Oleh: arantan | April 2, 2013

Di klakson, majulah daku padahal masih lampu merah …

Kejadiannya waktu Sabtu kemarin mau pulang dari arah Jakarta Timur/Buaran menuju Jakarta Barat. Lewat penjara di sebelah kiri, beberapa kali flyover dan masuk ke salah satu perempatan yang saya tidak kenal. Kalau tidak salah ingat perempatan itu setelah perempatan Jatinegara, Manggarai? Ini perempatan besar dengan 4-5  jalur 2 arah.

Waktu saya stop di lampu merah ada saja rombongan pemotor yang tetap jalan… Ada gerombolan sekitar 10 motor lewat padahal masih lampu masih merah, gileh. Berikutnya adalagi gerombolan berikutnya sekitar 10 motoran juga, saya pun di klakson-klakson. Sementara posisi saya sudah maju pelan-pelan sehingga tidak bisa lagi melihat lampu merahnya.

Lampu merah waktu itu sudah menyala cukup lama, dan saya kembali di klakson, sayapun jalan karena saya lihat traffic di depan pun kosong blas. Baru jalan 10 meteran saya lihat di spion belakang, ternyata tidak ada kendaraan yang maju … saya seorangan. Tiba-tiba ada klakson kencang dari Avanza/Xenia dari sisi kanan…TEEEETTTT!!! Avanza – Xenia itu melaju sendirian juga dengan kencang dan seperti justru mengencangkan mobilnya seolah memang menyasar saya.

Tentunya saya masih beruntung selamat tidak kena … haduh haduh haduh! Saya berada dalam posisi salah total. Lessons learned deh, ini kesalahan newbie bodoh sebetulnya, jangan ikut orang, jangan ikut klakson … mesti tetep bisa lihat lampu merahnya lah.


Responses

  1. Hati2 om…… Gila tuh xenia/avanza…..

  2. Tapi kadang memang harus maju. Pernah ditabrak gara2 berhenti waktu lampu merah. Itulah Iindonesia…

    • kalo saya di tabrak begitu, gear netral, gaspoll… asep belakang keluar semua, nengok kebelakang entar juga pada ilang dari belakang. di tabrak lg? ya terus begitu…

      masih ngeyel yang nabrak (max 3x nabrak)? turun tendang motor nya… masih ngeyel juga? tabokin aja, masih ngeyel juga? lapor ke polisi atas tuduhan perbuatan tidak menyenangkan…
      😉

  3. he he emang nyebelin kalo diklakson-klakson gitu

  4. lalu lintas jakarta begitu buasnya
    harus sabar om
    safety riding dan taat berlalu lintas

  5. wkt di jakarta, kalau pas berhenti di perempatan saya menghindari barisan terdepan..biasanya berhenti di belakang mobil…

  6. mmg bnyk oknum penunggang motor tai gitu..

  7. Tiap kali naik mobil ama bokap juga begitu… Misal ada yang selonong lampu merah pasti disasar, paling2 itu motor ntar juga minggir😀

    Kalo saya misal naik motor ada yang nerobos juga arahin aja, cuma + ngangkat kaki ke arah motornya…

    • pas ngangkat kaki takutnya malah disambar lawan, berabe tuh, moga aja kaga..

  8. Saya juga sering diklakson… padahal masih merah…

  9. Saya malah brantem karena masih lampu merah ada yang maksa minta kasih lewat dari belakang. Masalahnya gak pake klakson tapi main tabrak…sekarang pake PCX jadi punya alasan gak maju karena gak muat, tapi kalau depan kosong terpaksa kasih minggir dikit supaya alay2 gak tahan panas bisa lewat, kadang2 jadi gak enak kalo udah lewat garis…tapi pak polnya cuek aja ya udah lah….kapan motor2 ngalay kaya gini ditilang lagi kaya tahun 90-an…..males banget ikut budaya gak tertib.

  10. Kalo daku mah acuhkan saja tuh klakson sambil tegapkan badan biar keliatan gede spt sby..xixixixixi

    • Saya maju bukan karena nggak enak/takut di klaksonin gan. Tapi saya maju, karena saya kira memang sudah bener-bener lampu hijau untuk maju sih.

      ________________________________

  11. saya pernah ngalami kejadian yang agak mirip… lupa tepatnya daerah mana, pokoknya lampu merah antara perempatan senen – matraman, ceritanya sih ikut maju pelan2 karena yang belakang klakson2, tapi belum ada yang bablas karena kendaraan dari arah kiri masih banyak… akhirnya gak kelihatan tuh lampu merah.. karena sambil ngobrol ama boncenger konsentrasi terpecah… tiba2, serempak motor2 di depan saya maju semua…. geragapan masukin gigi gas… eeeeeh.. tiba2 dari sebelah kiri diklakson motor ama bajaj… untung masih sigap ngerem…. jadi gak kesamber bajaj…. ternyata emang masih merah… mobil2 yang belakang belum pada jalan….😀

  12. kalo diklaksonin omelin aja mas,,
    GAK LIAT TU LAMPU MASIH MERAH,, MATA LU KEMANA SIH,, xixixixi,,:mrgreen:
    biasanya kalo banyak yg klakson sampe mobil juga ngelakson berarti lampu dah ijo..

    • Gan cerita mirip-mirip semua, di klaksonin dari belakang itu biasa🙂 Biasa saya cuekin.
      Tapi ini sekalinya saya maju … ampir kena gitu🙂 kurang pengalaman berarti.

  13. pd gak sabaran..

  14. saya pernah di klakson di perempatan pasar mampang arah buncit,gak mau maju motor saya di tabrak biar maju,ternyata yg nabrakin motornya ke motor saya pake baju loreng,pantesan aja belagu banget

  15. wah semuanya pernah ngerasain hal yg serupa y….
    skrng kalo diposisi seperti itu, gue tinggal kasih 2 pilihan ke yg klakson… gue diem ditempat, atau gue tunjukin kalo lampunya masih merah (kadang ditambah dengan umpatan “buta warna mas? atau dasar ALAY”)

    kalo orangnya paham langsung malu, tapi kalo ga paham… yah… emang alay beneran atau emang “orang kantoran dengan pakaian rapi, kadang berseragam, tapi riding skill sekelas tukang ojek dan riding knowledge sekelas anak SMP baru bisa naek motor”

  16. umpatin aja, bilang JAN*UK, pasti diem tuh tangannya yg main klakson

  17. Pernah juga kejadian kayak gini, sekarang kapok, sebodo amat diklaksonin motor dibelakang pas lampu merah. Pas ijo lsg tancap gas. Sering jg dah jalan santai paling kiri masih jg diklakson, alhasil lsg tancap gas ngibrit. Biasanya sih yg klakson gak bs ngejar. Mungkin dikira karena semok dan kinclong vespa ane gak bs ngebut (belum tau aja dia)

  18. Ngalah aja om, biar yang nglakson duluan….kalo ane diem aja or ngasih jalan dech,,. Habis lampu ijo kita gas pool nyalib yang tadi pada sruntulan…..puasssss…..just ngasih pelajaran percuma lo duluan kesalib juga ama ane he…he

  19. glad you brought up this issue

    a true road safety sebenarnya bukan cuma sekedar displin diri, tapi juga adaptasi terhadap lingkungan menuju resiko kecelakaan yang minimal.

    gangguan pengendara ngawur yg mungkin memaksa kita melanggar zebra cross, tidak melihat langsung TL, juga harus dihadapi dengan aman. ketika hal ini terjadi, maka sebaiknya kita mengamankan posisi dari resiko:

    * ditabrak dari belakang oleh pengendara yang mau menerobos
    * menghalangi kendaraan yang mau berbelok kiri langsung (jika boleh)
    * diklakson kendaraan lain karena dianggap menghalangi mereka yang mau menerobos

    jadi, amankan posisi dulu sebelum melaksanakan road safety.

  20. iya-ya bikin bingung

  21. beuh setuju om, gw sih bukan biker cuma walker akut wkwkwkw. suka kesel di klaksonin pas jalan di trotoar (motor on trotoar ckckck) ato di jalan pinggir yg ga ada trotoar, kadang sering gw maki juga tuh kadang bapak2 ato ibu2 masa bodo amat uda tua ga bisa menghormati pejalan kaki. org indonesia kebiasaannya begitu naek motor kyk mo ambil gaji milyaran padahal mah cuma lbh cepet semenit dua menit tapi mengabaikan nyawa sendiri dan nyawa org lain sia2 bgt. yang gw bingung klo org uda naik motor di jakarta kyk punya license to gw harus duluan, perilaku yg kadang pengen gw tendang aja motornya tuh pas nyalip gw yg lagi jalan kaki. NB: gw uda jalan kaki 2 puluh taun lebih gaya jalan gw kek orang jepang kenceng2 masih aja tuh biker alayer klakson bener2 pengen gw tampar wkwkwkwk.
    suatu hr pernah gw di klaksonin trs orgnya jatoh ban nya selip pas gw lewat samping dia gw bilang aja sokorrrrr and ga gw tolongin biar dah gw di kata jahat biar jd pelajaran.
    dan 1 lagi komplain gw pas bawa mobil, spion gw sring di pentok org tuh pas macet kagak spion kanan kiri baret smua, masih banyak org mampu beli motor tapi kagak paham tuh motor dia selebar apa alias bnyk org mampu beli motor tp ga mampu sekolahin otaknya makanya gw rada alergi ma motor matic krn menjamur dimana2 and yg punya rata2 ga ngerawat motor jd serampangan dan sembarangan membahayakan org lain dan ga tau aturan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: