Oleh: arantan | Juni 3, 2013

Cukup Wacom ukuran kecil atau sebesarnya?

arantan-cintiq-1

wearpackBarang yang semakin mahal berarti semakin bagus! Ada barang ada uang, Ono rego ono rupo!

Ungkapan terserbut bisa jadi benar, tapi barang mahal tersebut belum tentu cocok bagi kita. Memang kalau harganya mahal, bisa jadi karena biaya produksi benda terserbut memang tinggi, buatnya susah. Atau barang tersebut sangat jarang, dan sebab-sebab lainnya lah…

Tapi kembali lagi, tidak selalu barang bagus terserbut cocok bagi kita.

Wacom tablet dibuat dari ukuran kecil hingga besar, umumnya semakin besar maka semakin mahal. Tablet saya yang pertama adalah art pad 4×5″, ukuran yang sangat kecil. Table kedua adalah graphire 6×8″. Terakhir yang saya pakai saat ini adalah Cintiq 13 HD. Ketiganya dari wacom, ya bukan monoply, tapi karena setahu saya di pasaran cuman dikenal satu barang supplier yang dikenal baik. Ada memang merk-merk seperti hanvon, tapi nama antara wacom dan hanvon ya jauh, saya tidak berani invest kesana.

Wacom ukuran kecil yaitu 4×5″ untuk pekerjaan photo retouch photoshop bagi saya sudah cukup. Pekerjaan photo retouch yang paling membutuhkan adalah selecting/masking/cloning … membutuhkan waktu lama kalau pakai mouse dan hasilnya pun akan kasar. Ya kalau pakai tablet kecil tinggal zoom-zoom saja kan.

Waktu saya pindah dari 4×5 ke 6×8, saya hanya memakai porsi kecil dari tablet. Saya terbiasa menggambar dengan menggerakan telapak tangan. Sementara 6×8 lebih tepat bagi artist yang memiliki tarikan garis yahud! Tanpa geter, ya artist-artist yang beneran memang diberkahi dengan tarikan garis yang top! Tarikan garisnya kalau mau lurus tinggal srettt! Mau lengkung tinggal sreheeett! Tarikan garis lurusnya bisa seperti pakai penggaris, lengkungnya pun juga bisa rapih tanpa garisnya keriting. Ya itu hasil perpaduan bakat dan latihan sih…

arantan-cintiq-3

Saya sendiri tidak bisa menarik garis dengan rapih, kalau garisnya maksimum 10 cman masih bisa, tapi wacom 6×8 sebetulnya lebih besar dari itu. Jadi ya 6×8 di saya tidak di gunakan secara full, alatnya masih bisa menampung lebih, hanya saja sayanya yang tidak bisa.

Foto-foto tablet di meja saya blurkan, meja saya rusuh!😦 Banyak kabel bertumpuk-tumpuk, bungkus-bungkus cemilan, kapan-kapna mesti beres-beres.

arantan-cintiq-2

Waktu hari Sabtu saya main ke sepupu yang pakai cintiq 24 inch. Kalau tablet sebesar itu pasti memasang tabletnya ditegakkan. Saya pun mencoba beberapa kali cintiq 24 tersebut dan ternyata nggak suka. Gede banget!🙂 Baru coba cintiq yang besar pun, sebentar saja tangan sudah pegel, rasanya tidak relax.

Saat ini cintiq 13 saya tidurkan, awalnya saya miringkan, tapi kok rasanya kurang enak, saya terbiasa menggambar di kertas bukan model artist di canvas sih.

Anyway, yang mahal belum tentu pas untuk kita. Mungkin hampir sama dengan moge dan matic untuk harian. Lebih enakan mana?


Responses

  1. klo gak salah galaxy note pake teknologi wacom juga di stylus nya meskipun gak secanggih di tablet keluaran wacom itu sendiri

  2. kalau mau lurus kan tinggal tarik garis sekalian pencet shift, ehehehhee

  3. yang pasti cintiq itu menyatukan tangan dan mata sehingga lebih mudah dalam membuat gambar digital. bandingkan dengan wacom intuos 3 dimana mata dan tangan berbeda tempat, agak merepotkan terutama yg masih pemula. hanya saja gak enaknya pake cintiq ya layarnya yg panas dan tidak nyaman di tangan dan membuat tangan agak bekeringat. ada teman yg mengakalinya dengan dialasi tangannya dgn tisu atau sarung tangan.

  4. Pengalaman pake Intuos yg A3 malah pegel kebanyakan narik garisnya…sekarang sih pake Cintiq lama yg 12WX aja (itu aja udah mahal :-D) mestinya Wacom kerja sama bikin Laptop convertible kaya Asus yg baru tapi support touch+pen seperti Cintiq touch….baru deh kayanya enak gambarnya bisa dibawa2….

  5. Karena faktor fisik dan ekonomi,,,, Cocoknya pakai motor kecil…. 😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: