Oleh: arantan | Mei 13, 2013

Apakah harus me-watermark photo?

Saya sebetulnya anti me-watermark…

Karena foto saya ya memang saya publish untuk disebarkan kok, the reason untuk memblog kan adalah sharing info. Jadi kalau sampai si foto digunakan oleh situs lain, ya harusnya si blogger berterimakasih karena tujuannya tercapai. Foto saya dipakai berulang kali untuk jembatan di Sumatera Barat, Kuta, berjualan Vespa – Piaggio … sampai batas ini its OK.

Betul kan? Tercapai kan? In general, saya masih memegang prinsip ini…

Tapi ini adalah juga suatu keSALAHan, lihat foto di bawah. Sebuah situs komputer memasang foto yang saya buat untuk kantor sebelumnya. Ditambahkan dengan kata-kata bursa notebook (*second pulak)… manteb, di bawahnya si toko online sampai tanpa malu memberikan “copyright by …” Manteb…

Situs ini sudah saya temukan lama.

copyrightarantan

Foto ini dibuat untuk kepentingan kantor dan publikasi, dimana di situ ada model/talent yang melimit hak penggunaan foto secara spesifik. Kantor lama pun juga punya hak penggunaan foto.

Pernah juga foto saya digunakan untuk ilustrasi tulisan, seperti disini:

http://senny12.blogspot.com/2011/11/mainan-zaman-dulu-dan-sekarang.html sampai sini pun OK.

arantan-foto

Tapi ada juga beberapa situs yang menggunakan foto tersebut dengan gaya mengkuliahi, dengan memakai foto saya, yang berisi foto anak saya, untuk menggambarkan saya sebagai orang tua yang buruk.

ipad2

ipad3


Responses

  1. klo saya si… males aja foto sendiri diaku sama orang.. :p hehehe.. yang lebih males lagi temen dulu pas CBR150R yang lama lagi hit2nya sebagai motor mahal di indo, gbr foto dia lagi riding CBR diaku sama org.. mampos.. hahaha, sejak saat itu dia pake watermark

  2. disisi lain pengin berbagi foto disisi lain merasa dikecewain klo foto tsb di akuin org lain.
    so serba dilematis, bak roket bermata dua.

  3. Kren,fotonya udah banyak di pakai..

  4. Watermark emang perlu juga sih biar gak diakuin orang lain,tp jgn terlalu lebay juga tulisanya..yg enak dipandang gitu,jd inget blogger sebelah ,foto penuh watermark yg berantakan..

    • Kalo mnrt saya sih, gbr2 kita, mau kita apa2in juga terserah kita🙂

  5. yah,watermark memang perlu, asal…

    “tidak mengganggu gambar, tidak boleh menutupi gambar, atau lebih menarik perhatian daripada gambarnya”

    dikutip dari:
    http://redbike92.wordpress.com/2013/05/09/buka-diskusiwatermark/

    ada tuh blogger yang kasih watermark norak, gambar isinya watermark semua

    😆

  6. dulu juga nggak pernah make watermark di apapun gambar yg diupload di blog/sosmed..tp berhubung ada temen yang fotonya diaku orang lain sampai jadi kasus, ya jadi terbiasa masang watermark walau cuma tipis di tengah..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: