Oleh: arantan | November 28, 2012

Belajar digital drawing dengan app procreate

Hasil masih kurang banget … nanti di tingkatkan lagi

Saya baru coba procreate sejak weekend lalu, app ini ada di app store untuk iPad seharga 49 ribu rupiah. Dari app nya sudah ada beberapa kelompok alat gambar-gambar, kelompoknya ada sketching, inking, paiting, airbrush dan texture. Di dalam masing-masing kelompok ada lagi pena-penanya, misalnya di sketching ada pensil H, 6B, shading chalk, masing-masing pena bisa di custom dengan setting. Settingnya sendir per pena ada sekitar 50 sliders, meliputi wetness, taper/mengecilnya ujung dan akhir pena, spacing tinta, arah texture dan macam-macam lagi. Kalau butuh kelompok tambahan, dari procreate bisa menambah dengan mendownload kelompok baru dengan harga 9500 rupiah per kelompok. Saya sendiri ambil kelompok touch ups dengan tambahan brush khusus untuk rambut. Ada lagi kelompok graffiti, special effects untuk bikin api/asap/air dan lain-lain… Kalau udah paham harusnya bisa create brush yang betul-betul sesuai keingingan kita.

Untuk ukuran canvas procreate punya 2 pilihan, standard dan high definition, untuk iPad 1 hanya diberikan 1 pilihan atas pertimbangan kemampuan processor. Pro create bisa create sampai 16 layer dengan tumpukan yang masing-masing bisa di setting blendingnya, hampir seperti photoshop dimana layer bisa di set multiply, screen, lighten – darken dan seterusnya. Layer juga bisa di set transparansi.

Untuk pilihan export bisa ada pilihan mau export .jpg atau .png melalui email ke folder foto dan tempat lainnya.

Gambar-gambar yang ada disini semuanya merupakan hasil kreasi saya dengan pen capacitive seadanya. Hasil dari gambar ini tidak bisa mewakili kemampuan procreate secara full, masih harus banyak-banyak belajar….

Gambar yang pernah saya buat, untuk yang gambar robot di paling bawah itu di create proffessional artist, bawaan dari app nya🙂


Responses

  1. kereennn…

  2. wah,,, asik juga tuh sepertinya

  3. Jailbreak atw rooted saja gratis🙂

  4. mantabbb tuh aplikasi, buat andro ada nggak ya ?

    • Procreate cuman spesifik khusus dibuat untuk iPad, iPhone aja nggak bisa.

      Tapi Android pastinya punya banyak aplikasi untuk gambar-gambar. Secara hardware pun konon punya pressure sensitive yang di iPad nggak ada. Di Samsung note yang besar, setahu saya ada bawaan software yang cukup bagus. Selain itu autodesk juga bikin sketchbook, bagus juga.

      • Oke Bang, makasih infonya

  5. ini kalo gak pake stylus brabe juga ya….

    pasti gak bakal bagus hasilnya

  6. lbh asyik lg make SAI tool om..
    mantab..

  7. sayang banget harus bayar (masih belum bekerja), coba free langsung saya download nih #HuftBanget


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: