Oleh: arantan | Desember 30, 2012

Tahun lesu, tapi ATPM sendiri pun selama 2012 tidak mengeluarkan produk kuat

IMG_4978

Nilai rapor penjualan ATPM secara umum menurun di 2012, banyak yang mengkambing hitamkan soal minimun DP yang dinaikkan tapi melihat kebelakang, selama 2012 ini pun ATPM juga main aman. Di principalnya keadaan lagi krisis sehingga di negara pasar seperti Indonesia, diperas dengan cara mau perbesar margin. TIdak ada produk yang betul-betul “WOW!”. Ya ini pendapat saya aja lho.

Peningkatan efisiensi memang bagus secara operasional perusahaan, penjualan turun berarti pengeluaran juga harus diturunkan, tapi kenyataannya lihat saja, apa bisa pengeluaran diturunkan kemudian mengharapkan hasil penjualannya bisa sama atau bahkan meningkat ya?

Ya ingat saja, menurunkan production cost memang bisa menjaga margin… tapi resikonya, pasar diambil kompetitor! Kalau sudah diambil untuk mendapatkannya lagi tentu sangat syulit. Malah bisa jadi costnya dan taruhannya lebih besar.

Lihat Honda dulu di 2012, konon rapor mereka masih mending dibanding yang lain.

PCX 150, dulunya sudah ada 125, jadi PCX kali ini walau ada peningkatan tapi sifatnya adalah upgrade dari PCX sebelumnya.

CB 150, produk bisa dibilang sepenuhnya baru, tapi sudah ada vixion, produk yang kurang lebih sama CB 150 so – so saja, setelah keluar tidak ada WOW efeknya.

Yamaha.

Coba diingat-ingat selama 2012 Yamaha keluar produk baru yang kuat apa?

Mio, jagoannya Yamaha keluar Februari 2012 lho?! Selain itu apa ya yang paling WOW nya dari Yamaha yang keluar di 2012?

Kawasaki keluar Ninja 250 FI lho!!! Bener-Bener-bener… Tapi tentu ya sebelumnya sudah ada Ninja 250R.

Coba tempatkan atau paling tidak lihat teman-teman kita yang sudah punya NInja atau Vixion lamanya, apakah mau upgrade? Sama juga dengan teman-teman yang sudah punya Vixion, apakah mau upgrade baik ke all new ataupun ke CB 150? Sepanjang penglihatan saya sih tidak. Pengguna Ninja lama, seperti Bodats, Benny sebatas mencoba motornya and thats it. Sama juga di Vixion, Eyang Edo maupun Nadi saya rasa juga tidak ada niat untuk mengganti tunggangannya, ya buat apa? valuenya apa?

Belum ada motor-motor yang betul-betul all new secara genre. Contoh, waktu PCX 125 dulu keluar, itu satu-satunya skutik premium pertama. Atau waktu Ninja 250R baru keluar di tahun 2008! Atau waktu group Piaggio pertama kali datang dengan slash price 50%!!! Itu baru gempar!!! Tapi selama tahun 2012… para ATPM pun memang cenderung datar saja. Tidak ada sesuatu yang bisa disebut breakthrough <- dari sisi konsumen ya…

Suzuki hampir sukses membawa genre baru dengan inazuma, tapi setelah lihat modelnya maaf saja menurut saya jauh dari menggairahkan.

Piaggio Group? LX – S – Zip – Liberty dan lain-lain tidak di update. Kalau menurut laporan the first 9 months group Piaggio worldwide mereka down double digit di Indonesia, ya nggak heran ya? Produk-produk Italynya juga yourban 125 cc di 100 juta, New Px di … yah u know the rest lah….

Satu-satunya yang  saya anggap spektakular menurut saya adalah KTM Duke 200, motor yang benar-benar fresh dan baru, datang – blug! Sebetulnya kalau KTM punya langkah dan dukungan yang lebih baik, tidak menutup kemungkinan dia paling tidak bisa menandingi Bajaj. Perlebar varian, brand sudah kuat.

So, 2013? Apa yang bisa diharapkan nih? Apakah trendnya bakal melanjutkan saja, atau penuh dengan terobosan?


Responses

  1. mantabbb
    http://belitong.wordpress.com/2012/12/30/opini-kalau-kawasaki-berani-masuk-ke-kelas-150cc-4-tak-luar-biasa/

  2. sip…jgn beli kalo value nya cuma sedikit naik

  3. sebaiknya atmp bisa berani di 2013 ini, memang atpm terkesan main aman karena mereka tidak ingin penjualannya drop apalagi sampai gk laku, lebih baik memberikan model2 yang bakal laku dari pada membuat pasar baru tapi penjualan melorot.

  4. Lho
    Si vario 125 mana?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: