gituan aja pada diributin, klo suka ya beli, gak sreg dan menganggap overprice ya gak usah beli..
turun harga dijualnya termasuk normal ga mas?
15-20%?
Keluaran 2012 di buka 12 juta bro.
Harga barunya di 220 di 19.250 ribu.
Assalamu’alaikum
Mas Arantan, Mantep juga nih KTM Duke 200 ane lihat di youtube Top speednya > 160km/h. Monggo di simak videonya…
Wassalam
Bahas masalah harga duke mulu nie blog arantan,mank ada masalah?
malah aneh kalau KTM itu murah,sharusnya sih mahal2,kan brand Eropa.Tapi karena Duke 200 buatan India yang kualitasnya Austria,jadinya harganya segitu (bersyukur aja Duke 200 buatan India,ntar CBU dari Austria langsung,bisa harg brapa yah??)
indonesia gitu lho… pajak gede nya amit2 tp yg dibalikin utk kepentingan umum kecil sekali.
jualan duke 1 tahun = jualan ninja 250 seminggu. pendapatan perkapita singapura diatas 200 jt/ th dan malaysia hampir 100 juta/th dan indonesia cm 30 juta/tahun dibilang duke murah????
ibarat orng singapura nabung cukup 5 bl bisa beli duke lha indonesia…
india bisa murah knp ga ambil dari india?
ninja 250 indonesia harganya beda 1-2 jt dari thailand dan itu wajar seandainya beda 5 juta pun wajar lha duke ini bedanya ga tanggung2 ampe 40 juta lebih