Oleh: arantan | Januari 10, 2013

For discussion: Siapa yang mau dimakan AHM berikutnya?

Secara nyata market share AHM makin lama makin besar.

Someday setelah pr dengan Yamaha selesai dan kalau menurut saya sih kemungkinan perang dengan Yamaha akan sebentar lagi usai … Sungguh maaf Yamaha, tapi saya lihat memang dukungan dan semangat principal Yamaha memang sudah berkurang. Di 2013 ini posisi Yamaha cuman sekedar bertahan menahan margin dengan menekan cost bukan mau expand besar lagi. Kalau trendnya seperti ini memang dari Yamaha sendiri pun memang menerima untuk semakin mengecil. Sementara AHM masih punya sangat banyak peluru, air blade, MSX, 150 kecil, masih ada kesempatankah untuk Yamaha?

Setelah selesai dengan Yamaha siapa berikutnya? Brand yang bermain di pasar-pasar sempit kemungkinan bakal kena hajar juga… Kawasaki, Bajaj, Piaggio … just a matter of time.

Dulu pun Yamaha membuka pasar dengan matic Honda belum main, juga dengan motor larisnya 150 Honda belum ikutan. Tapi setelah Yamaha menanam benih dan pasar tumbuh, datanglah si AHM… Yamaha pun tidak mampu membendung, selesai sudah.

Mereka tinggal riset kok, bikin motor 250cc yang setanding dengan Ninja 250 FI, harga jual tinggal mereka press untuk mematikan Kawasaki. Kan sudah untung banyak dari penjualan bebek dan skutik.


Responses

  1. HARUSNYA si 250cc dan moge ya..

  2. next motor listrik sama sepeda

  3. belum komplit kalo belum bikin trail/supermoto…

  4. siapapun ATPM nya HO NDAk masalah.. jualan tetep jalan😉

  5. Monopoly ala AHaeM😀

    • mas kyaknya mesti sekolah lagi deh…
      msa gak tahu artinya monopoli sih ….? kebangeten
      monopoli itu artinya berjualan tidak ada saingan hanya ada satu penyedia aja, la wong jualan motor gak sendirian alias banyak merek kok dibilang monopoli????

      • Masa sih monopoly mesti nggak ada saingan? Kalau gitu permainan monopoli anak-anak mestinya dimainin sendirian dong?

      • KBBI: mo·no·po·li n 1 situasi yg pengadaan barang dagangannya tertentu (di pasar lokal atau nasional) sekurang-kurangnya sepertiganya dikuasai oleh satu orang atau satu kelompok, sehingga harganya dapat dikendalikan:

        Jadi mosok nggak ada saingan, ya ada lah, tapi si pemonopoli menguasi sepertiga pasar. Jadi yang dilakukan ngahaem itu namanya praktek monopoli.

      • masih oligopoli,belum monopoli..honda ngontrol harga jenis produk yang sama?nope..ngontrol jenis produk d pasaran?nope..de el el

        contoh monopoli paling jelas, telkom..produk ama tarif fixed line telephone ya telkom yang atur bro(setidaknya sampai saat ini)..

        kalo permainan monopoli ya tujuannya ultimatenya ya buat jadi penguasa tunggal (monopoli),pesaingnya bangkrut..bukan berarti mainnya sendirian..

        kalo pada akhirnya yamaha,suzuki,kawasaki dll bangkrut, last man standingnya honda..baru monopoli..

        CMIIW🙂

  6. pabrikan besar yg jadi pengikut
    copy polesh jual

  7. yang pastinya halal buat dimakan:-P

  8. AHM membabi buta

    http://ramboeistblast.wordpress.com/2011/04/20/serangan-membabi-buta-posisi-tersudut/ (saat itu)

    tapi kini serangan membabi butanya untuk menguasai market, meng-hondakan dunia (bukan indonesia lagi)

  9. Di 2013 ini posisi Yamaha cuman sekedar bertahan menahan margin dengan menekan cost bukan mau expand besar lagi. Kalau trendnya seperti ini memang dari Yamaha sendiri pun memang menerima untuk semakin mengecil.

    Betul mas, sepertinya emang begitu. Kalo saya perhatiin sih, kayanya Yamaha juga belajar banyak dari sejarah kasus Suzuki vs Honda dulu (di Indonesia). Dulu Suzuki berani nantang head to head sama Honda. Semua produk Honda, pasti dibikin tandingannya. Hasilnya? Konyol. Suzuki malah jadi KO dan loyo…..bahkan sampe sekarang. Mungkin Yamaha ngga mau bernasib kaya Suzuki. So, kemungkinan dalam waktu dekat ini Yamaha ngga bakal ngeluarin produk yg bener2 baru. Paling2 cuma me-refresh atau meng-upgrade varian yg udah ada sebelumnya aja. Saya pikir, untuk sekarang ini mungkin ini memang langkah terbaik yg harus diambil Yamaha, kalo mau survive….

    Tapi teuteup, blogger2 R2 harus terus ngomporin dan manas2in Yamaha. Sindir terus sampe kuping mereka panas. Siapa tau Yamaha nya mau berubah pikiran:mrgreen:

    Oh iya, jangan pernah menyarankan Suzuki & Yamaha untuk mengikuti jejaknya Kawasaki. Karena kondisi mereka dari sejak dahulu kala udah beda. Kawasaki dari jaman dulu memang selalu bermain eksklusif. Cuma sekitar pertengahan tahun 90-an mereka sempet bikin blunder dengan ikut2an masuk pasar bebek. Jadi kalo pun Kawasaki sekarang masih produksi bebek, itu gara2 udah terlanjur kecemplung basah buat sekedar nerusin kebijakan blunder mereka tahun 90-an dulu. Toh….dari jaman dulu juga Kawasaki ngga pernah jadi besar di Indonesia. Posisinya dari dulu ya gitu2 aja, beda sama Yamaha dan Suzuki…..

  10. Kebesaran nama sebuah brand Honda dan raksasa bisnis Astra…kombinasi yg masih sulit ditekuk…kalo yg lain jadi serba salah mau murah atau mahal seperti buah simalakama…

  11. makan makanan yang halal wkwk
    http://trexton.wordpress.com/

  12. astra dilawan,di roda 4 ada toyota dan daihatsu,bisnis perkebunan ada.jd susah nandingin deh.rugi di motor di mobil dpt nutup,

  13. kalau dah kuazai.70%.pasar.paling direm.tu model.model terbarunya.

  14. Kawasaki mungkin next targetnya.. Co handa masih dendam atas kekalahan cbr 250nya.. Dari ninja 250 multy silindrnya.. Sapa jg mau masukin n rame2 beli motor 250 cc 1 silinder,toh skr sudah ada bukti klo 2 silinder 250 cc( moge look) biarpun si 1 silinder dr merek besar di tanah air,nyatanya.. Fakta berbicara laen.. Konsumen skr udah cerdas,dengan duit yg hampir dapat mobil seken sekelas honda civic genio,konsumen berani mempertaruhkan asetnya.. Bawasanya skr era motor besar 250cc (lokalan) udah harus multy silinder,klo masih 1 silinder yah.. Sama aja bo’ong.. Dari jauh tar suaranya di sangka tiger di modif fairing.. plus pake knalpot freelow.. Hahhahahaaa.. Itu opini saya.. Bagaimana dengan anda..

    • butul bgt bro..,kl ada ninin 250 mau nyalib dah dnger dr knalpotny,brum…brum…
      beda kl cibi 250,ah paling2 tiger,,,,,wkwk

    • Cuma disini CBR 250 kalah penjuaalan. Bukan kalah strategi or kualitas motornya kurang, tp di isini CBR emang ga ditempatin buat nyaingin ninja. CBR cma buat flagship, menang sukur kalah ga ngaruh!

  15. kapok beli honda

  16. ambisi honda


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: