Oleh: arantan | April 28, 2013

Apakah ada market untuk maxi scoot?

T-Max cui!

Setuju dengan posting Mas Tri di sini tentang flagship, saya juga lumayan setuju kalau flagship scooter dibutuhkan! Saya sendiri pun sejak dulu menginginkan premium skuter masuk donk!!! Seperti yang pernah saya tuliskan wakut 2010 di sini.

Problem is, orang seperti saya dan mas Tri tidak banyak, dalam arti belum cukup banyak. Ya realita lihat saja seberapa laku Vespa GTS di 70 jutaan? Ada sih yang beli tentunya, tapi sangat-sangat limited. Atau malah yang kelasnya lebih rendah, PCX, seberapa lakukah PCX? ya dikit lah. Mungkin untuk Yamaha pun kalau judulnya sekedar “flagship” ya mending skutik 150 sukur-sukur bisa 200 cc dengan harga 30-40 an, pastinya laku.

Atau bisa dibuat skutik premium 250 cc di kisaran 60-70 an juta. Ya motor laki aja sepert Ninja 250 di bawah 50 kok? Matic lebih murah kan? Kenyatannya nggak banget. Suzuki Skywave 250 di 100 jutaan lebih sementara Yamaha juga punya Majesty 250 yang masuk Indonesia di importir umum dengan harga … *shock* 150 juta keatas! Piaggio? sempat ada Aprilia atlantic 300 di 100 an lebih juga, sementara yourban *aja* 125 cc di angka 100 juta. Piaggio pun tidak berani stock yourban di dealer. The rest, Suzuki Gemma 250 yang JDM ada juga di sini, harganya? 165 juta saja.

Untuk merk-merk besar seperti Yamaha, Suzuki begitu 250 cc sudah 100 jutaan ++, fantastis! Harga segitu sudah bisa dapat 650 cc motor laki. #eh, sayapun tentunya mundur kalau harus keluar 100 jutaan cuman untuk dapat skutik 250 cc *except MP3*. Majesty – Skywave 250, sudah sulit deh, gimana Honda? *saya prihatin* Karena market skutik 250 juga tidak dipikirkan oleh Honda. Di Thailand mereka punya Forza, skutik keren 300 cc cui! Kakaknya PCX kok! Tapi ya itulah, kenapa juga Forza dibuatnya 300 cc? Pastinya dianggap market skutik premium Indonesia memang kurang. Ya syulit sih memang, Forza 250 sempat dijual di Hobby Motor pada kisaran 165 juta.

Commercialnya Forza kayak film pendek

Inih. 

Untuk Yamaha, Suzuki, Honda, matic 250 ccn ya sudah di atas 150 jutaan, kalau di pasaran importir umum, nggak bisa di market. Kecuali kalau flagshipnya bicara cc 150-200 an mungkin saja masih bisa, walau juga tidak besar marketnya.

OK harapan berikutnya dimana? Ya Sym, GTS 250i EVO, Joymax? Max Sym, harganya jauh kalau dibanding Jepang, tapi ya brandnya memang belum populer.

Lainnya? Udah masuk sejak lama sih, Piaggio X9, X evo, Kymco Grand Dink, tapi ya tentunya market kecil. Next apa nih? Piaggio X10, tapi yang dibawa kesini 125 nya.


Responses

  1. Iya, kenapa skutik 250 cc harganya jauh di atas motor batangan 250 cc yak… seandainya Kymco masukin 250cc, pasti peta pasar akan berubah..

  2. MP3, ohhhhhhhh…
    andai harganya 25 jutaan
    bakal dibela-belain ngempet uang rokok

  3. Lebih sinting lagi yang mau beli R125. Harga 100 juta. Padahal kembarannya, Vixion cuma seperempatnya. Dan CC lebih kecil. Ya, orang sini kan masih mentingin CC.

    Tapi kalo gw ada duit banyak pake banged. Gw tetep beli sebiji sih. Hahaha…

  4. Kalo melihat realitas lapangan, buat saya motor ‘urban’ tuh supermoto ;p hehehe.. Anyway.. Ya itu krn harga IU si boss, kayak r15 via IU nyentuh hampir 50jt. Kyknya si klo ada keseriusan dari ATPM atau ada org ATPM yg bisa liat celahnya ya ga akan 100 jg, pasti akan diusahakan (kayaknya)

  5. Kok kaya pada kaya kurang info aja….itu SYM masukin Joymax, 250cc harga 57 juta malah lebih laku kok dari pada Joyride-nya yang cuma 34 juta (sekarang jadi 37 juta) 170cc. Paling2 pada masih takut2 soal after sales-nya tapi yg memang konsumennya matic maxi gak takut lah soal After Sales. Rasanya matic maxi baru bisa kompetitif di Indonesia kalau di rakit di ASEAN juga, terbukti kan beda harganya lumayan jauh antara Skywave 250 cc di Jepang dan SYM 250cc bikinan Vietnam.

  6. maxi scooter buat oom-oom xixixixi…pisss ah

  7. mungkin belum ada yg serius menggarap pasar big scoot ini mas. mungkin ceritanya (imho) akan kurang lebih sama saat KMI menghantam pasar secara maksimal di kelas 250 dengan ninja dan duo er6

    http://www.dk8000.co.nr

  8. skutic 150cc harga 20 jtan
    pasti laku

  9. sebenarnya banyak kok yang mengidam-idam kan maxi scoot termasuk ane…. gak perlu mesin gede2 cukup 125-150cc yang penting tampilan elegan and maxi tentunya. masalah mesin yang 125-150cc saya rasa cukup mengingat pemakai maxi scoot jarang yang kejar top speed, yang mereka butuh hanya kenyamanan dan eleganitas…. itu hanya pendapat saya.

    • tambahan : untuk menekan harga pake aja mesin 125cc dari scooter yg udah ada, misal mesin vario 125, xeon 125, spin 125 dll…. tinggal bikin bodi yang se elegant mungkin, saya yakin pasang harga di rentang 20-25jt an pasti laku kok…

  10. Itu krn skutik besar 250 cc ke atas umumnya CBU langsung dari negara2 diluar ASEAN spt Italy dan Jepang jadi kena bea masuk, makanya harganya selangit. Tapi kalu diimpor dari negara2 ASEAN spt vietnam harganya bersaing krn sesama anggota AFTA bebas bea masuk, jadi harga bisa lebih “murah”, contohnya vespa GTS250 produksi vietnam di kisaran 70 jutaan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: