Oleh: arantan | Maret 24, 2013

Otomotif award, scoot semua diborong Honda, bike of the year Vixion

Daftar lengkap pemenangnya seperti di paling bawah posting ini.

Yang seru untuk dibahas tentunya Honda vs Yamaha, yuk bahas satu-satu dan menyeluruh.

Bebek

Kalau di bebek 1-1 antara Yamaha dan Honda, tapi pemenang bebek terbaik adalah Yamaha Jupiter Z1.

Skutik

Skutik, ada 4 kategori, semua diambil sama Hondah? Kok bisa? Tidak memberi napas sedikitpun ke Yamaha, skutik jadi penting karena konon ini adalah arah masa depan roda dua di Indonesia. No Yamaha – Suzuki – Vespa, none…

Sport

Sebetulnya istilahnya yang tepat bukan “sport”, sport bike – road bike dijadikan satu sih, bikin bingung.

Peta sport seperti ini: 2 kategori diambil India, 1 kategori diambil Kawasaki, Yamaha juga dapat satu, tapi ini jadi penting (untuk urusan award) karena membuat Yamaha Vixion jadi bike of the year. Dalam kategori sport ini, kejadian berbanding terbalik dengan Skutik, Honda sama sekali tidak kelihatan, padahal Honda sudah mencoba menghujani pasar dengan pilihan bervariasi.

Sengajakah?

walker-divide-conquer-napolean

Maap AHM tapi rasanya saya lihat di market ini rasanya Honda mengambil sikap divide and conquer. Pertarungannya terlalu ketat untuk market size yang beigtu kecil. Ada varian Bajaj, varian TVS, varian Kawasaki, Yamaha … biarlah brand lain saling cakar-cakaran, makin banyak pemain tentu effort untuk memenangkan market menjadi tough. Nah nanti ketika sudah pada mati kecapekan, AHM baru masuk, ya seperti sekarang-sekarang ini lah.

Special award

Untuk moge saya setuju untuk dikasih ke Versys, karena soal harga juga menjadi faktor penilaian.

Berbagai aspek jadi pertimbangan, mulai dari desain, fitur dan teknologi, performa, konsumsi bahan bakar hingga harga yang ditawarkan.

KTM Duke 200 dapat GenBerani, not sure makudnya apa dengan “GenBerani”, berani jual mahal?

Motor non bebek – non skutik dari Honda yaitu CB 150R cuman masuk Rookie of the year saja… NKOTB dong.

Gambaran market

Melihat dari pemenang per kategori tidak heran kalau akhirnya si AHM saat ini bisa begitu mendominasi pasar. Memang di road bike Vixion berjaya, tapi presentase road bike terhadap total penjualan berapa sih? Sementara di scoot yang marketnya terus growing, Yamaha tidak terdengar, di pulau skutik yang gemuk Hondalah yang mendominasi.

Sebetulnya saya lihat sulit sekali mencari satu motor terbaik yang bisa cross klasifikasi. Lha gimana road bike yang marketnya sebegitu bisa dianggap meang dari skutik dan bebek?

Area gemuk lainnya adalah bebek, market size memang terus menurun digerogoti skutik, tapi masih market besar. Saya kurang tahu perbandingan penjualan kelas 110-115 dengan 125an berapa unit. Rasanya lebih besar 110-115 tapi beda dikit. Untuk bebek super, memang baik Honda maupun Yamaha belum ada yang mau terjun kesitu, kemugkinan market sizenya memang kecil, jadi mereka berdua memang mebiarkan Suzuki dengan Satria melenggang jaya.

Kedapan bagaimana? Ya konon skutik adalah untuk masa depan … siapa yang bisa pegang pulaunya akan jadi pemenang pasar.

Ini daftar list lengkapnya seperti di tulis di motorplus sini.

KATEGORI BEBEK     
Bebek 110-115 cc: Yamaha Jupiter Z1
Bebek 125 cc: Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI
Bebek Super: Suzuki Satria F150
BEST OF THE BEST BEBEK: Yamaha Jupiter Z1

KATEGORI SKUTIK      
Skutik 110-115 cc: Honda BeAt FI
Skutik Retro 110-115 cc: Honda New Scoopy FI
Skutik 125 cc: Honda Vario Techno 125 PGM-FI
Skutik Premium: Honda PCX150
BEST OF THE BEST SKUTIK: Honda Vario Techno 125 PGM-FI

KATEGORI SPORT      
Sport 125-135 cc: Bajaj Pulsar 135LS
Sport 150 cc: Yamaha New V-Ixion Lightning
Sport 160-180 cc: TVS RTR180
Sport 200-225 cc: Bajaj Pulsar 220F
Sport 250 cc: Kawasaki New Ninja 250FI
BEST OF THE BEST SPORT: Yamaha New V-Ixion Lightning

SPECIAL AWARD R2        
Kategori Moge: Kawasaki Versys
Rookie of the Year: Honda CB150R StreetFire
GenBrani Award: KTM Duke 200

BIKE OF THE YEAR: Yamaha New V-Ixion Lightning


Responses

  1. Wow

  2. yg paling valueable yg menang bike of the year, pasti lah

  3. si epyu tiap tahun dapet award
    *gak ada saingannya sih

  4. setuju untuk komen soal motor sports….ini mirip taktik perusahaan rokok raksasa di daerah….supaya menang sering bikin merk abal-abal buat merusak pasar rokok tradisional ketika pemain sudah kecapekan baru masuk pake merk nasional atau internasional gede2an…..tapi pangsa motor sports kan lebih kecil…. sementara konsumennya cerewet dan maunya bayar ‘murah’ untuk produk ‘wah’ makanya pabrikan jadi sedikit ngos2an buat memenuhi maunya konsumen…..:-)

  5. bagi2 gan,win win solution…imho

  6. BIKE OF THE YEAR, ROOKIE OF THE YEAR, DLL ini maksudnya tahun 2012 apa 2013 y? Kalo 2013 saya nga setuju,, karna bis saja di pertengahan tahun nanti muncul lawan yang jauh lebih tangguh,, atw di beberapa bulan ke depan motor tersebut mengalami masalah yang krusial.. Kalo maksudnya 2012 sih setuju2 aj..

  7. […] Belum lama ini, di awal tahun 2013 ini, saya menerima kabar secara berbarengan, brand pertama bilang mereka mendapat market share sampai 60% lebih, sementara brand satunya lagi menepuk diri dengan mengatakan mereka punya motor terbaik. Brand yang pertama tersebut sama sekali tidak bilang kalau di segmen skutik seluruh award disapu bersih pada ajang award yang sama! Di sini. […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: