Oleh: arantan | Maret 10, 2013

Main game Cash of Clans, real time strategy untuk iPad dan iPhone

arantan_cashofclans_16

Game cash of clans ini sedang saya mainkan bersama dengan anak sejak kira-kira sebulanan, kami sekarang di level 40. Level 40 ya sedang saja, level paling atas yang pernah saya ketemu di level 102. Konsep gamenya mirip dengan real time strategy model starcraft, warcraft, age of empire, dimana harus mengumpulkan resource dan mengupgrade gold mine dan elixir yang dipergunakan untuk membangun kota menjadi lebih kuat, lebih canggih.

Mari membangun!

arantan_cashofclans_17

Membangun butuh resource, terutamanya adalah resource gold. Untuk gold bisa dicari cukup cepat dan mudah, tapi soal waktu membangun tidak bisa di percepat, di level 40 kebanyakan resource yang di upgrade memerlukan waktu membangun yang sungguh lama. Itungannya bukan lagi jam tapi hari. Seperti mengupgrade town hall, dari level 6 ke level 7 butuh waktu sampai 6 hari!

Waktu membangun bisa dipercepat, bukan cheat tapi … tapi pakai gem yang diberikan dalam jumlah sangat terbatas. Oh ya, game ini dimainkan dengan gratis, tapi ada in game purchase….

arantan_cashofclans_04 arantan_cashofclans_05

In game purchase untuk beli koin dan gems. Gem hijau itu memang bisa di dapat dari pencapaian di game tapi lammmaaaa. Sayapun pernah keluar Rp 95.000 untuk beli 1.200 gems. Gem itu saya gunakan untuk beli 2 builder tambahan. Banyak builder artinya bisa digunakan untuk membangun dan mengupgrade building/defence secara paralel. Setelah ini saya tidak membeli apapun lagi, cukup!

Menyerang dan diserang

arantan_cashofclans_08

Berlebihan troops untuk menyerang cuman untuk puas dilihat tapi sebetulnya tidak efektif arantan_cashofclans_18

Troops yang paling tinggi nilainya yang saya punya saat ini. Giant level 3 dan healer. Untuk train healer level 1 butuh 7.000 elixir, sementara archer 120, goblin 60, giant 1.500. Apakah worth untuk train healer?

arantan_cashofclans_13

Penyerangan yang lumayan sukses, hasilnya dapat 90.000 + gold, 50.000 + elixir, lumayan!

arantan_cashofclans_06

3 kali diserang pemain lain defence saya menang, dapat +66, tapi terlalu tinggi awards juga tidak baik. Kadang harus dikurangi dengan sengaja.

Paralel dengan mengupgarde resource kita juga bisa harus menyerang pemain lain untuk mengambil resource supaya pembangunan lebih cepat. Tapi pada saat yang sama kita pun sering di serang pemain lain dan resource kita pun turut dirampok. Untuk bertahan ya harus membangun pertahanan diri yang lebih kuat dengan mengupgrade pagar yang lebih kuat, membangun meriam, archer, mortar yang lebih kuat, upgrade terus.

Untuk menyerang, harus meningkatkan varias troops dengan mengupgrade barrack, ada barbarian, archer, goblin, giant, wall breaker, wizard, healer, dragon, pekka. Untuk mengupgrade masing-masing troops dilakukan di laboratory. Umumnya makin kuat pasukan, makin mahal dan makin lama untuk di train, untuk menang saja dan mengambil resource sih mudah. Tapi apakah worth dengan resource baik waktu dan elixir yang dikeluarkan untuk membangun troopsnya?

Bisa jadi lebih baik melawan musuh yang ringan, dengan resource yang kecil daripada mengambil lawan berat tapi resourcenya juga harus keluar banyak…

Tips membangun

arantan_cashofclans_01

Kesalahan membangun, saya pikir dengan membangun diujung maka saya hanya tinggal membangun pagar di 2 sisi. Tapi ternyata musuh bisa menyerang dari pinggir. Juga dalam membangun jangan kasih space kosong di dalam area pagar, musuh bisa deploy langsung di dalam tanpa harus membobol pagar.

Selalu letakan resource yang paling kita lindungi paling dalam, seperti town center dan mortar. Mortar punya daya rusak tinggi dengan area splash, tapi punya keterbatasan tidak bisa mnyerang jarak dekat.

Untuk menyerang harus tahu dulu apa yang mau kita cari, apakah gold/elixir? Award tidak penting yang penting resource untuk bisa digunakan membangun lebih kuat. Dalam menyerang dan memilih lawan yang saya lihat pertama bagaimana calon lawan membangun dan meletakan resourcenya. Kalau sudah di pagar kotak-kotak semuanya biasanya saya urung, setelah yakin bisa menang, lihat lagi resource yang kira-kira bisa diambil. Kalau resourcenya sedikit ya buat apa? bisa-bisa menyerang tapi malah rugi tekor…


Responses

  1. mantap

  2. ini free apa bayar om ?

  3. nggak ngerti wkwkwk

  4. Kalau travian … Politik nya lebih heboh…
    Bisa main group…

  5. kadang-kadang starategi dalam RTS bisa dipakai dalam marketing dan usaha heheheh.. bagaimana mulai dari awal, bagaimana membangun basic resource, bagaimana ekspansi, hehehehe. malah kepikiran artikel ini berkaitan dengan artikel KTM dan SYM (eh.. dua2nya berakhiran M ya…)

    kalau ane mainnya Command and Conquer series om, dan buat pagar berlapis, konsekuensinya.. area homebas terus mekar dan mekar…

  6. kekx mantep nih…

  7. mending town centre taruh diluar sedangkan gudang elixir dan uang di center dalam tembok beserta mortar dan peralatan defensif lainnya…intinya biar kalah cepet mending town centrenya di depan… tapi resource kita aman, dan kita dapat shield. paling nyesek kalo resource kita habis di jarah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: