Oleh: arantan | Desember 10, 2012

Tachograph: Alat yang dipakai Eropa untuk mengatur driving dan rest time

800px-Tachograph

Gambar atas adalah tachograph analog jaman dulu sebelum 2006. Alatnya masih berupa piringan yang ditulis….

Rulesnya di EU begini …

These rules establish that:

  • Daily driving period shall not exceed 9 hours, with an exemption of twice a week when it can be extended to 10 hours.

  • Total weekly driving time may not exceed 56 hours and the total fortnightly driving time may not exceed 90 hours.

  • Daily rest period shall be at least 11 hours, with an exception of going down to 9 hours maximum three times a week. Daily rest can be split into 3 hours rest followed by 9 hour rest to make a total of 12 hours daily rest

Dan bla-bla-bla, nggak pentinglah, yang jelas aturan diatas berlaku untuk para supir komersial di European Union, mereka yang bekerja bawa truk, bis dan lain-lain, mereka ini jadi target karena jam kerja harian mereka yang tadinya tinggi.

Kali ini saya bukan mau bahas bagimana aturan selengkapnya, yang penting kita tahu kalau di  Eropa pun punya aturan yang berlaku di seluruh EU untuk mengatur waktu nyupir maksimum para supir-supir komersial. Tiap supir diatur maksimum hanya boleh 9 jam nyupir dalam sehari, total ada lagi hitungan detail, istirahat mesti gimana, mecah istirahatnya boleh seperti apa. Itungannya detail, rumit dan pelik …. kalo nyatet sendiri.
digitaltacho
Pakai card segala…
tachograph2
Untuk itu mereka punya pencatat waktu yang namanya tachograph, jaman dulu bentuknya analog sekarang digital. Alat tersebut harus dipasang di kendaraan-kendaraan alias mandatory. Sekilas tentang tachograph:

The tachograph is a device that records the driving time, breaks, rest periods as well as periods of other work undertaken by a driver. Council Regulation (EEC) 3821/85  on recording equipment in road transport provides the basis for the tachograph. This aimed at helping to enforce the rules on driving times and rest periods and monitor the driving times of professional drivers in order to prevent fatigue, and guarantee fair competition and road safety.

Since 2006, tachographs are digital, which allows a more secure and accurate recording and storage of data than the previous analogue tachograph. This device records all the vehicle’s activities, for example distance, speed and driving times and rest periods of the driver. The system includes a printer for use in road side inspections and the driver has a card incorporating a microchip, which the driver must insert into the tachograph when taking control of the vehicle. This personal driver card ensures that inspections remain simple.

It is obligatory to install a digital tachograph in new vehicles having a mass of more than 3,5 tonnes (in goods transport) and carrying more than 9 persons including the driver (in passenger transport).

Untuk kendaraan komersil, alat ini bisa di mandatory-kan, juga bisa di catat serta diperiksa karena jumlahnya terbatas. Tapi gimana begitu di motor-kan? wk wk wk. Atau lebih tepatnya lagi bagaimana kalau di motorkan + di Indonesiakan? Apakah mungkin atau tidak mungkin?😀

Oh ya, BTW ada update lagikah soal aturan 2 jam terus istirahat?

Bahan bacaan:

http://ec.europa.eu/transport/modes/road/social_provisions/driving_time/index_en.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Tachograph


Responses

  1. belum saatnya diaplikasi ke sini.
    pernah nyewa bis sampe sopirnya teler minta berenti…😀

  2. Jawabnya tidak mungkin😀 jarang update ni blognya kang mas kemana aja?

  3. Kalau untuk kendaraan komersial di Indonesia terutama kendaraan penumpang lebih penting menghapuskan sistem kejar setoran supaya ndak ugal2an dan ngetem sembarangan. Setoran cuma cocok buat taxi itupun karena pakai sistem bagi hasil. Untuk pembatasan jarak tempuh kendaraan pribadi sulit implementasinya lebih baik meningkatkan ketrampilan pengendara dengan cara uji ulang SIM setiap berapa waktu.

  4. terlalu advance buat indonesia sskrg ini..

  5. bentuknya kayak argo taksi ya

  6. jadi inget mas maen game 18 WoH, dalam kondisi ngantuk kita ga istirahat memang akan di tilang polisi , semua terecord ada alatnya sendiri😉

  7. waaahh malah bahaya kalo diterapkan di sini, demi mengejar waktu 9 jam sehari bisa2 para sopir malah makin memacu kendaraanya biar cepet sampai secepat mungkin sebelum tenggat waktu tercapai

    • Top speed juga direkam bro

  8. baru tau ada alat seperti itu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: