Oleh: arantan | Februari 4, 2013

Maxi Scooter untuk touring enak kah?


Saya klasifikasi dulu apa itu maxi scooter. Kalau kita lihat dari Wikipedia di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/Scooter_(motorcycle)

Maka yang termasuk dalam kategori maxi scooter adalah:

A maxi-scooter or touring scooter is a large scooter, with engines ranging in size from 250 to 850 cc (15 to 52 cu in), and using larger frames than normal scooters.

Berdasarkan kategori tersebut, scooter yang masuk kategori ini ya Piaggio X-evo, Piaggio MP3, Kymco Grand Dink, Aprilia dan lain-lain. Sebagai contoh, Honda PCX dan Liberty, ya belum termasuk maxi scooter karena CCnya belum masuk, framenya pun masih termasuk kecil. Vespa GTV ya walau CC sudah 250 tapi body masih belum besar, ya belum masuk maxi scooter juga.

Maxi Scooter aslinya dibuat untuk berkendara jarak jauh, di design supaya enak dipakai berboncengan dengan jok lebar. Konsekuensinya scooter jenis ini termasuk berat, seberat hampir atau lebih dari 200 kg. Konsekuensi lainnya, dengan frame yang lebar dengan jok tinggi perlu sedikit lebih ngangkang dan berjinjit untuk menapak, entah tanahnya yang kejauhan atau ridernya yang kurang tinggi. Namanya saja sudah “maxi”, ya semuanya besar, lebarnya dan panjangnya, beratnya.

Kalau untuk touring saya bisa bilang “enak”, dengan prasyarat: jalanan harus mulus dan tanpa macet. Shocknya tetap dasarnya shocknya matic yang lembut dan halus, ketika dibawa dijalan berlubang apalagi kalau sampai lubang parah, maka body terasa mati. Jeger-jeger-jeger… Ya memang gitu. Kalau ketika di bawa macet, mantab man… bodynya gambot, mau nyelip juga syulit, apalagi kalau ditambah tinggi ridernya sedang saja sehingga sulit menapak, apalagi ingat juga … beratnya ampun-ampunan.

OK, bicara Indonesia aja…

Kapan bisa touring di jalan full mulus? Kalau ke Puncak masih OK mulusnya, tapi kalau weekend gimana? Pergi sih masih bisa sepagi mungkin, tapi ketika turun pulang? Paling secepatnya pulang jam 11-12 an. Puncak sudah macet. Nyosss… dah. Ketika pulang bersama motor-motor lain, pasti ketinggalan kalau pakai maxi scooter. Kalau lubang pun kita mesti milih-milih, motor-motor yang memang di destined untuk touring ya asik aja sementara maxi scooternya keteteran. Baru kalau jalan mulus, lenggang… si maxi scooter bisa happy banget.

Konsep maxi scooter memang OK, dalam arti jok dibuat senyaman mungkin, lebar ada sandaran dengan posisi jok agak kebelakang. Kaki juga bisa selonjoran, kalau Jakarta – Puncak – Bogor – Bandung sampai Pantura masih happy lah. Tapi kalau sudah ketemu lubang-lubang dan pasar tumpah … ya terus terang aja menderita juga…

Ada kendaraan roda dua yang memang lebih pas untuk jarak jauh di Indonesia yang macetttt, lobang dan keriting dimana-mana….


Responses

  1. Skywave termasuk maxi:mrgreen:

    • Skywave kecil koook🙂

  2. SYM Joymax termasuk dong om🙂

  3. Body nya lebar2 gitu, pasti gak enak utk bermacet-macetan..

    • kan yg dibahas disini buat turing mas🙂
      lagian siapa bilang maxi scooter gak bisa buat macet2an, yg jelas sih susah selap selip :p

  4. Klo jalnya mulus sih oke…,klo bnyk lubang sih gak enak juga…pke ban diameter kecil

    • masih lebih enak pake ban 12″ lebar 120 drpd ban 17″ lebar 70 mas🙂

  5. Mungkin lain ceritanya kalo dipake di luar Jakarta. Kan Indonesia luas Om, di Sumatera masih banyak kok jalan2 lempeng yang asyik buat turing.

    • Iya, mungkin juga, kalau seperti di Bali luar-luarnya cocok.

  6. Mau ke puncak nggak bisa lewat tol, mesti lewat jalan bogor yang macet dimana-mana😦

    Pas hujan kehujanan, pas nggak hujan kena debu, celana cepet lepek… hadoh….
    Untuk cari nyaman, lebih enak pakai mobil, yang murah spt ertiga juga udah OK🙂

    • Kalau saya antara mobil atau motor kalau ke Puncak, masih mending naik motor. Naik mobil kena buka-tutup… menderitaaaa.

  7. Pembahasan yg menarik…..
    Bisa tolong dibahas medium scooter yg ada spt pcx dan joyride….thx om

  8. motor mantabbb
    http://belitong.wordpress.com/2013/02/04/opini-mio-gt-penjegal-beat-fi-cbs/

  9. Heheheh,pengalaman pakai maxi scooter.

  10. semua motor juga enak kalo jalan sepi + mulus haha

  11. indo mah supermoto dan dirt bike lah~~ klo mau agak ‘fancy’ dikit ke streetfighter. superbike atau maxi scooter kayaknya bukan tempat yg cocok (buat saya terutama)

  12. kemaren liat MP3, keren juga aslinya, jadi pengen nyobain naik motor roda 3 ini

  13. pernah pakai X-evo asik dan enjoy, di bawa ke ibukota juga enak2 aja, tapi klo dah macet ya diem aja di blakang mobil xixixi

  14. mantap

  15. Ya beli maxi scooternya tunggu kalau ke puncak atau bandung sudah boleh lewat tol….:-)

  16. Motor yg di foto kedua itu yg apa??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: