Oleh: arantan | Februari 24, 2013

Lebih baik Vespa Weekender atau Piaggio Weekender?

Sesuai tema, dekorasi acara, ya Vespa saja, PX, LX, GTS

Ini mungkin jadi dilemanya Piaggio Indonesia waktu merencanakan acara yang akhirnya dinamakan Vespa Weekender. Kalau namanya Piaggio Weekender, teman-teman yang ber Piaggio dan non Vespa tentu bisa masuk. Kalau nama acaranya Vespa, yang sebetulnya adalah sub-brandnya Piaggio, beberapa komunitas jadi mikir-mikir untuk ngikut walau diundang juga.

Soal nama ini yang jadi dasar pertimbangan waktu pembentukan nama dan logo POC alias Piaggio Owners Community, saya yang jadi pembuat logonya pun tidak memunculkan siluet atau gambar motor apapun di logo komunitas. Karena kalau hanya memasukkan Piaggio, nanti Vespanya terpinggirkan, sebaliknya kalau hanya skutik Piaggio yang dimasukkan, nanti Vespanya tidak bisa masuk.

Dari komunitas lain pun juga begitu ada komunitas yang mengandung nama Piaggio, PCI, Piaggio Club Indonesia, komunitas yang umurnya sudah lama dari jamannya masih Itali. Ada POC Piaggio Owners Club. Tapi ada juga yag pakai nama “Vespa”, seperti Modern Vespa karena memang khusus Vespa. Kalau komunitas tentu no problem, karena pengelompokan berdasarkan common base interest.

Tapi kalau dari brand? Apakah PT Piaggio Indonesia hanya berjualan Vespa saja? Gimana dengan pembeli Piaggio? seperti Piaggio Liberty dan Zip? (*Yourban nggak usah dihitung :)) Mereka ya sengaja atau tidak ya terpinggirkan lah. Kecuali memang arahan si PT Piaggio Indonesia kedepan memang khusus di Vespa, Piaggionya mau dimatikan, atau akan ada acara Piaggio Weekender?¬†Anyway namanya pun ya PT Piaggio Indonesia kok? Bukan PT Vespa Indonesia… hmmm.

Oh ya, pertimbangan lain yang juga penting tentu yaitu dari segi marketing, yang pakai Vespa LX lebih banyak dari pada Zip atau Liberty. Juga soal heritage, orang lebih mengenal Pespa! Vespa sebagai sub brand tapi lebih lama muncul dan populer di Indonesia. Jadi kalau Anda jalan pakai motor Piaggio katakanlah MP3 atau X evo, tukang isi bensin atau tukang minuman di jalan akan ngomong… oooh Pespa toookh? Kirain Honda baru. Karena logo segi enamnya Piaggio juga ada di Vespa.

Ya kenyataannya sih waktu acara nyantai-nyantai saja dan berjalan lancar, teman-teman yang ber Piaggio pun juga bisa masuk barisan, city riding sama-sama. Juga acara di fairgroundnya pun duduk menyatu saja.


Responses

  1. Pake nama skuter aja om semua masuk…..:-)

  2. Vespa Piaggio Weekender (VPW) masuk semua wkwkwkw
    http://belitong.wordpress.com/2013/02/24/apalagi-yahh-fitur-matik-honda-setelah-iss/

  3. piaggio vespa lebih masuk akal
    brand “vespa” sudah sangat familiar

    tp vespa “rat style” bole ikutan gak?
    wkwkwkwkwk
    tar satu sisi ditempatin artis dan orang berkelas disatu sisi dihuni orang2 gak jelas

  4. maklum yg pernah diproduksi massal di indonesia adalah vespa sebagai sub brand dari piaggio

    jadi kalo pengen pake brand yg sudah melegenda, ya dilabeli vespa. meskipun tidak semua peserta acara ‘vespa’ ini punya bokong bahenol


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: