Oleh: arantan | April 26, 2013

Bahaya lebih tinggi mengintai di mobil berumur

Whichever way you look at it, no classic car will offer similar levels of safety when compared to a brand new nanny-mobile.

1290394402099

Avanza C-NCAP, crumple zone depan belakang, dengan memenuhi standard GOA nya Toyota.

Saya posting soal ini lagi karena sudah dituliskan banyak yang masih yakin kalau faktor keamanan ditentukan oleh tipis tebalnya plat mobil. Sehingga pemikirannya masih, berdasarkan panca indera, simplenya mobil tua lebih aman karena bodynya tebel.🙂 Mobil baru platnya di tipiskan untuk menekan harga jual dan membuat konsumsi bensin semakin irit … dengan mengorbankan keselamatan dan kemanan.

Tapi pemikiran tersebut bukan Indonesia saja. Lebih percaya pada panca indera dari pada inovasi dan reseach teknologi puluhan tahun dan dilakukan dunia. Research dan report yang dilakukan bukan 1-2 negara saja lho.

Tulisan ini sekali lagi saya buat karena keputusan memilih mobil dengan standard kemanaan yang benar bisa menyelamatkan nyawa kita sendiri dan tentu penumpangnya, anak, isteri. Belum lagi kalau ada orang baca-baca kemudian terikut latah percaya tanpa melihat hasil penelitannya.

Mitos yang saya tuliskan juga pernah dituliskan di sini.

Myths about vehicle safety

MYTH: You can take more risks if you’ve got a vehicle with safety features – they will save you in a crash.

FACT: While safety features are more likely to increase your chances of surviving a crash, they don’t make you indestructible. Safety features won’t necessarily save you from death or serious injury, particularly at higher speeds or if you’re not wearing your seat belt.

MYTH: Older vehicles tend to be bigger and heavier, and therefore safer.

FACT: Older vehicles have been shown from crash records to be less safe on average than newer vehicles, due to fewer safety features and less sophisticated design.

Apa yang perlu di waspadai pada mobil berumur? Tentunya perawatan. Sebuah situs penggemar mobil-mobil klasik pun melakukan edukasi ke komunitas mereka. Must read.

The more a car gets used, the more it’s component parts wear out. Good maintenance can minimise such wear, but there’s no denying that piling on the mileage can only increase the wear on the running gear, coachwork and even the trim. Tyres, brakes, suspension and engine components will all wear to a greater or lesser degree.

Makin lama mobil digunakan, parts dan komponennya tentu berkurang kekuatannya serta aus. Dengan perawatan yang baik bisa mengurangi dampak penurunan tersebut. Tapi… pasti punya dampak, ban, rem, susupensi, mesin semua pasti berkurang kemampuannya.

Disebutkan pula kalau beberapa dari mobil berumur tersebut pun punya banyak masalah keluar dari pabrik. Beberapa masalah yang terselesaikan dengan design baru/pada mobil baru.

Perawatan, perawatan, perawatan…

Classic cars need more maintenance than a modern beantin, or else their reliability will suffer. Poor maintenance on a car already prone to mechanical disfunction will only pour oil on the fire, and make motoring by classic a real pain in the backside.

Whichever way you look at it, no classic car will offer similar levels of safety when compared to a brand new nanny-mobile. Peer inside the gloomy drabness of your typical modern box and you’ll see airbags sprouting from all corners of the cabin, soft squishy bits with which to impact your head against, and several miles between the front seat occupants and the windscreen (laminated of course).

Kaleng krupuk

Tapi bisa menyelamatkan nyawa, bukan saya yang nulis tapi pemahamannya sama.

10) Mobil kaleng kerupuk, wajar jika harganya murah. Ada istilah kaleng kerupuk, tentu karena kita sering melihat sebuah mobil yang terlibat tabrakan ringsek tidak berbentuk. Kondisi kasat mata itu, meninggalkan kesan bahwa mobil dimaksud tentulah buruk aspek safety-nya.

Sekarang ini, banyak produk mobil, terutama dari Eropa yang beberapa komponennya tidak lagi dibikin dari bahan logam. Misalnya di bagian bumper dan bonnet (tutup kap mesin). Tapi tidak lantas karena bahan yang digunakan yang tentu lebih lunak dari logam, mobil dimaksud memiiki tingkat keamanan yang rendah.

Teknologi crumple zone, justru menuntut pemakaian bahan yang lunak, rapuh dan mudah remuk bila terjadi tabrakan. Tujuannya tak lain, agar energi dari benturan yang terjadi bisa terserap atau diredam sehingga impact-nya menjadi kecil pada penumpang.

Bila dilihat dari rancang bangun, sebuah mobil dibangun dalam tiga bagian utama (three boxes). Bagian depan dan belakang, dibuat rapuh dan mudah remuk untuk tujuan peredaman. Sedangkan bagian tengah yang berisi penumpang, dirancang dengan konstruksi yang kuat.

Sebagai pembantu pemilih ada riset dan pengumpulan data bertahun-tahun yang dilakukan oleh monash university di Australi sini. Mobil berumur apa yang terbaik?

bintang


Responses

  1. yang penting savety

  2. wah gitu toh penjelasan logisnya. saya pernah kerja di slh 1 vendor produsen mobil. setahu saya tiap produk baru all varian makin kesini kualitas logamnya makin jelek (tipis,, tapi bukan plat body lhoo). alasan bos waktu itu dituntut costdown dari customer. tapi ya sudahlah kalau data fakta diatas sudah berbicara, mereka lebih mengerti teknisnya

  3. Ditunggu ulasannya di sepeda motor,kan banyak yg bilang produk tahun segini lebih bagus dari yang sekarang,karena mesinnya 100% japan

    • Akal2an pedagang saja. Anggap mesinnya lebih bagus, tapi tetap saja sudah aus.

  4. wow mazda 2 paling protectif sendiri???

    • Di kelas light cars iya.

  5. Lebih bahaya mobil berumur atau motor di bawah umur?

  6. Mantap neh pnjelasanya…..lihat aja bentuk bodi bmw anak mentri ma mobil yg ditbraknya kmrin…pdhal spa jga tahu spa yg lebih aman

  7. mngkin bkn mobil berumurny yg berbahaya tp bgmn si pemiliki bs meningkatkan kemampuan safetny dlm berkendara.

    jaman dlu bsa sj kualitas material bagus, tp jamn skrng fitur n teknology kls unggul yg berpengaruh pd kenyamanan, maintenance n safety.

  8. kaleng krupuk…(pak bon ya…???:D)sepaham sih..tapi klo yg kasus mobil anak mentri itu gimana gan…???

    • beda level.
      kalo anak mentri itu mobil harganya berkali lipat dari luxio.
      test tabrakan juga ada levelnya sendiri, misalkan truk jelas beda level dari smart fortwo.
      jelas bmw anak mentri bukan lawan luxio, kalo yg selevel sama luxio sih bisa 50:50

  9. masih penasaran nyari crashtestnya avanza:/

  10. sama aja kek tank jaman dulu…
    masih pake plat baja, berat dan lambat. sekarang pake RHA, COBHAM, CERAMIC PLATE ETC, lebih kuat dan lebih tahan terhadap kaliber besar.

  11. masalahnya duo kaleng itu crumple zone-nye sampe ke bagian tengah juga😀

  12. Nih contohnya, masih mau beli mobil kaleng?

    • Bro, mobil apa yang bukan kaleng ya? Beli mobil dari plastik kali yah?
      Juga mobil apa yah yang bisa aman lawan trailer seperti itu? Mungkin mobilnya Obama kali yah?

      Secara fair BUKAN BERARTI berada dalam mobil masa kini adalah NGGAK BISA CELAKA! Sampai hari ini pun masih banyak yang meninggal dunia secara tragis dalam mobil canggih masa kini.

      Secara fair juga foto kejadian tersebut BUKAN BERARTI kalau mobil dulu NGGAK BISA CELAKA! Saya juga kalau mau menampilkan mobil-mobil berumur yang dimakan mobil masa kini, ya tentunya banyak/lebih banyak lagi bro. Ya toh?

      Fair-fairan aja, secara statistik overallnya bagaimana? Silahkan googling, saya sih sudah.:)

      Pada akhirnya, tentu terserah bro aja, soal nyawa ya nyawanya bro, pemilihan mobil ya tentu adalah hak bro juga.😀. Kalau bro berpendapat lebih pandai dari para ahli-ahli lulusan sekolah rancang bangun konstruksi mobil dari seluruh dunia dengan riset bertahun-tahun, tentunya adalah hak bro, silahkan.

      Background saya sendiri orang teknik bro, didikan saya adalah percaya karena bukti terukur yang di dokumentasikan. Karena itu saya berani menyarankan dan sepaham dengan para ahli dunia, kalau soal kemanan yang dikejar ya pilihlah mobil baru. Sebelumnya lihat dulu rating tingkat keselamatan mobil tersebut di website luar. Start dari Global NCAP bagus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: