Oleh: arantan | April 18, 2013

Dari annual report Bajaj Auto, BAI memang merugi gila-gilaan!

BajajAR1

Dari annual report Bajaj Auto, 2010-2011

The subsidiary assembles and markets Pulsars in Indonesia. It sold 21,586 motorcycles in FY2011 versus 11,954 in FY2010 – notching a growth of 81%. Loss for FY2011 was down to ` 11.2 crore at the PBT level, compared to a loss of ` 15.9 crore in FY2010.

Dari annual report Bajaj Auto, 2011-2012

PT BAI, incorporated in FY2007, is a 98.9% subsidiary of Bajaj Auto in Indonesia. The subsidiary assembles and markets Pulsars in Indonesia. It sold 23,337 motorcycles in FY2012 versus 21,586 in FY2011 — a growth of 8%. At PBT level, the loss for FY2012 was ` 12 crore as compared to a loss of ` 11 crore in FY2011.

Gambarannya begini:

2010, menjual 11.954 motor, rugi 15.9 crore (2.9 jt USD, 28 em rupiah)

2011, menjual 21.586 motor, rugi 11.2 crore (2 jt USD, 19 em rupiah )

2012, menjual 23.337 motor, rugi 12 crore (2.2 jt USD, 21.3 em rupiah)

Penjualan perunit ada growth positive dan melambat di 2012, kerugian secara duit kadang naik kadang turun tapi memang trendnya masih terus merugi tidak terbendung. Kedepan, ya kalau di biarkan saja tentu akan rugi terus sampai akhirnya, *semoga* bisa untung. Karena itu di sebutkan di annual report, one day, bisa saja ada inpas, tapi entah kapan kalau lihat seperti ini kan?

Sampai akhirnya disebutkan demikian…

PT. Bajaj Auto Indonesia (PT. BAI), a subsidiary of the company, in which the company holds 98.94%, has registered substantial accumulated losses. The company through PT. BAI made a foray into the Indonesian market, which is very competitive but promising. Considering the challenges in setting up an appropriate dealer and service network, creation of brand awareness, appropriate tie ups with finance agencies, understanding customer behavior and preferences, in addition to setting up an assembly plant, the gestation period is expected to be long but eventually profitable. However, considering the continuing losses and longer gestation period, the company has assessed the carrying value of investments made in PT. BAI and determined an amount of` 102.27 crore at present, as a diminution in the value of investment and has accordingly made a provision of the said amount.

Sampai modalnya pun berkurang menjadi 102.27 crore dari total investment awal. Iseng-iseng coba cek saja total investment awal dan injeksi modalnya. *sedih – nggak tega bro*. Bajaj pun bukan yang paling bawah, di bawahnya masih ada TVS yang hanya menjual 18.000 motor pada 2012, di atas Bajaj? Kawasaki di 131.000 an unit. Noted, TVS sudah bangun pabrik di Indonesia, nilai investmentnya? kapan baliknya?

Untuk Bajaj, meneruskan usaha yang sangat tidak sehat, dengan masa depan yang tidak ada kecenderungan membaik secara business tentulah tidak masuk akal, gimana supaya Bajaj bisa untung?


Responses

  1. para pmgang saham bajaj bs jd pd protes..

  2. BAI invest apa di indonesia?

  3. Wah ternyata harga murahnya pulsar disubsidi?
    atau mmg modalnya terserap di gedung+tanah u dealer

    • Pas tau hrg ktm duke di sni Ane juga yakinnya gitu bro

  4. Gila tenan…

  5. yah pantes juga sih..apalagi secara model ga brubah..market juga jadi jenuh..
    coba ada facelift walau mesin sama..pasti ada peningkatan..
    susah..susah..😦

    • jepun banget bro

  6. gak ganti2 model sih (menunda P200NS terus) dimana serangan sport jepang gila2an (NVL+Byson & CB150+Verza+NMP) ya salah sendiri

    dulu tahun 2007, liat Pulsar 180 itu sesuatu yang waow, kalo dibanding Megapro Primus n Thunder 125 n Tiger (Vixion engga ya karena sama2 bikin waow waktu itu)

    lalu udah 6 tahun berlalu, eh masih sama aje tuh muka nye, publik udah bosen

    n yg pada ngarep2 P200NS pasti banyak yg akhirnya beli NVL n CB150 karena gajebo (ga jelas bo) statusnya

    ditambah aftersales yg masih mawut, lama2 ilfeel juga tuh para biker

    udah rugi banyak, ya mending angkat kaki dulu (kasian yg pada pegang dealernya tapi)

  7. jual motornya terlalu murah, strategi pricingnya keterlaluan, ga sebanding dengan kualitasnya. Masa iya mo jualan tapi ga diitung dulu proyeksinya -_-.
    yang lebih gila lagi servis di beberapa beres harganya gila gilaan, ga sebanding dengan kualitas dan fasilitas yang diberikan. Part sih kaga masalah dengan adanya supplier 3rd party maupun yang ditunjuk secara resmi BAI, cuma service pointnya ini yang saya khawatir kedepannya.

    malah pengen buat bengkel:mrgreen:

    • aku nek ono modal yo pengen gawe bengkel😆

  8. Jual yg roda 3 lg pakbos.orang indonesia kan suka yg klasik

  9. bajaj jual motor kemurahan sih, gimana mau untung.

  10. strateginya memang menyakitkan, masak ane beli p200 lebih mahal dari pada p220 . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  11. nganu… udah harganya murah masih pake acara cash back lagi…

    *kipas kipas duit cashback…:mrgreen:

  12. ganti desainer yg buat model bodinya bro..bentuknya gak menjual..padahal sayang tu bajaj n tvs kan mesinya bgs..

  13. namanya jualan ya kudu sabar…jualan warteg aja butuh setahun dan 2 tahun dikenal orang ini jualan motor pengenya cepet untung. pabrikan jepang pun bisa seperti sekarang karena proses perjalanan panjang. lihat suzuki apakah jualannya menguntungkan belum tentu , namun tetep berusaha exis. ane berpikir jika p200ns di launching oleh bai merupakan titik balik bagi bajaj , karena ini produk memang menjanjikan bagi pasar kita. tapi ya sudah bajaj auto maunya begitu, mending jualan rantang sama perkakas rumaha tangga di negeri ini….ane seringliat produknya di cibubur junction…sedih ane sebagai manatan pemilik bajaj dan yakin pemilik pertama bajaj di halim p.k tahun 2007 saat dealer dewisartka masih dibangun… huhhhhh . see u pulsar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: