Oleh: arantan | Mei 3, 2013

Feeling saya Pulsar 200 ns di 30-an awal

Iya, saya sudah dengar juga kalau konon NJKB 200 NS di 16.4 jutaan. Sayangnya sumber tidak bisa di confirm. Kebiasaan saya kalau sudah betul confirm, atau lebih bagus lagi, jika asal berita dari sumber yang bener dan tangan pertama baru saya berani komunikasikan.

Kalau yang bawa Bajaj, mungkin saja Pulsar 200 NS bisa di 20-an, mengingat harga Pulsar di India dan di Indonesia hanya berselisih sedikit. Tapi… lihat saja sekarang apakah Bajaj survive dengan cara berjualan demikian?

Perkiraan saya harga Pulsar bakal di 30-an ++, karena 3 dasar:

1. Pelajaran dari Bajaj

Apakah Kawasaki mau terjebak seperti Bajaj?

Ya kalau sama, gila aja, buat apa susah payah di Kawasaki-kan toh? Salah satu alasan memutuskan keberlangsungan Bajaj adalah pembenaran kenaikan harga, atas alasan beda management. Dengan begini segala koneksi masa lalu ingin diputuskan, kelas juga bisa diputus lagi-lagi demi justifikasi harga. Supaya kalau harganya mahal… bisa ngomong, ini Kawasaki lho?!

Kalau caranya Bajaj dulu, supaya lebih laku diapain? Ya classic: Dijual lebih murah lagi, dengan mengharapkan volume naik… Terus jual murah sampai margin tipis, nyatanya itu tidak berhasil. Begitu Pulsar yang grade atas dipotong harga, otomatis line up dibawahnya ikut di koreksi. Kalau kemurahan apa bisa dinaikkan lagi? Bisa… kalau cut loss, brandnya di Kawasaki-kan.

Pelajaran dari Bajaj membuat mereka paham volume jual secara riil, biaya dan margin bisa lebih conservative.

Kemudian lihat trend brand Kawasaki, mereka arahnya mau mempremiumkan kok. Bebek mau dihabiskan. Alias berani jual mahal dengan value bagus. Ya lihat saja line upnya saat ini, Ninja 250, Z, Versys er6. Ninja R dan RR adalah peninggalan masa lalunya Kawasaki.

2. Harga riil berapa?

Kalau ngitungnya “bener” sebetulnya berapa sih harga motor CBU dari India di import ke Indonesia? Lihat KTM Duke, di 2 kali hampir 3 kali lipat harga di India. So, kalau harga NS di India sekitar 18 an, masuk di Indonesia, ya sekitar 36-an, bisa ++.

Duke 200 bawaan KTM Indonesia pun sudah lebih murah signifikan dari bawaannya importir umum yaitu sempat di 65 jutaan. Harga-harga motor India yang pernah dimasukkan importir umum … ya memang 2.5 kali lipat lebih mahal dari harga di Indianya.

Memang harga tersebut adalah versi importir umum, tapi antara importir umum dan bawaan dari brand pun ya nggak bisa selisih sampai setengahnya toh. Importir umum di 65, sementara bawaan KTM Indo di 57.5.

3. Banyaknya unit di TPT

Pelajaran dari Bajaj adalah Kawasaki tidak memaksa volume banyak. Jual volume dikit pun sudah harus bisa untung!

Kawasaki sendiri pun tidak begitu yakin 200NS ini bakal sukses secara volume. TPT pun cuman minta 12.000,  sama dengan jumlah Ninja 250. Artinya studi pasar Kawasaki pun masih melihat ada barrier penjualan. Lha motornya OK kok! Kok nggak yakin bisa jual lebih banyak dari Vixion – CB150R? Volume penjualan Vixion, Januari sampai Maret perbulan sekitar 12.000-8.000 perbulan. Ini belum termasuk New Vixion di 18.000-32.000 perbulan. So? Apakah kalau spec lebih tinggi tapi selisih harga banyak kenapa nggak yakin bisa yaaa… setengahnya Vixion lah…

Nggak tuh? yang diminta hanya 12.000 unit saja.

Prediksi saya kemungkinan terbesar di 30-35 juta, kemungkinan kedua di 35-40 juta. kemungkinan ketiga baru di 25-30 jutaan.

Hei!

Di range 30-35 an pun, sebetulnya masih sangat pantas! Lha ini masih sodaraan dengan KTM Duke di harga hampir 2 kalinya! Masih WOW!


Responses

  1. ada yang lebih di bandung duke salah satunya udah pake twinspar duke belum businya 3 duke 1 tapi masalah busi emang penting ya busi sebanyak itu

  2. 28jt

  3. iya juga sih 12rb klo di 30an juta yang maharin juga gak banyak

  4. sepertinya…
    http://trexton.wordpress.com/

  5. 30jt?

    wow… mending nyang laen deh…
    emang ada nyang laen?

  6. 30jt dapat motor keren powerful….sbnrnya tidaklah tll mahal, tp udah usia tak bisa bohong…lirik pcx spt pny om saranto aja….kl duke/200NS takut kenapa2 ntar……

  7. blok mesinnya kyk MOCIN ya.. ayo diganti donks kawaks

    • jadi blok mesin DUKE 200 kayak mocin dong

  8. menurutku, orang dah pada tau klo itu dari bajaj, dan orang yang punya dana segitu pasti mikir untuk milih yang ga overprice gila..
    walau itu sudah terlabeli kawasaki dan ada kesamaan dengan duke yang high price, namun sebanding dengan quality dan gengsi..
    mestinya tetep disekitar rentang 23-30an..
    menurutku..🙂

    • gx semua orang kok tau tentang info motor melalui blog,,,
      pengunjung blog hanya sedikit dibandingkan jumlah penjualan sepeda motor,,,,,,,,

  9. Masuk akal, klx 150s saja 24jtan. imho klx lebih inferior.

    • #eh iya ya bener juga.
      Mosok iya mau dijual di bawah KLX 150?

  10. palingan 25 – 30 jt…

  11. iya si, tp masa orang punya uang yang mampu ambil mtor 25 jt.an keatas ga cari info si.. minimal ke tmen mainnya gitu?..

    pa lagi klo ttep pake nama pulsar.. he,
    atau mungkin Ninja 200L terdengar keren??
    eh, tapi ni motor ga ada lawan sekelas yak? diantara inazuma/ninja naked ama vixion?
    he..
    semoga ga mahl..

  12. Tidak jauh dr Kawasaki Ninja S 27-29 jt

  13. Pulsar 200NS akan dimasukkan secara semi knock down, imho untuk penetrasi awal harga akan menggunakan harga psikologis 25jt++ tp msh di bawah 30jt

    • Kalau cmn 12000, kmungkinan volume nggak sesuai u CKD. Tp will see.

  14. mengikuti strategi kemunculan awal N250 thn 2008 dlu.
    logo embos kawasaki perlu jg di sematkan neh br aura India nya bs terblurkan.

  15. jangan jangan ini buat gantiin kawasaki ninja 150cc 2 tak ….tentunya ngisi kekosongan harga yang di tinggalkannya

  16. 29,5juta!

  17. Kita pemakai pulsar pasti taulah harga realnya dan kira2 jika yg jual dibawah BAI pastilah 21-23jt ! Yg jadi permasalahan yg jual Kawasaki….tidak yakin di bawah 30jt ? Secara brand kawasaki kental aura sport, nama besar, motor kencang…..paling kalo orang2 yg belum tau Pulsar 200 NS pasti dibeli lah…..but kalo tau produk bajaj pikir3 lah ?

    Secara power pulsar 220 juga galak kok kalo sdh PnP, naik pilot&main jet, ganti knalpot racing dan bolong2in blok kopling dan ganti per kopling smash……naik lah kira2 23HP……minum shell coba aja tarikannya ???

    Kalo saya pikir Bajaj India sana tidak menghargai perjuangan BAI untuk memperkenalkan produk bajaj ini dan kita tau 2012 penjualan nya motor sport berhasil menandingi pruduk jepang….

    Jadi kalo harga rasional 25jt kebawah….saya angkut diatas itu mending upgrade 220 lagi deh

  18. ternyata harga nya 23 jt an gan

    • Yoi, saya meleset jauh bener nih.
      Worth it sih kalau segitu.

  19. tau kan “orang kita” kalo mahal laku… murah malah gak laku… hehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: