Oleh: arantan | April 26, 2013

Crumpled Zone, konsep keamanan mobil masa kini dan helm-helm yang baik

14124-1

Dari sini.

The crumple zone is the area of a car that absorbs energy upon impact. It’s designed that way. Engineers deliberately place weak spots in a car’s structure to enable the metal work to collapse in a controlled manner. Since the collapse is controlled, energy from the impact can be directed away from the passenger area, and channeled to the floor, bulkhead, roof, or hood, for example. Energy from the impact is also used up in the deforming of the metal, often converting into heat and sound (loud noise).

Kali ini saya coba jelaskan konsep keamanan mobil baru, Apa itu crumpled zone?

Bagian depan dan belakang di mobil-mobil modern di design untuk meredam benturan. Pada mobil berumur, pemikiran tentang zone ini belum ada sehingga jika terjadi kecelakaan, mesin akan melesak ke dalam ruang kemudi dan berpotensi membuat pengendara jadi terjepit stir dan mati.

Penjelasan panjangnya adalah hukum pertama dan kedua Newton, tapi saya skip bagian pertama aja. Ini hukum keduanya Newton:

F = m x a

Force = masa x akselerasi

Anggap sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 60 kpj menabrak tembok. Pada mobil berumur, waktu deselerasi akan jadi cepat karena konsep bodynya yang keras. Dalam waktu 0.5 second si mobil melakukan deselerasi dari 60 kpj ke 0 kpj. Sementara pada mobil baru dengan konsep peredaman, deselerasi dari 60 kpj ke 0 kpj akan berlangsung lebih lama. Sedikit lebih lama sih, paling 1 hingga 1.5 second.

Tapi split second tersebut akan melipat gandakan force yang harus di derita si mobil dan pengendaranya. Contoh jika di mobil baru akan menderita force sebanyak a, maka di mobil lama, force yang diderita akan sebesar 2/3 kali lipatnya.

OK… konsep crumple zone ini di dasarkan pada hukum fisika keduanya Newton. Cerita saya mungkin sulit dipercaya, karena itu saya coba lewat yang lebih umum dikenal para peroda dua…. helm modern.

Konsep pada helm modern pun sama. Helm-helm yang harganya mahal pun bukan helm lapis baja ala ksatria jaman dulu. Helm kita outershellnya hanya plastik dan dalamnya gabus putih tebal. Saat ini mau helm dari yang harganya 200 sampai jutaan konsepnya sama. Kenapa demikian? kenapa nggak semuanya dibuat baja aja anak-anak???

Hukum Newton pertama berbunyi sebuah object akan terus berjalan pada arah yang sama kecuali jika ada pengaruh luar….

Hukum ini berfungsi ketika seorang rider mengenai kecelakaan. Misal ada motor jalan pada 60 kpj kemudian nabrak, si motor akan berhenti, sementara ridernya tetap terlempar sekencang 60 kpj. Apa yang terjadi kalau kepanya terbentur anak-anak??? Bletak! Helmnya juga akan berhenti mendadak di 60 kpj… otak bagian dalamnya akan membentur dinding tengkorak dalam kecepatan 60 kpj… apa yang terjadi kalau pakai helm besi model ksatria? Pendarahan dalam.

Ini conceptnya Arai

P27-insideTheHead-CMYKa-300x237

How the inner shell functions Beads in the liner are compressed and destroyed piece-by-piece extending the time of impact. This is similar to the crushing of body panels to absorb energy in automobile crashes. Therefore, it is important to know if the helmet is furnished with a harder density liner or one with a softer density liner since the density of the inner shell has a strong relationship with the hardness (softness) and construction of the outer shell. The role of the liner is to absorb an impact from the shell. Since helmets in general do not have a perfect round shape, the area of impact shell surface will be different in accordance with the shell shape. Also the direction of the impact energy will change during its travel through the outer shell and liner. Thanks to great strength of the Arai outer shell, the Arai shock absorbing liner density may vary from 28 up to 50 grams/litre, which is softer than other makers’ liners.

Posting ini bukan berfungsi untuk menjawab seluruh pertanyaan tentang crumpled zone, newton dan lain-lain, posting ini hanya bersifat teaser. Jangan percaya saya bro, silahkan googling aja bro.


Responses

  1. wew

  2. tergantung nabrak apa….
    kalau nabrak truk mau mobil baru atau lama pasti akan hancur,,,
    tpi kalau cuma tabrakan kecil sudah pasti mobil yg baru bakalan penyok sedangkan mobil lama hanya baret”….
    kualitas bodinya beda banget,,
    sama seperti kecelakaan anak mentri ,,,
    walaupun kedua mobil bisa dikatakan baru tapi kualitas bodinya mempengaruhi seberapa parah efek yg diakibatkannya

    • Ini akhirnya jadi nggak usah pakai helm apa pun aja, kelindes truk toh mati juga.🙂

      Belum tentu mobil tua hanya baret, bisa-bisa karena karat hanya tersentuh, keseluruhan body hancur remuk, sudah pernah ada juga contohnya, ngeri.

      Mobil menteri sebetulnya 2-2nya aman kan? Tapi memang entah kenapa si pintu belakang bisa terbuka? aneh bener. Orang bisa terlempar. Tapi si mobil vannya tetap bisa jalan.

      SUV juga punya bumper yang lebih tinggi dari mobil sedan apalagi van, itu ada pengaruh juga. Sadis itu.

    • maksudnya…

      jika rangka terlalu keras jelas beban di terima tidak akan merata,… sedangkan kalau terlalu lembek juga gak bagus…

      seperti crack pada Habibie Factor aja… mirip2 begitu…
      😉

  3. Mantab, cerdas nih si om,
    ahli fisika jg trnyata,

    hehe…

  4. Oiy, setau saya mobil2 yg dijual di eropa kan biasanya ada rate / nilai kselamatanny, kalo gk salah mulai bintang 1 – 5,

    nah kalo mobil2 entry level yg dijual dsini kira2 masuk golongan yg rate brpa y om?

    • Coba masuk ke global ncap aja bro. Tapi memang nggak semua mobil yang ada disni sudah diuji disana.

  5. lah kalo yg pake fitur total crumpled zone gimana?

    • nggak ngerti🙂 apa itu?

  6. Ane kok kurang cocok ya kl dimasukin ke hukum newton. ini lebih berkaitan tentang energi bagamiana energi kinetik yang dibawa oleh benda bermassa (1/2 mv2) sebisa mungkin dibagi dalam keseluruhan body kendaraan secara terkontrol dan sebagian energi itu dibuang dalam bentuk energi yang lain.

    mungkin sebagai contoh menendang bola dan menendang pasir (atau air) pada bola energi terfokus sehingga terlempar jauh sedangkan pada pasir energi tersebar (memecah kohesi diantara pasir)

    yang kedua mengenai benturan di dalam helm juga lebih tepat ke hukum, newton ketiga yaitu gaya aksi reaksi.

    tapi itupun terlalu dipaksakan, karena konsep dari safety gear disini adalah bagaimana mengurangi efek benturan (reaksi dari helm) ke kepala secara langsung dengan mengalirkan energi yang diterima keseluruh outer shell helm sedangkan energi yang masuk ke dalam inner shell dikurangi dengan adanya deformasi partikel dari soft inner cell itu sendiri.

    ibaratnya kita bisa memukul batu bata hingga pecah tapi siapa yg bisa memukul spons hingga hancur?

    penerapan deformasi dan pemecahan energi dalam mengurangi impact pertama setau ane di pake di chain armor.

    • Saya udah hasil googling mendalam😛 Kapan-kapan sharenya saya kasih semua. Tapi betul yang ketiga ada benarnya, deformasi juga sih.

      Newton’s second law of motion tells us that the force that acts on you or that you exert on another object depends on your mass and how fast you’re moving, to be more accurate, how fast you’re accelerating. Let’s look again at you sitting in a moving vehicle. The car you’re in is building up speed, accelerating, and then it hits an object, say another vehicle, or a pole. You weren’t wearing a seat belt so you continue to obey Newton’s first law and you continue moving, and hit something, the dashboard, or the windscreen, or whatever. You will hit that object with a force that is the product of your mass and the acceleration of the vehicle that you were in. And according to what we said about the third law, the thing that stops your motion will hit you back with the same force. This is why you can get injuries even from a seat belt to your tissues or internal organs, because that seat belt hits you with the same force you hit it with, and that force depends on your mass and the acceleration of the vehicle.

      The reason airbags are effective is that they have give, they don’t hit you back quite as hard because they’re bouncy and they take in some of that force and absorb it, instead of hitting you right back with all of it.

  7. F = m.a
    a = percepatan gravitasi 9.8 m/s2
    yg berubah massanya makin berat makin besar gayanya. cmiiw.

    • koreksi bro, a=percepatan/akselerasi,, kalo percepatan gravitasi biasanya ‘g’

      • Waduh harus baca lagi nih ane tentang hukum newton. Kenapa dipakai hukum newton ya? kayaknya dulu ada bab tentang tumbukan, impuls, momentum. kalau perubahan bentuk benda kayaknya berhubungan dengan tegangan dan regangan material penyusunnya.

      • keajaiban fisika bro, yg dihitung satu tapi rumusnya bisa seabrek:mrgreen: maaf belum bisa jawab masbro, takut nanti nyesatin nunggu yg ahlinya aja

  8. teori crumple zone menag benar, harus ada bagian yg dikorbankan demi melindungi bagian lain.
    persis pada teknologi mesin dimana dalam suatu part yg bergesekan biasanya ada part yg dikorbankan dan lebih cepat aus.
    sama halnya seperti dinamo starter motor konvensional dimana konduktornya berupa bahan yg lunak dan mudah terkikis bukan menggunakan logam keras yg bisa merusak part inti.

  9. Tanya..berarti ini termasuk hukum sekali pakai,rusak trus ganti gitu ya bos?

    • Kurang tahu ttg perbaikan mesti consult sama org yg bener. Setahu sy mmg iya, kalau sampai merusak chassis suiit u kembalikan spt bawaan pabrik. Ini juga jadi problem u mobil berumur, ketika ada plat yang bolong krn karat, susah u dikembalikan seaslinya.

      Sama juga dengan helm, sekali ngejedug keras, disarankan u lsg ganti.

  10. Sebenarnya Crumple-Zone sudah mulai diterapkan di kendaraan kelas murah di Indonesia sekitar akhir tahun 1980-an.

    Yang saya paham waktu itu adalah di Kijang 5K. Sudah ada feature crumple zone di ruang mesin dan mesin secara otomatis akan jatuh ke tanah kalau ada benturan keras sehingga tidak ikut terdorong ke ruang penumpang.

    Jadi, sebenarnya ini bukan hal baru.

    • Betul bro, sudah mulai ada di 90 an dan berkembang terus.

  11. Heghhh… pernah ngerasain sendiri manfaat crumpled zone.

    Cuma waktu benerin n nelurusin mobilnya lagi bengkelnya jadi susah…wakakakakak… lama banget ngerjainnya tuh bengkel


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: