Oleh: arantan | Desember 31, 2012

Tadinya di tahun 2013 ABS diharuskan untuk semua motor baru di Eropa

ktm_duke_200_abs_2013

KTM Duke 200 ABS meluncur di EICMA 2012. Walaupun cc nya 200 ya ikut ber ABS juga. Ninja – CBR juga sudah ada versi ABS.

Visor Down di tahun 2010 pernah posting soal aturan penggunaan sistem ABS sebagai mandatory untuk semua motor di atas 125 cc yang akan dijual di tahun 2013. Saat itu aturan tersebut gagal dibuat berlaku tahun 2013, tapi baru 2016…

Artinya? Kita di Indonesia pun masih bisa mendapatkan motor yang murah tapi agak lebih berbahaya. Mau murah kok selamet.

Setidaknya saat ini motor-motor disana sudah ada juga yang keluarnya hanya tipe ABS saja, seperti BMW:

BMW‘s Motorrad division has made a number of changes to its 2013 model-year range, most of it having to do with paint colors. The preeminent development is that all of its bikes, worldwide, will come with ABS standard.

The move comes three years ahead the European Union’s 2016 requirement that all motorcycles sold there come with ABS, and is an evolution of BMW Motorrad’s Safety 360 initiative.

Untuk Indonesia sendiri edukasi soal pemakaian ABS demi keselamatan juga belum gencar, yang kita tahu injeksi: katanya lebih cepat – lebih irit. Padahal kalau kita lihat video-video soal edukasi pengereman ABS di bule-bule ini sangat informatif dan penuh demo.

Di atas 125 cc nantinya diharuskan menggunakan ABS, kemudian di bawah itu diharuskan menggunakan combi brake atau ABS.

Approved by a vote of 643 in favor and 16 against with 18 abstentions, the new rules would make ABS required for new street bikes produced in 2016 and beyond with engine displacements larger than 125cc. Smaller motorcycles will be required to have either ABS or a combined braking system. The European Parliament will revisit the issue pending a report on cost-effectiveness for ABS on smaller vehicles, expected for completion by 2019.

So yang akan terjadi adalah dalam tempo dekat pun di Indonesia pun akan mulai kebanjiran motor-motor berABS atau bebek ber combine brake sebagai persiapan.

Sosialisasi dan demo ke Media dan Blogger yang dilakukan oleh Bosch di Eropa


Responses

  1. Oi..oi…Pertamaxxx

  2. Kalo menurut saya sih ABS,Combi brake,C-ABS dll mulai penting dan harusnya untuk motor2 sekarang yang ber kapasitas di atas 125cc atau minimal 200cc harus sudah pake semua,karena motor2 sekarang dengan kapasitas mesin tersebut rata2 HP nya udah di atas belasan dan puluhan, makanya kalo rem mendadak dijamin udah dijamin ngunci rem nya.
    tapi walopun ABS penting bisa dijamin ada pros dan cons, yang pros bilang memang ABS butuh karena kita tidak akan pernah tau medan seperti apa yang kita hadapi di jalan, sedangkan yang cons biasanya bilang kita ga butuh ABS karena sudah pro dalam membawa motor dan tau teknik rem seperti ABS (Rem lepas,rem lepas), padahal sih biasanya kalo udah kejadian teknik sehebat apapun juga bisanya tiba2 lupa😀 jadi kalo saya pribadi lebih mendukung pake ABS, yah walaupun harus ditebus dengan harga yang lebih mahal tapi ga masalah lah toh nyawa saya lebih berharga😀

  3. sblm ABS diterapkan k smua produk roda2, skill dan kesadaran pengendar jg perlu di matangkan dlu, memalalui pengetatan ujian SIM.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: