Oleh: arantan | Desember 7, 2012

Pengaturan plat nomor genap ganjil, siapa yang untung?

Mendingan sih ERP, duitnya bisa untuk subsidi mereka yang naik kendaraan umum.

Thanks to Jokowi, saya tidak salah memilih gubernur…

Kalau betul-betul aturan ini akan dijalankan saya tinggal beli motor aja, no problem. Hari gini motor bebek second yang tahunnya muda cuman harganya 7 jutaan, 10 jutaan udah dapet Mio J second bagus. Kalau aturan ini bermaksud untuk mengurangi populasi nggak efek juga, kalaupun kena pajak progresif, nambah .5 persen tidak akan pengaruh banyak juga ke pajak tahunan < cari motornya yang murah aja.

Kalau yang naik mobil setiap hari memang bakal ada efek karena harga mobil tentunya 100 jutaan keatas, tapi itupun saya rasa sedikit, teman-teman akan pilih jalan downgrade, alias mobilnya saat ini dijual untuk beli dua mobil. Baru-baru aja teman saya melihat kedua STNKnya dari dompet … yaaah, sama-sama genap??!!

Anyway aturan genap ganjil ini pastinya akan mendorong orang untuk membeli kendaraan pribadi tambahan, apakah itu motor atau mobil.

Kenapa thanks ke Jokowi?

Ya tentunya saya berterimakasih, karena dengan aturan ini saya diuntungkan dengan bisa memberikan alasan valid ke bini untuk beli motor. Bahkan bini kemarin sore sudah BBM, ya ud, mau beli motor apah?

Bentar, saya liat brosur …oh ya saya ada saran tambahan untuk Jokowi.

Lebih baik aturannya diberlakukan sekitar Agustus 2013 atau tepatnya sehabis PRJ, karena biasanya di PRJ keluar motor-motor baru dan ada penawaran khusus. Kalau Maret terlalu cepat saya sulit, karena Vespa baru bermesin 3valve itu kemungkinan baru keluar April – Juni pak, nggak pas dong.

Ini ada article bagus:

http://english.cntv.cn/english/special/bjtraffic/homepage/index.shtml

http://en.wikipedia.org/wiki/Road_space_rationing


Responses

  1. Membawa berkah rupanya.:D
    peraturan yang aneh.
    http://motoroda.wordpress.com/2012/12/06/peraturan-ganjil-genap-warga-dipaksa-beli-motor-lagi/

  2. Bukannya aturan ganjil-genap itu sudah wacana dari jaman baheula ya?! Sepertinya tulisan anda lebih menyindir gubernur jokowi IMHO

  3. yang untung jelas tukang plat nomor pinggir jalan, kl ini berlaku ane pasti akan beli plat nomor aja dari pada beli motor baru…

    kl ini berlaku ini sepertinya pengawasannya akan susah…betul ga???

  4. . M b
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  5. nasib motor lama dah kejual, tahu gini gak gw jual. tapi nomornya sama ganjilnya.

  6. “yaaah, sama-sama genap??!!”

    kalo saya, yaaah, sama-sama ganjil??!!😀

  7. kayaknya nerapin aturan apapun serba salah. mo nerapin ini ditentang, nerapin itu ditentang. termasuk ERP pun dulu udah diwacanakan n tetep aja ada yg nentang wacana tsb

  8. Bro aku masih gak mudeng dengan aturan ini #HuftBanget

  9. hahahaha…

    semoga usul ente didengar ya…

    #sibuk cari motor second plat genap

  10. semua aturan pasti ada yg kontra, jangankan soal pembatasan mobil soal aturan merokok di tempat umum saja ada yg kontra. yang penting konsistensi penerapanya. Tp masalah utama Jakarta bukan kendaraannya tp jumlah manusianya, jd lebih baik pembgn jakarta di stop dan dialihkan ke daerah penyumbg urbanisasi terbesar. biar pada pula!mg kampung mbangun deso, kalau penduduk jkt sdh berkurang br ditata lg

  11. klo erp katanya banyak yg iri masa jalan hanya boleh dilalui orang yg mampu bayar erp. nah klo peraturan plat ganjil genap kan dilarang semua klo ga sesuai harinya, baik miskin atau kaya. ya quotes bijak bilang, kita tidak mungkin bisa menyenangkan semua orang. termasuk dlm setiap kebijakan yg diambil pemerintah dan keputusan keputusan yg sehari hari kita ambil

  12. Sebenernya gak susah2 amat kurangi macet:

    1. Kendaraan pribadi dilarang beli BBM subsidi (khusus wilayah DKI).
    2. Naikkan tarif parkir, khususnya di pusat2 perbelanjaan (uangnya untuk subsidi angkutan umum).
    3. Atur kredit kendaraan pribadi, minimal 50% atau kalau perlu gak boleh kredit (khusus wilayah DKI).
    4. Pajak progresif (per orang yang punya lebih dari 1 jenis kendaraan) dinaikkan lagi.
    4. Perketat regulasi penerbitan SIM.

    Optional:

    5. ERP.

    Tapi yang terpenting, pelayanan angkutan umum harus semakin ditingkatkan lagi.

    Imho🙂

    • Ya nnt mrk pada ambil kredit Mobil di Luar DKI Jakarta

      • Gak boleh dateng kemari, kecuali ada stiker khusus bebas kredit :p

  13. polling! siapa yg motor utamanya pake no ganjil/genap?😛

  14. Kalo buat plat daerah gimana, ane dr bogor, kerja d jakarta plat “F” apakah ikut terkena peraturan itu???
    Ato khusus plat “B”????? Ato plat smua daerah yng cari duit d Jakarta???? Masih blum jelas aturannya.

    • Banyak detail yg blm jelas. Yang banyak ditanyakan juga kalau sampai menginap gimana? Misal orang yang bekerja shift malam?

      • Oia… Benar bgt, ane juga kadang terkena shift malam…..

  15. Tukeran saja, yg surplus kendaraan nomor genap bisa pinjam yg surplus no ganjil n vice versa🙂
    Tapi katanya peraturan ini hanya berlaku di ruas jalan tertentu yah?

    • Belum tahu jadi penerapannya seperti apa bro. Pernah baca katanya akan dilakukan dalam 3 tahap: Tahap pertama di kawasan 3 in one, kedua ditambah 1 jalur, tahap terakhir di seluruh jalur BRT.

  16. jangan-jangan kebijakan titipan atpm nih

  17. hehehehhe… tul… ada alasan mengajukan pembelian motor baru ke “menteri keuangan”😀

  18. Aturan apapun gak akan bisa mengurangi kemacetan kalau tidak didahului kebijakan angkutan massal yang berpihak ke publik. Berpihak ke publik itu berarti harus menyediakan angkutan massal yang aman, murah dan nyaman. Wilayah DKI itu memang cuma 5 wilayah Jakarta tetapi mobilitas dari wilayah pinggir Jakarta (BOTADEBEK) juga memberi andil pada kemacetan di DKI. Jadi tidak bisa bikin angkutan massal setengah-setengah harus dari wilayah pinggir sampai ke DKI.

  19. saya setuju dengan ADIT.
    Yang pertama tukang plat nomor yang paling untung.
    Yang kedua pihak pemerintah khusus samsat bagian urus plat nomor.
    Yang ketiga Orang kaya tidak akan macet tetapi akan lancar jaya kemana saja karena motor dan mobil banyak digarasi. tinggal pilih.
    Yang keempat. Akan membuat lapangan kerja baru. khususnya korupsi merajarela.
    terima kasih jika analisa saya salah pak gubernur.

  20. walah2, positif sih dukung usul gubernur ini dmi tujuan mulia, pengendalian kemacetan ibu kota. tp tau lah org indo super kreatif, pasti ntar pas pengaplikasian ni aturan ad aj ulah yg aneh2.

    bg ini, aturan ini berdampak jangka pendek. cb tiru beberapa negara maju dg sbuah aturan berprospek jangka panjang, proses lama tp hasilnya luar biasa.

    caranya antara lain : ubah kebiasaan/minat/budaya/mindset dan kesadaran warga negara yg memiliki kendaraan pribadi tuk memakai alat transportasi publik terutama para pekerja komuter dan pelajar/mahasiswa.

    pnya kendaraan pribadi dipakai tuk urusan tertentu ato dipake buat liburan aj. bs diliat di film sinchan, bapaknya sinchan ke kantor naek kereta, mobilnya nganggur digarasi, dipake klo ad acara liburan kluarga.

    so, ttp upayakan sistem transportasi publik yg maju di seluruh pelosok tanah air, Pemerintah mau dan sanggup??

  21. Salam kenal bro..
    Yang saya baca diberita, pihak PMJ menolak untuk diberlakukan pada sepeda motor, karena menurut Ditlantas PMJ, sepeda motor hanya bikin semrawut dan bukan sumber kemacetan.
    Nah biarpun tingkah oknum Polantas nakal dijalan bikin muak, tapi kali ini saya setuju dengan penolakan dari PMJ yang “seperti” memihak para bikers, terutama bikers menengah ke bawah yang mengandalkan motor buat aktifitas sehari-hari!
    Thx bro..

  22. Mau ada ERP kek, pajak naik 1000% kek, nomor ganjil-genap kek… kalo gak ada transportasi umum yg memadai ya masyarakat tetap berlomba-lomba beli mobil & motor lagi.
    Sekarang ini pemerintah cuman sibuk cari alasan untuk dapat proyek (jalan tol, erp, pajak, dll) dan bikin aturan2 yg gak jelas untuk masyarakat.

    Sebaiknya perbanyak armada TransJakarta, tambah 100-200 bus kek…. dengan lebih banyak bus, otomatis mengurangi mobil/motor yg suka masuk ke jalur tsb. Gak perlu bikin pemisah jalan beton yg tinggi2 itu (tambah duit dan nggak aman bagi bikers kalau terjadi kecelakaan).

    Peremajaan angkutan umum lainnya yg sudah tidak layak jalan (gak layak dilihat juga) dan terutama mental & sistem gaji sopir2nya.

  23. Peraturan begini boleh saja…. asal transportasi umum dibenahi dulu… lha mosok eksekutif muda naik angkot yang sumpek, kopaja yang mreteli, bis kota yang asapnya ngebul gak karuan…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: