Oleh: arantan | Juni 13, 2013

OS X 10.9 Maverick, bagus

arantan-maverick-OSX

Kebalikan dari iOS7 yang memusatkan pada tampilan, OS X 10.9 aka Maverick memusatkan pada arsitektur. OS X 10.9 yang diperkenalkan pada WWDC 2013 melakukan update untuk efisiensi, seperti pengaturan penggunaan prosesor untuk penghematan baterai dan mengejar kecepatan, keren!

Anyway…

Posting pakai screenshot lebih enak…

arantan-maverick-CPU-load

Beban processor pada suatu komputer umumnya berupa spike tinggi dan tiba-tiba menurun. Naik turun secara cepat. Model begini memakan load processor yang tinggi dan juga boros baterai. Karena itu Maverick menerapkan seperti pooling kerja processor dengan tujuan untuk mengirit penggunaan baterai dan kerja processor, efisien!

Selain ini ada juga namanya compressed memory. Sehingga bagian-bagian memory yang tidak terpakai siap untuk ditulis, sementara bagian memory yang sudah terpakai  tidak perlu dihapus dan ditulis, otomatis kerja menjadi lebih cepat.

Ada juga appnap, yang bersifat menghentikan kerja processor untuk aplikasi tersebut jika aplikasi tersebut berada dalam background dan tidak dibutuhkan.

So harusnya dengan penambahan-penambahan ini kerja processor menjadi semakin efisien, hemat baterai dan lebih cepat!

arantan-maverick-calendar

Kalendarnya juga sekarang lebih cepat. Dalam demo di tampilkan saat kita mau create block schedule, maka ketika create tempat, schedule tersebut langsung bisa mengira-ngira tempat meeting dan juga waktu perkiraan perjalanan ke tempat tersebut. Sehingga kalau bikin schedule mepet, si calendar bisa mengingatkan.

arantan-maverick-dual-screen

Sejak OS X sebelumnya sudah diterapkan full frame display pada beberapa aplikasi seperti browser safari, player sudah memanfaatkan fungsi ini. Tapi buruknya kalau saya mau full screen di satu monitor, display lainnya ikut jadi abu-abu, saya tidak bisa menggambar sambil memutar filem full screen pada layar lainnya.

Sekarang sudah bisa ….

Beberapa fitur lain juga mendukung dual display ini.

arantan-maverick-maps1 arantan-maverick-maps2

Ini juga tambahan pada maps yang saya rasa bodoh… mangsudnya kenapa nggak dari dulu-dulu siiih???

Saat ini kalau kita mau cari jalan saya cari dulu di MacBook, kemudian ketika sudah tahu tempatnya. Di perjalanan saya akan buka lagi GPS Sygic, start lagi, cari jalan dari awal lagi. Dengan maps yang baru, kita bisa save lokasi sampai turn by turnnya, dan sync ke all Apple devices.

arantan-maverick-reminder-hibernate

Box notification juga lebih interaktif, kita bisa reply email, delete langsung dari notification box tanpa membuka aplikasi. Selain itu saat komputer di hibernate, begitu masuk lagi maka akan muncul summary apa-apa saja yang telah terlewatkan.

Notofication ini juga bisa dimanfaatkan sampai update apps, sampai update games dan lain-lain… tambahan kecil-kecil yang OK juga.

Baik iOS7 maupun OSX Maverick


Responses

  1. Klo masalah irit2an sih lebih besar efek dari penggunaan chip haswellnya intel, mereka hanya mengoptimize software yang menurut saya efeknya tidak sesignifikan hardware.

    • em…
      Kalau hardware tahu dari mana apps yang bisa di irit dan tidak?

    • Prosesor intel terbaru memang irit daya, tapi tetep software juga berperan banyak mengatur daya. OS ga cuma mengatur penggunaan CPU, tapi juga RAM, hard drive, dan periperal. Semuanya butuh daya. Kalo agan pernah compare linux sama windows, linux akan terlihat lebih boros, coz kernel linux umumnya dikembangkan lebih ke arah server.

      Analoginya begini, di terminal ferry, kapalnya adalah cpu, mobil motor yg antri adalah tugas komputer, dan petugas serta terminalnya adalah OS. Tergantung terminal ferry mengatur antrian mobil, bisa dibuka semua gerbangnya, tapi butuh banyak kapal untuk memuat antrian bersamaan, banyak petugas di lapangan dan pelabuhan pasti padat dan sesak. Bisa pula diatur 1 gerbang aja yang dibuka, tapi pasti antrian lemot. Belum lagi bila ada antrian VIP, kalo di OS istilahnya interrupt. Belum lagi kalo antriannya rombongan, sehingga nyampe di seberang harus bareng, istilahnya multithreading.

  2. eniwei, teknologi baterainy msh itu2 aj y..

  3. Krennn…

  4. Namanya kayak Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: