Oleh: arantan | Maret 20, 2013

Tragedi helm INK mf1 saya yang kaca gelapnya tidak bisa turun

arantan-helm-ink-mf1-stuck

Sudah semingguan ini helm ink mf1 saya rusak. Kaca dalam gelapnya tidak bisa diturunkan, stuck keras! di teken-teken sekuat tenaga nggak bisa turun, mau di paksa bener-bener takut kacanya pecah atau paling tidak baret.

Akhirnya kemarin malam mampir sebentar ke juragan helm di jalan panjang.

Di sana helm saya dibuka layer demi layer, sampai bongkar busa styrofoamnya, ternyata … Sampai lapisan paling dalam dilepas baru kelihatan kalau ujung kaca gelapnya ternyata stuck di lem-leman lubang ventilasi. Nempel sedikit dengan lem tembak dari pabrikan, itulah yang membuat kacanya tidak bisa turun.

Oleh teknisi yang berpengalaman, ujungnya di congkel dan ditarik sampai terbebas. Begitu lolos lubang ventilasi dari kasa warna silver di copot saja. Build quality lem-leman INK juga ternyata saya lihat buruk. Kalau saya kasih nilai dari 1 sampai 10, saya kasih nilai 3 lah. Maaf karena bagian dalamnya benar-benar buruk, kerapihannya mirip dengan anak saya yang kelas 3SD kalau ngelem untuk pekerjaan prakaryanya. Really that bad. Potongan kain kasanya buruk, lem-lemannya juga buruk, kalau lem-lemannya sampai melebar dan tumpah hingga mengenai kaca ya saya anggap wajar.

Tapi postingan ini bukan complain lah, kalau mau complain … ya beli Nolan saja yang pernah bertahun-tahun juga untuk harian dan aman-aman saja. Ya mau gimana lagi, ada harga ada barang lah.😦.

Anyway busa helmnya sekarang sudah dipasang lagi dengan lem tembak, so far pagi ini saya pakai baik-baik saja. Semoga juga dengan melepas si busa dan memasang kembali tidak terlalu merusak integritas dan keamanan helmnya. 

Thanks Jurgagan Helm team!

Atau lem biru saja? Jadi ngeri-ngeri juga, kepala sih.

Ini postingan saya sebelumnya tentang perbandingan INK MF1 dengan aslinya Nolan N43.

arantan-helm-ink-mf1-dalamarantan-helm-ink-mf1-sedang-dibetulkan


Responses

  1. Lem biru saja lah, resiko

  2. Udah gitu sempat ribut antara INK vs INX..

  3. ribet y, enakan helm biasa

  4. Kejadinnya sudah berapa lama dipakai aktif om?

  5. Yang heran QC jelek aja harganya di pasaran cukup mahal….nyari helm lokal yang harganya standar dan koleksinya lengkap susahnya minta ampun ….paling2 kalau mau tunggu PRJ baru ketauan harga sebenarnya dan koleksinya ada apa aja….

  6. Pake Nolan aja Om. Soale urusan safety sih (dan kenyamanan).
    Saya juga punya INK, bedanya sama Nolan, kalo Nolan dipake high speed nggak berdesing, sedang INK saya pada 80 km/h udah mulai berdesing.

    Tapi Nolan-nya jangan ditinggal di parkiran. Saya punya juga saya tenteng terus ke ruangan kantor.

  7. wahahaha yang bongkar si maman ya om.. yg ngomongnya betawi bangat…

  8. wuizz.. judulnya mendramatisir banget.. tragedi book..

    ini helm beli kapan juragan? ada garansi ga? pernah jatuh/ada perlakuan kasar buka tutup kaca itemnya (sngaja/ ga sngaja misal pas diparkiran), sering kehujanan&kepanasan?

    intinya biar objektif pemirsa harus disuguhin realita cara pemakaian & kondisinya sehari2 sih..

    klo helm branded kan disayang2.. dikelonin tidur segala, klo helm busuk kan cuma ditaroh di stang motor aja.. ya panteskan klo gitu jadi cepet rusak..

    pihak INK harus merespon kejadian ini, klo perlu bikin rekonstruksi di TKP sehari nya, biar ketahuan yg ga bagus helm nya / perlakuan pemiliknya.

  9. siap nampung helm rekondisi:mrgreen:

  10. walah.. padahal lagi pengen itu INK MF1.. tapi untuk harga 370 ribu itu masuknya wajar.. karna harganya mencakup resiko dipermasalahkan oleh Nolan, dan juga atas “kerennya” desain (bukan soal kualitas):mrgreen:
    .
    .
    atau sekalian yg INK Vector2 atau MDS Pro Rider atau GM Integra?

  11. saya juga punya Nolan N43E Air dan INK MF-1.. yg nolan beli maret 2011, yg Ink MF1 beli maret 2013 utk harian.. Review saya adalah : secara desain, INK MF1 mmg telah membeli hak cipta ke nolan, tp harus merubah sedikit desainnya, terutama ventilasi atas helm. (Sama spt INK-Mirage dan GM-Airborne yg beli hak cipta ke AIROH-Miro). Secara Kualitas, jelas beda antara Helm nolan dgn standart Italy dgn Ink MF1 dgn standart SNI..
    ~Helm Nolan N43E lebih berat namun kuat dan tidak berdesing pd speed tinggi, sementara Helm Ink-MF1 lebih ringan dan pd speed sedang saja berdesing. Untuk harian saya lebih suka pakai INK MF1 krn ringan bisa taruh helm sembarangan, sementara Nolan N43E hanya saya gunakan utk touring atau sabtu-minggu saja, dan kemana2 selalu saya tenteng.. takut hilang :p

  12. Sekedar share aja.. Desain Helm ternama dari Italy mmg paling banyak “dipalsukan” oleh produsen helm di dunia.. sementara produk helm dari Jepang dan Amerika, hanya beberapa yg ditiru desainnya, dan itu pun pihak produsen helm tsb telah membayar Royalty kepada pabrikan helm aslinya..🙂 *china, taiwan, thailand, indonesia, india, yg paling bnyk menduplikat helm.

  13. Gan, cara bongkar lapisan samping telinga yang dalam bagaimana ya? Apa pakai baut L yg diluar?

  14. om info yang jual kaca helm ink mf1 punya ane dah baret ini


Tinggalkan Balasan

Kategori

