Oleh: arantan | Desember 6, 2012

Updated! Jokowi setuju pembatasan nomor genap ganjil!

Update – Update – Update!

Ini dari wawancara dengan Pak Jokowi …

Tahun depan sudah pasti diterapkan genap-ganjil?

Ya tadi kan sudah kita sampaikan bahwa itu akan kita lakukan, hanya waktunya kapan, ini yang masih dikalkulasikan, masih diitung. Kemudian areanya mana juga masih dalam proses pembahasan.

Tapi pada dasarnya Bapak setuju?
Oh iya, kalau kita tidak punya sebuah kebijakan yang radikal, berani seperti itu, ya tidak akan selesai-selesai. Problemnya itu kan masalah jalan yang harus dilebarin, karena kendaraan tiap hari tuh tambahnya tidak sedikit. Yang bermotor 1.400, mobilnya 450. Kalau didiemin ya tidak ada habisnya, sehingga menurut saya itu kebijakan yang harus diterapkan.

Bagaimana dengan resistensi dari publik, Bapak siap?
Oleh sebab itu, nanti disosialisasikan secara pelan-pelan, ada proses itu, kemudian juga diterangkan bahwa kebijakan ini adalah mendorong masyarakat untuk masuk ke angkutan umum, massal, juga mendorong masyarakat umum untuk hemat BBM, mendorong masyarakat untuk tidak konsumtif, mendorong masyarakat untuk cinta pada kota Jakarta.

Dari detik sini

Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menggodok solusi pembatasan kendaraan berdasarkan nopol genap dan ganjil untuk mengurai kemacetan di wilayah Ibukota. Namun wacana yang berkembang, pembatasan itu tidak hanya akan diberlakukan untuk kendaraan roda empat jenis mobil, tapi juga motor.

“Hanya diberlakukan di kendaraan penumpang dan sepeda motor. Untuk bus dan kendaraan pengangkut barang, tidak,” ujar Kadishub DKI Jakarta Udar Pristono.

Ciyus? :D…

31381770

Apakah dengan aturan ini orang Jakarta pada pindah naik angkutan umum? Atau ya gampangnya beli aja motor lagi?

Bahan bacaan sini dan sini.

Eh gimana perkembangan soal pembatasan jarak itu ya?


Responses

  1. miapah

  2. ngeceknya gimana?

    *siapinplatnomergenep/ganjil*

  3. plat palsu makin laku

  4. makin gak jelas aturannya… manajemen panic kali

  5. double cabin termasuk mobil barang ngga? kalo termasuk mah ambil double cabin aja, jadi bisa pake tiap hari :p

    • tambahan, buat yg berduit mah ya tinggal ngakalin punya mobil 2, beli nomor yg satu plat genap, yg satu ganjil.. selesai sudah perkara

  6. ini bisa sukses dg syarat layanan angkutan umum ditingkatkan, dg demikian orang2 yang memungkinkan untuk menggunakan angkutan umum akan bealih.
    tapi hal lain yang perlu dilakukan adalah.
    – sterilisasi BUS WAY
    – perbanyak armada trans JKT

    Bagi yang tidak memungkinkan untuk menggunakan angkutan umum mungkin akan melakukan hal2 berikut.
    – menggunakan kendaraan secara bergantian sesuai jadwal ganjil/genap
    – berusaha memiliki 2kendaraan dg plat nomer yang berbeda(ganjil/genap).
    – menggunakan mobil secara bergantian dengan teman/kerabat.

    OOT
    bro arantan
    hari ini baca promo dari honda prospek motor tentang cicilan 1,5jt/bln.
    bisadi kupas tuntas hitung2anya, untuk pembaca.

  7. Tetap aja orang gak bakal peduli, tetap saja bawa mobil atw motor biarpun dilarang, memangnya mau suruh naik angkutan umum?
    Sy sendiri walau masa kecilnya tergolong ekonomi susah ogah naik umum, kecuali taksi.
    Palagi bini n anak, jelas2 terlarang buat mereka naik umum. Bukan sombong atw gimana tapi siapa yg siap menanggung keamanan n kenyamanan mereka wong angkutan umumnya kayak begitu kondisinya.
    untungnya mobil sy punya nomor odd n even, cuma motor saja nih yg cuma punya 1 no ganjil, masak musti beli motor 1 lagi cuma demi plat nomor genap?
    Pemborosan..

  8. hmmmm…
    – platnom ganjil genap
    – ERP
    – premium buat plat kuning & sepeda motor
    – pajak 25 %
    – MRT
    apa lagi ya yg bisa batasi kendaraan pribadi terutama roda 4..???
    tapi kok kayaknya cuma untuk jakarta aja…
    padahal macet dibeberapa kota besar tidak jauh berbeda…..

  9. masalahnya pada jangkauan angkutan umum. ada yg rmhnya ga ada angkutan umum atau aksesnya jauh dan malah ga ekonomis klo naik angkutan umum. apa udh dipikirkan utk merombak semua trayek agar bisa menjangkau ke perumahan? sementara di jln2 besar hanya bus2 besar yg diperbolehkan beroperasi. dan satu lg, hapuskan angkutan umum yg pke sistem setoran itu biang semrawutnya angkot.

  10. peraturan yg sruntulan,terburu2 dan menguntungkan polis lambat laun krn banyak masukan hahahahaaa
    benahin dulu transportasi massal yg bagus,gampang dijangkau,lancar,lega,tertib,nyaman,aman dan naikin tarif parkir kendaraan pribadi jd 500% kl perlu dan jgn ada parkir2 liar,dijamin bakal lancar dan bebas macet dan polusi nih jkt

  11. mana mobil plat nomernya genap semua lagi #HuftBanget

  12. tambah mumet -_-

    titip jemuran aja om…
    http://dikuadrat.wordpress.com/2012/12/06/new-vixion-direvisi-miss-komunikasi/

  13. aneh aneh ae
    https://beejarwadi.wordpress.com/2012/12/06/striping-lidah-api-honda-cb150r/

  14. untung lagi inden motor baru, bisa minta nomer yg pas nih🙂

  15. mendorong orang pas pasan punya 1 plat nomor untuk bersabar
    yang plat nomor dua wuih makin nggaya

    faktanya orang menengah ke atas punya lebih dari 1 plat nomor

  16. Salam kenal bro..
    Yang saya baca diberita, pihak PMJ menolak untuk diberlakukan pada sepeda motor, karena menurut Ditlantas PMJ, sepeda motor hanya bikin semrawut dan bukan sumber kemacetan.
    Nah biarpun tingkah oknum Polantas nakal dijalan bikin muak, tapi kali ini saya setuju dengan penolakan dari PMJ yang “seperti” memihak para bikers, terutama bikers menengah ke bawah yang mengandalkan motor buat aktifitas sehari-hari!
    Thx bro..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: