Oleh: arantan | Maret 10, 2013

Marketing case: Gimana menjual Sym? Identifikasi problem dulu

Hayo …

Hampir semua sebetulnya sudah tahu Sym, artinya product awareness sudah tahulah. Tapi setelah itu, apa mau beli Sym?

Kalau kita reka-reka secara umum problemnya Sym apa ya?

  1. Brandnya Sym pernah dengar, tapi produk motornya sendiri belum populer
  2. Placement motor dalam hal ini positioning dan diferensiasi juga belum jelas
  3. After sales support, after sales termasuk bengkel, ketersediaan parts dan soal kemampuan teknisi juga belum jelas
  4. Ketersediaan dealer/point of sales/conversion point?

Ada lagi selain 4 hal diatas? Tolong inputnya…

Nomor 1 dan 2 adalah urusan marketing dan komunikasi

Nomor 3 soal after sales support berupa dukungan jaringan service

Nomor 4 soal jaringan distribusi.

Akibat populasi Sym menjadi kurang berkembang, ya makin sedikit motornya makin pikir-pikir pembelinya. Nanti dukungan partsnya gimana? Jangan-jangan nanti seperti Kymco juga yang kemudian menghilang?

Saat ini dianggapnya yang ambil Sym adalah sebatas hobbyist bermotor. Bukan beli Sym untuk motor fungsional.

So, apa ya, kira-kira problemnya?


Responses

  1. Ane malah ru tau,mantapp…

  2. hehe,namany kyak sistem operasi hp

  3. joyride mantap tapi mahal

  4. Sya menggunakan joymax…so far mantab ngga ada masalah…..di malaysia berkembang sangat besar….untuk indonesia kayaknya masih ogah ogahan sebatas jualan saja……

  5. brand believingny blm ditrima pasar indo..
    mngkin sym perlu d indonesiakn dlu.

  6. pabriknya yg ogah jualan serius….🙂

  7. 5. sym (juga kymco) jadi korban dari tindakan merek2 cina di awal abad 21 ini yang main hit and run. akhirnya, sym? kymco? dari cina ya? gak ah.

    • Bukan cina daratan(RRC) bro tapi cina Taiwan. RRC mah rata2 jiplax dr merek2 luar dan gak seinovatif Taiwan.

  8. pabrik sym gak niat jualan…udah smp thn 2013 gak ada ekspansi ke daerah lain…cuma dijakarta doang

  9. mungkin SYM bisa menerapkan strategi awal kayak bajaj dengan pulsarnya saat penetrasi awal di sini dulu..namun jangan ditiru soal after sales servicenya

  10. Sym dari cina kan!!!! masih ragu kalau dari cina
    entar menghilang tanpa pesan
    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/03/motor-injeksi-itu-harus-murah-titik.html?m=0

  11. harus punya identitas.
    misal nih, orang liat motor fairing pasti bilangnya ninja:mrgreen:
    andai sym bisa ngeyakinin para calon konsumennya big skutik = sym, plus kualitas 3Snya bener2 diutamain. lambat laun via mouth to mouth marketing bakal lebih banyak ngegaet pasar premium. cukup konsen ke matic premium kayanya langkah yang bijak, daripada ikutan red ocean displacement kecil. 125 ada xeon vs vario125 vs hayate, 110-115 ada vario, mio series, soul, nex, dan lx125 (kecil banget). 150? paling cuma lx 150 sama pcx 150. IMHO yak

    • Setuju ama om dipo, drpd maim di shark dll, lbh baik tanamkan image big scooter pd sym. Sayangnya ngga jualan selain jkt…..pdhl naksir berat ama joyride

  12. Tadinya mau ambil SYM udah main ke showroom udah test drive JM dan liat JR, sama dealernya juga yakin karena pemain lama. Batal ambil karena:

    1. Marketing kurang gigih, baru juga mulai penetrasi pasar harga JR udah naik jadi 37 juta dan minta dp 3 juta, kalo gak jadi ambil dp hangus semua….:-( Gimana mau head to head sama PCX…

    2.Unit test drive tidak tersedia di semua dealer masa harus jauh2 ke ciledug buat tes JR? Dah gitu unit tes drive sama unit yg dipinjem wartawan sama jadi kalo lagi dipinjem wartawan calon pembeli gak bisa make?

    3.Brosur kurang informatif, dah tau banyak yg belum familiar sama merk SYM brosur isinya cuma gambar doang tanpa spek teknis?

    4.Showroom mbok jangan jadi satu sama jualan truck, wong mau jualan motor ke kelas menengah atas ya bikinlah showroom yg menggoda selera. Kalo ke showroomnya unit show aja gak ada gimana pembeli mau diyakinkan?

    5.Lebih sering komunikasi sama komunitas pecinta skuter, banyak2 info apa aja keuntungan beli produk SYM. Disini masih banyak yg belum bisa bedain kualitas skuter Taiwan sama skuter PRC.

  13. […] baca artikel bro Saranto di sini, jadi ingat waktu pertama kali Bajaj mengaspal di Indonesia, waktu itu siapa juga yang mau […]

  14. kapok coy bli produk yg g jelas niat jualan pabrikannya,pertama wkt gw bli kymco,mtr yg ok bgt,fiturnya,iritnya dlll tp ilang 3S nya kemudian hr…kedua bli pulsar220,mtr yg nyaman,powerful,keren,irite poll…ehhh sppart susyah,mekanik2nya g becus krj n dgr2 bajaj jg mo kabur dr indon…hadeeeuuh masa gw hrs blik lg jd fb honda???

    • Sama bro, sy make p180 dr 2007-2011, akhirnya beli nmp dan vario125. Kapok ma nih bajaj.
      Eniwei…..kl sy perhatiin, bajaj cm kuat di india, selain itu tdk. Sdgkan joymax dan joyride ini pny nama besar di asia tenggara spt singapore dan malaysia. Yg sy bingung entah knp di indo kesannya ngga sbrp serius.
      Pemasaran dipegang sun motor.
      Ini di sby mau buka dealernya, sementara gabung karoseri box alumunium :p.

      Jujur sy pingin spt om arantan pny duke n pcx, kl sy cita2nya ninja250 + joymax atau ninja 650 + joyride. Pcx ngga terpikir karna size kecil dan emang bukan harian (dah ada vario125 yg mantab banget buat harian)

  15. […] sebelumnya di sini adalah tentang problem di Sym, sekarang kita juga harus tahu tentang kekuatannya Sym. Yang kuat ya […]

  16. Makasih atas infonya , Aerith


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: