Oleh: arantan | Februari 24, 2013

Himbauan: Tolong jangan gunakan logo helm OBI

 

 

arantan_IMG_6764

What’s in a name?

It is nothing – it is everything …

Logo salah satu turunan dari brand. Misalnya kalau kita lihat logo OBI dipasang di sebuah blog, apalagi blogger tersebut menyatakan diri sebagai bagaian dari OBI maka persepsi kita terhadap blogger tersebut telah terbentuk. OBI, sengaja atau tidak punya image dan persepsi dengan menjaga membernya untuk tetap bertindak dalam perimeter tertentu. Yang umum dikenal public atas OBI semoga adalah kumpulan blogger yang kritis, nakal, peduli soal keselamatan berkendara dan cenderung tidak berpihak pada industri atau brand tertentu. Menurut saya ini bukan pujian bukan pula hujatan, as is saja.

Logo OBI muncul dari saya dan Igfar dan berkat juga kontribusi input dan vote dari seluruh member OBI pada waktu itu. Peran saya dalam pembuatan logo tersebut sebatas sedikit esekusi visual dan input terhadap comic helm. Bro Igfar menyelesaikan pembuatan logo tersebut sampai akhir, sehingga saya rasa bro Igfar yang berkontribusi paling banyak soal pembuatan logo OBI.

Apa artinya gambar helm tersebut? Comic tersebut untuk memberi penekanan fokus OBI yaitu roda dua dan tentu harus pakai helm. Mata dengan memicing dan senyum menggambarkan soal integritas dan keramahan OBI dalam bertindak. Pakai helm full face berarti peduli soal keselamatan, tapi juga berani nakal dalam arti baik ya.

Jadi kalau sampai logo atau potongan logo OBI ini digunakan dalam logo lain, maka persepsi publik terhadap logo tersebut bisa terkoreksi. OBI bisa di anggap punya afiliasi terhadap komunitas lain. Atau paling tidak OBI merestui keberadaan komunitas tersebut. Untuk ini saya nyatakan saja tidak, OBI asli cuman satu dan sampai saat ini tidak buka cabang. Masalahnya logo komunitas yang memasang logo tersebut tidak punya perimeter senada dengan perilaku OBI, juga bisa-bisa dikira publik OBI yang mengcopy logo komunitas lain? *pedih*

Kenapa sih harus menggunakan logo tersebut? Sebegitu bagusnya kah buatan Igfar dan saya? Ide umum boleh lah di ambil, helm dengan muka nakal, tapi ada kemungkinan tak terbatas dari aplikasi penggunaan ide dasar tersebut kan?

Walaupun saya sudah tidak lagi di OBI, tapi ini *pedih* sekali. Suatu malam di tempat yang lebih baik tidak saya sebutkan saya menemukan teman-teman dari komunitas roda dua sedang gathering. Ada berbagai komunitas disana, nama komunitasnya saya rasa tidak perlu saya sebutkan.  Dan … saya pun melihat logo OBI dipakai untuk dimasukkan dalam logo baru.

Saya karena sudah tidak di OBI, tidak merasa patut untuk menanyakan soal keberadaan logo tersebut, kondisi pun tidak kondusif untuk berdiskusi karena melibatkan hiburan malam dengan minuman keras dan hari pun ketika itu sudah lewat jam 1 malam. Saya ada di tempat tersebut bukan sebagai bagian dari komunitas roda dua yang ikut gathering.

arantan-IMG_6758

arantan-IMG_6736


Responses

  1. Siapa kang yang jiplak?

  2. pondium baru baca

  3. Kok gambarnya nyambung gan?

  4. capa cih yang pake?

  5. masalahnya ini INDONESIA, ya beginilah,,,,,, di daerah saya juga ada yg ngejiplak nama komunitas dari luar (komunitas mobil),,,,,

  6. Setelah sebelumnya dipake ama pihak leasing FIF, sekarang dipake ama ini? Harus segera diklarifikasi itu….

    • kirain OBI yg nyontek FIF, ternyata….

      • Makanya harus segera diklarifikasi

  7. http://kentadis.wordpress.com/2012/12/17/logo-obi-atau/

  8. Komunitas roda dua — acara midnight show sembari minum-minuman keras … ? sesat kie

  9. asal gogling, trus copy..
    tu acara apaan yah

    • Banyak pertanyaan, lebih baik saya nanti ngobrol langsung dengan teman-teman di OBI saja.
      Mereka yang lebih cocok untuk follow up karena logo ini milik mereka.

  10. waduh kalau di state ini bisa kamu tuntut pihak yg menyalah gunakan logo tsb.
    bisa dapat settlement jutaan dolar, kaya mendadak.
    entah kalau disini ? bisa2 malah kena pencemaran nama baik. hukum kita memang unik🙂

  11. di daftarkan ke HAKI enggak ? harusnya setiap logo di daftarkan! meski prosesnya 2 tahun tapi tetep harus dilakukan.

    • bener tar, ntar dilihat lagi siapa yang mendaftarkan pertama kali siapa… itu juga kalo sampe ada sengketa ya… arbitrase yang bertugas menelaah semuanya…

      • trus elu lagi pasang iklan terselubung neh:mrgreen: … mumpung kompetitor lagi di luar negri wkwkwkwkwkwk

  12. waahhh… maen ambil aja…

  13. bisa di tuntut tuh!

  14. Wajah Kaka Slank malah pernah di caplok
    di tempel sebagai logo sebuah minuman keras
    buatan lokal di sulawesi sana.
    http://yudhadepp.blogspot.com/2013/02/efek-alay-buat-satria-f-bersedih.html?m=0

  15. Ga kreatip banget jiplak mentah2
    Trus teman-teman OBI gmn mas tanggepannya?

    http://www.dk8000.co.nr


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: