Oleh: arantan | Juni 15, 2013

Duke kan cuman 200 cc? Kenapa harganya mahal?

200 cc? Sama kayak Tiger dong?! <- Ini kata orang yang saya jumpai di parkiran.

Atau kalau orangnya masih baik, dia akan ngomong, kalau cc nya dinaikkan 50 aja, jadi bagus.

arantan-duke

arantan-njkb

 

Ini saya update, NJKBnya Duke pun di 46.250.000 untuk propinsi DKI Jakarta.

arantan-radialbrake

Coba lihat shock upside down WP yang di produksi endurance. Coba lihat juga dudukan caliper radial brake dengan pegangan berlawanan arah shock. So kalau ada ide mau pakai shock Duke 200, harus angkut semua, segitiga + shocknya sendiri + calipernya, harga? Konon 18 jutaan. Duke dari 125 – 200 – 390 shock depannya sama. Alias shock sama pada moge kecil di masukkan juga ke Duke 200 ini.

Kan di India sekian? Kan Pulsar 200 ns sekian? 1 silinder? kan non fairing?

Saya sering sekali dapat pertanyaan demikian, kenapa harga Duke mahal??? Setelah itu mengarah lagi ke kesimpulan dan asumsi berikutnya: PASTI ngambil untungnya GUEDE! Bukan karena biaya produksi dan biaya import, tapi memang sengaja saja dibikin mahal/margin gede. Tujuannya supaya dibikin eksklusib! Ujungnya over price!

Jadi asumsi yang berlaku cc kecil adalah murah, kalau cc besar boleh mahal. Justifikasi harganya seperti itu.

Tapi di motor kita bisa lihat ada 1 mesin sampai ke knalpot yang plek sama dan digunakan beberapa varian motor Piaggio. Quasar atau quarter litre untuk 250 cc nya group Piaggio. Piaggio MP3, GTS, GTV ya pakai mesin sama, otomatis ccnya sama, sampai knalpotnya pun plek-plekan sama. Jadi harganya mestinya sama dong? Ya pastinya tidak lah. Ini bicara yang kasusnya mesin plek-plekan sama lho, tapi embel-embelnya yang beda. Ini betul-betul dari satu group, plek-plekean mesin sama lho.

Kalau di mobil bisa lebih gile lagi. Ada lagi yang platformnya sama, lihat di groupnya VW, 1 platform A5 (PQ35) digunakan dari golf, beetle, Audi TT, Audi A3, touran, sampai total ada 19 mobil dengan platform yang sama! Harganya? Ya ini bicara Audi sampai Skoda, sampai VW, bedanya tentu jauh.

Lha memang platformnya -tok- atau enginenya -tok- yang sama, tapi lainnya … ya beda tokh!

Atau kalau moge ya bisa lihat harga Kawasaki er6n dan Ninja ZX-6R. CC nya kan 636?! Tapi kenapa harganya 220 jutak!!! OVER Price! Kawasaki er-6n ccnya lebih gede aja 102 jutak!!! Kenapa bisa beda 100 juta lebih cc gedean!!!


Responses

  1. hehehe…sabar aja masbro, biasa orang kayak gitu itu kepingin tapi ga mampu beli….tiap negara pasti berbeda2 perhitungan harganya karena selain harga produksi ada parameter lain seperti pajak cukai, dll yang ditambahkan.

  2. Nie blog kayaknya bela bgt sama KTM duke udah berapa artikel ngebahas masalah tentang isu overprice ada apakah?

    • Mpu blog punya motor duke 200 bro,

      • Iyaps, kenapa saya post? Ya karena ini yg saya alami, blog kan berdasar pada pengalaman pribadi toh?

  3. kalo dibanding dengan d-tracker 250 misalnya. duke 200 masih lebih mending lah. sama2 supermoto… kalopun dirakit disini gak bakal dijual dengan harga dibawah 45 jt…
    kalo bisa pabrikan jepun bikinlah yg ginian. 150 cc juga ga papa..

  4. Sipp

  5. ZX6R vs ER-6 ?? saya rasa orang awam, dengan ngeliat sekilas aja udah tau mahalan yg mana..

    • Tapi cc gedean er6!!!

      • Tapi kalo mesin dinyalain kerasa banget beda 100 juta itu. XP

      • He he he🙂

      • er6n kalau ga salah 2 silinder dan utk turing….kalau zx6r kalau g salah model nya lebih racy ya…partnya pun jelas lebih mahal dan berkualitas….coba liat spesifikasinya aja…….sprti zx14r vs zx10r lebih mahal (pasti tau alasannya)

        moge lain yg 1000 cc vs Ninja H2 dan H2R kenapa lebih mahal ya krn pasti tau sendiri kan ya
        maaf kalau salah..😀

  6. trus jawabane apa mas saranto?
    Pajak atau apakah?
    kan harga di produsennya india ga terlalu beda.
    Beneran nih penasaran mas.
    Kalau zx600 sm er6 kan emg beda lumayan ya mas disananya.
    Trims.

  7. Gak cape mas Sar berusaha menjelaskan soal price value rasio ke orang yang gak ngerti motor? Kalau saya mah udah dibiarin aja wong orangnya juga komen gitu karena gak bakal beli motor itu….di pasaran banyak pilihan silahkan pilih motor yg cocok ya powernya ya desainnya kalau gak ada ya modif saja sendiri siapa tau bisa dan bikin puas….:-)

  8. apa lagi beli tiket pesawat, rute sama, tanggal sama, flight sama, bahkan dudukpun berdampingan, kok bisa beda harga? padahal cuma beda waktu belinya. Duhh angel njelasinya

    • hehehehehe …. bener iki, Dab ……

      kalau masalah ini, aku juga bingung ….

      • karena hrg tiket peswt itu saling mensubsidi mas dab, jd dibuat tingkatan hrg dr batas bawah smp batas atas. bisa saja dibuat flat tp pasti jatuhnya mahal. mau dpt hrg murah ya duluan bookinge. airline yg bs efisien ya bisa ksh hrg murah lbh bnyk. contone singa terbang, tanpa snack dan kursi lbh rapet jd bs muat lbh bnyk. plus peswt baru lbh effisien bahan bakar, tambh pilhan jam terbng lbh bnyk walau akhrny delay dan dikumpulkan disatu flight. halah malah OOT. sori pak saranto

      • Oooooo …. nek ngono aku yo ngerti, Sam ….

        Kalau penjelasan mengenai bookingnya lebih duluan, iku aku ngerti. Mergo Airlines dapat pendapatan lebih dulu sehingga ada dana duluan untuk operasional.
        Juga, biasanya yg murah itu tidak bisa diganti, dipindah jadwalnya, etc. etc ……

        Nek mau bisa diganti, dipindah jadwal, yo luwih larang ……

        Tapi, kadang-kadang, kalau beruntung, pas Go-Show juga bisa dapat yang murah (katanya – karena saya nggak suka Go-Show …. grusa-grusu ora tenang)

        Suwun Sam Dab ……

  9. ane gak mampu ngebeli tuh KTM om,,, jadi kalo ketemu yah paling nggor ndoeh ajahh… Mau ngomong operpress takut dibilang sirik “bilang ajah kalau gak mampu beliiii”

  10. Yang jelas bukan produk roda berjalan,kualitas partsnya jg beda jauh dari produk motor massal lainnya,jadi jarang sekali ditemukan komplain,kan ada artikelnya tersendiri dari bro saranto,saya lupa kapan tepatnya,yg intinya duke itu ya special kind of motorcyle,paket pembelian motornya yg diperolah aja berbeda dari motor motor lain,desain dan pemilihan warna motornya aja nggak umum,cenderung nyentrik.btw nyari secondnya aja susah,tandanya yg punya cenderung nggak gampang nglepas motor ini

  11. masalahnya ni motor kan gx di peruntukan untuk harian,,,
    melainkan untuk menyalurkan hobi

    • alasannya kenapa, Bro ?
      toh tipe supermoto juga nyaman kok dibuat harian di jalanan Jakarta.

  12. klo ini murni KTM saya ga keberatan harga segitu.. tapi karena ada urun tangan BAJAI yg notabene angkutan rakjat.. jadi ragu nich gan… gmn sich QC KTM-Bajai ini gan?? sama halnya Kawasaki-Bajai, saya juga ragu abeesss….

    • Bro, coba googling “Kawasaki Bajaj Collaboration”, ternyata mereka sudah kerjasama sejak lama, sudah sejak tahun 1980-an …..

      Memang, kadang image suatu merk mempengaruhi mind-set pasar kebanyakan.

  13. wakakakakakak.. sering juga dapet pertanyaan kyk begini.. malesnya udah debat panjang2 dia nanya cuma untuk kepuasan doang, ngga beli!!! entah karena sakit hati ga kebeli ato gimana..

    • Yaps.

      Sekarang saya di posisi sulit juga, mau posting dibilang kenapa posting ngebelain KTM?
      Tapi nggak posting tentang Duke juga nanti dibilang, ditanya kenapa nggak dijawab?🙂

      • do what we think is right aja sih..🙂 hehehe, toh selama masih dalam koridor sopan ya ga masalah, pusing kalo mikirin harus memuaskan keinginan semua kalangan, yg ada ga nulis2.

      • daripada capek-capek ngejelasin, bilang aja motor aing kumaha aing wkwkwk…

      • Mungkin di bawah sadar ingin dapat ‘pembenaran’ kenapa saya TELAH mau bayar mahal…🙂
        Mau kakinya bagus kek, mau parts-nya berkualitas kek, ane patokannya gampang aja, jika barangnya sama persis plek dengan India, kenapa di India bisa 26 juta, tapi di sini dua kali lipatnya ? Sementara Pulsar di sana dan di sini gak beda jauh.
        Tidak bisa dinafikan, hukum bisnis juga berlaku bro, ATPM duke ingin berkembang pesat, mereka butuh modal besar utk ngembangin jaringan. Sementara KTM Duke udah ‘terlanjur’ dikenal sbg motor Eropa, jadi sepertinya mereka berharap ada pembeli yang berani bayar mahal utk ikut ngongkosin pendirian cabang🙂 Early adopters always pay more🙂
        Ane nunggu ‘importir umum’ masukin Duke dengan harga yang lebih masuk akal dah…
        Note:
        Untuk pembeli tunai, mestinya menerima BPKB sekaligus faktur pajak. Coba cek berapa harga dasar di faktur pajak tersebut. Terus lihat juga barangnya disebut buatan mana, austria atau india. Perkiraanku harga dasarnya sekitar 20an juta, made in India.

      • Jangan asumsi bro.

        Saya belum lihat, faktur ada di rumah. Nanti saya coba lihat dan scan.
        NJKB Duke kalau menurut oom Taufik di 44 juta saja.

        Di sini, http://tmcblog.com/2012/06/25/njkb-ktm-duke-200-44-juta-rupiah-bro/

        Untuk tahun ini NJKB Duke sedikit naik, sekarang di 46 juta.

  14. what? duke dibandingin ama tiger?
    bilang aja “GILE LU NDRO”

  15. Vespa 946 lebih parah cuma 125cc tapi seratus juta lebih, nyaris 200
    Setelah liat aslinya, bagus di foto doank, masih lebih keren seri gt

  16. Vespa 946 cuma 125cc khan? Tapi harga ratusan juta🙂

  17. saya pernah lihat langsung duke 200 di deket rumah, kelihatan part2 yg nempel memang bukan part murahan. panteslah dihargai sampai 60 juta. tapi memang saya akui konsumen indonesia masih berpatokan sama kapasitas silinder untuk menilai harga motor yg mereka anggap pantas.

    • Ohlins kan….? Apakah value? Cukup dengan showa. Mao lompat setinggi apa? Apakah seperti para pro..? Yg bisa lompat 10meter pk duke?
      Bybre… Pulsar 220 juga pk kok…
      Cbu utuh? Pulsar juga cbu utuh….
      Piss

      • Kalau soal butuh atau nggaknya mungkin mending skutik pun cukup ya bro? Moge pun kalau d Jakarta ya kapan juga bisa dipakai sampai top speed.

      • iya pulsar dijual murah padahal cbu, dan sekrg atpm nya bangkrut

  18. Apakah pendapat yang mengatakan bahwa part motor yang mahal itu adalah kaki-kakinya benar adanya? Makanya motor ktm ini mahal, yzf r125 mahal, aprilia rs4 125 mahal, cmiiw

    • Vespa 946 cuma 125cc harganya ratusan juta

  19. Vespa 946 cuma 125cc tapi harga ratusan juta🙂

  20. Marketing strateginya, mau dimasukin kelas eklusip ini mah, sama spt apel kroak,
    Wong kismin mah naek honda win ajah

  21. Membawa nama eropa, itu aja cukup, bokap pernah punya vespa px150 tahun 80an….
    Sekarang berapa harganya….??? 60jt bro…. Padahal mesinnya mirip plek.. Padahal dulu harganya ga lebih dr 8jt.
    Duke juga begitu, harganya lebih mahal dr z250, padahal apakah lebih kencang, jelas tidak,
    piaggio juga gitu lx 125 lawan wtf 125 ato xeon125… Apakah lebih kencang?, lebih value!? Jelas tidak.
    Rata2 motor eropa adalah mahal dan artistik, bybre, ohlins dll adalah gaya mereka….
    Kalo ane jelas…. Ane akan lebih milih dtracker 250 yg lebih value drpada duke… 3s yg menjadi patokan ane, ane tinggal d kampung cileungsi… Kalo ane pk duke apakah ane harus ke scbd, fatmawati, sekedar untuk servis?
    Sedangkan kalo pk dtracker250, dicibubur ada 3s, d bogor ada bbrapa.
    Jelaslah menurut ane, pemilih motor2 bernama “Eropa” kecuali minerva, lebih mengutamakan ekslusifitas, meskipun secara kekuatan mesin belum tentu lebih kuat dr commonly motorcycle… (japan) piss ya bang arantan…😀

    • Ada benernya kok bro🙂 kalau bicara u transportasi fungsional ya sulit u bisa mengalahkan Jepang.

    • Nb: motor eropa itu juga = lifestyle.

      Para pembesar d kantor ane juga banyak yg pke duke, piaggio, bahkan mv agusta juga ada yg pk d parkiran tempat ane kerja. Tp jelasss… Parkirnya dilobi… Eksklusip pisan lah….

      • Hehehe… Maaf ya bro Arantan… Terus terang aja ane termasuk yg geregetan sama harga ktm duke ini…
        Soalnya udah ngimpi ampe ngiler2… Eeeh… Harganya jauh bgt dr Ninja250…. Balik lg ke bumi dah….😀

    • saya pada tahun 2012 lebih memilih beli ninja 250 injeksi daripada ktm duke, alasannya apa? kalo service jauh bener, musti ke bsd.. eh skrg udah ada di scbd bengkelnya…kalo masalah price positioning? saya rasa wajar duke dibandrol lebih mahal… nah skrg kondisinya pengguna ninja 250 amprak2an dari alay sampe orang yang sophisticated…. pengguna duke, kayanya jarang yang alay deh…
      point dr saya adalah. pengguna duke lebih eksklusif karena unit yang tidak terlalu banyak.

  22. Hehehe… Maaf ya bro Arantan… Terus terang aja ane termasuk yg geregetan sama harga ktm duke ini…
    Soalnya udah ngimpi ampe ngiler2… Eeeh… Harganya jauh bgt dr Ninja250…. Balik lg ke bumi dah….😀

  23. duke sama Tiger beda “kasta”……
    ga percaya… coba masuk mall yang rame pengunjungnya……
    Tiger,,masuk parkiran… udah penuh,,masih dipaksa juga.. seret sana-sini… orang lain dateng,seret lagi sampe mepet abis…
    Duke???
    taro aja dilobby…
    ga bakal ada yang marahin…😀

  24. sebelnya sama duke, kenapa ga pake cara bajaj masukin ke indonya (wlo bajaj inside)… okelah merk eropa, tp di indie sono kan harga tipis sm 200ns

  25. Bener banget Om, beda duke 200 sm 200ns banyak (suspensi USD, DOHC, Fi, Velg, dll)
    tapi menurut saya POINNYA BUKAN DISITU Om, coz, yg bikin saya bingung dan penasaran adalah perbedaan harga di indo sm indihe jauhh amat??!

    Pulsar 200NS di india 85.200 rupee dikonversi ke rupiah (est.1Rs=Rp.200) Rp.17.040.000 nah dijual sama kawasaki dgn perubahan khas merk jepun* (*baca striping) jadi Rp.23.300.000 (harga normal/non PRJ) atau beda +/- 37% dari harga di india.

    si Duke 200 di India 133.000 Rupee dikonversi ke rupiah (est.1Rs=Rp.200) 26.600.000
    TRUS di jual disini JADI Rp.57.500.000,- (WOWWW…!!) bisa naik 116% atau selisih harga hampir 31 juta!
    itu yg menurut sebagian orang awam termasuk saya memberi label DUKE 200 di sini sangat amat terlalu OverPriced Om..

    Coz, di India antara duke sm 200NS aja cuma beda 47.800 Rupee atau Rp.9.560.000, Nahh disini jadi beda Rp.34.200.000,-
    yaa kasarnya dengan 1 DUkE 200 bisa kebeli hampir 3 Pulsar 200NS ala Kawasaki-Bajaj..!!

    atau mungkin ada penjelasan logis kenapa harganya bisa naik 2x lipat lebih (116%)?
    apa iya DUKE disini jauh lebih spesial (selain harganya..) dr yg ada di india tempat kelahirnya??

    yaa tapi balik lagi kalo ud namanya hobby mau gmn ya Om..
    Yamaha YZF-R125 aja harganya hampir 100jt ada yang beli, padahal kalo cuman ngeliat kapasitas mesin dan tenaga sama Satria FU juga bukan tandingan (alay mode..hehe)

  26. tetep lebih worth P200ns, tenaga hampir sama, harga beda jauh

    http://megalodon150.wordpress.com/2013/06/17/dulu-bentuk-motor-itu-serba-ramping-makin-kesini-makin-gambot-aja/

  27. Yang sanggup beli ga bakal ngomong gitu …

    • gw beli apa dong tar?

  28. ktm duke200 jelas mahal mas bro…mesin injeksi, dohc, dan part lainnya kualitas world champion…..coba kalian hitung2 masing2 part brp hrg nya dan dijumlahkan😀

  29. Di India di 30jutaan bro, klo dsana saingan z250 tuh duke 390, itupun msih murah duke 390 yg ga sampe 50juta? Disini? Hampir 100 juta.. jauh bro harganya.. tapi emg keren sih modelnya, no offense..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: