Oleh: arantan | Maret 5, 2013

2013 mungkin yang dibutuhkan adalah motor sangat sederhana

Per Desember 2012 industri motor mengalami penurunan mencapai 12.2 persen menurut sumber otomotif. Ke khawatiran para ATPM tentu kalau di tahun 2013 ini akan terus mengalami penurunan. Karena penurunan penjualan ini konon karena kebijakan uang pangkal minimum yang mulai diberlakukan 2012 dan mulai 1 Januari 2013 ini diperluas ke fasilitas kredit kendaraan bermotor syariah.

So …

Yap, bagi pabrikan mending fokus ke menengah ke atas. Konon memang saat ini pertumbuhan golongan ekonomi menengah Indonesia sedang tinggi. Golongan ini juga tidak terlalu efek soal DP minimum. Karena itu lebih baik bikin motor untuk golongan ekonomi menengah saja.

Betul?

Gimana golongan ekonomi dibawahnya? Konon di kendaraan umumkan saja, indahnya dunia …

Tapi … jika … andai … kebutuhan transportasi bagi golongan ekonomi prasejahtera terus ada dan bukannya nggak punya duit, tapi soal cara pembayarannya saja yang kurang sesuai. So? Bagimana cara pabrikan mensiasatinya? Challengenya adalah bagaimana membuat motor menjadi kembali affordable. Harus ada yang berani melakukan terbosan, menghadirkan motor dengan paket ekonomis yang terjangkau. Specs dan teknologi tidak usah canggih, yang penting kuat, tahan lama dan murah!  Harga jual jangan lebih dari 10 jutaan, kalau bisa di harga sekitar 7jutaan an, sehingga kalaupun 20% DP, bisa di 1.4 juta.

So, siapa yang mulai main disini?

Suzuki, Yamaha?

Gimana kalau jalanan tambah macet? *pastinya …
Apakah motor ini sebaiknya hanya dijual di luar Jakarta saja? Hmmm…


Responses

  1. hongda sudah mulai dengan verza, yg lain akan menyusul

    • setuju, pabrikan lain ikutan buat motor pahe.kalau perlu mesin verza pakai body supra helm in biar lebih fungdional

  2. keknya aturan DP baru dilapangan blm bnyk terbukti tuh.

  3. Imho pabrikan sebaiknya buat mesin berkubikasi kecil di bawah 100 cc yang hemat bbm dan fungsional, sekarang trendnya motor semakin kencang padahal lalu lintas semakin padat, kecepatan rata-rata kendaraan semakin rendah karena lebih banyak macet daripada lancarnya, jadi untuk motor harian akan lebih baik berkubikasi rendah.

  4. Kalau dari data yang saya dapat penjualan motor turun bukan karena DP naik tapi justru karena banyak beralih ke mobil entry level ….

  5. mslhny jg bkn motornya jg, tp jalanan udah mkin macet ditmbh perilaku berkendara yg mkin tak terkendali..

  6. Hanya juara sejati yg akan lahir dari kompetisi yg sehat
    Juara sejati sudah pasti pilihan sejati para konsumen

    Rule 1: The customer is always right. Rule 2: If the customer is ever wrong, re-read Rule 1.

    Stew Leonard quotes

    follow @motogpdistro
    pilihan konsumen sejati


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: