Oleh: arantan | November 27, 2012

Kredit kendaraan dipersulit, golongan eknomi kurang mampu dianjurkan naik angkutan umum

Tahun 2012 hampir selesai, angka-angka penjualan dari setiap APM sudah mulai keluar, tinggal 1 bulan lagi angkanya sudah ketahuanlah. Dari angka-angka tersebut bisa kita lihat yang growthnya melambat adalah bebek golongan awal dan juga sebagian market skutik. Tahun 2012 ini sudah sulit, apalagi nanti di 2013 saat perluasan pembatasan uang muka minimum juga diberlakukan untuk syariah. Sementara penjualan mobil aman malah meningkat, motor segmen menengah dan atas pun aman.

Arahnya kemana?

Ya kalau saya bacanya memang segmen ini secara spesifik ditarget untuk di convert ke angkutan umum. Pelan-pelan tapi pasti ruang geraknya mulai dipersulit dari kepemilikan dan bensinnya, entah apa lagi regulasi berikutnya.

Most likely kalau teman-teman bisa baca posting ini dari computer, notebook, smartphone, iPad, iPhone dan device lain-lain, berarti Anda – Kita, bukan berada pada segmen yang di target untuk di convert. Selamat untuk kita semua karena doa kita tercapai, lolos, bisa tetap menggunakan kendaraan pribadi, bermotor dan bermobil, kali ini. Juga tambahan selamat untuk kita semua karena pertambahan muatan dan beban di jalan sudah di KB oleh regulasi.

Market bebek awal mengecil, segmen mid dan up ada grow. So? Para APM akan menyesuaikan fokus, sasarannya juga di shift sebagian ke mid dan up. Di mid fokus di Vixion, CB 150, dan sebangsanya, skutik juga ada yang semi premium. Lebih up dikit di cover lagi dengan moge tanggung, ya CB 500 series misalnya, kan jalanan sudah kosongan.


Responses

  1. trs terang saya berharap dgn pengetatan ini jalanan bisa bersih dr anak2 kecil (bahkan anak SD!!!) yg berkeliaran dgn motor seenaknya.

    • setuju banget bro, jaman sekarang anak SD udah pada naik motor😦

  2. “Selamat untuk kita semua” jLEEEB . . . .

  3. kenapa tidak melirik motor bekas saja. harganya beda cukup signifikan.

    • Jaman dulu, 500-600 ribu bisa dapat motor, cicilan pikirin belakangan. Malah ada beberapa yang DP bisa 200 ribu atau malah nol kan?

      Motor bekas, umumnya harus beli cash, malah lebih sulit. Ya walaupun ada juga sih tempat penjualan motor bekas yang pakai kreditan, tapi harga jadi sedikit naik karena ada asuaransi.

      • nambahin aja om arantan, klo beli seken dari leasing kondisi motor ga bisa diukur, cicilan ga beda jauh (ya beda2 100-200rb)
        mau seken dengan kondisi aman, ya beli cash sama orang yang bisa dipercaya . . .

    • yanh klo memang patokan awalnya “kredit” ya susah juga. ada bunga yang harus dibayar, ada beban mental yang harus ditanggung. meskipun tidak selamanya kredit merugikan (KPR, contoh)

  4. Semoga jalanan gak nambah macet dan ada solusi untuk transportasi massal🙂

  5. wah wah wah analisa yang menarik😀 *bersyukur

  6. setuju banget kalo kepemilikan kendaraan pribadi dibatasi, dengan pengurangan skema kredit.. emang ga seimbang kalo golongon ekonomi kurang mampu bisa beli kendaraan pribadi.. asal pemerintah memperbaiki transportasi umum.. aneh kan di negara lain orang pake jas aja mau desek2an di angkutan umum,, disini orang miskin bisa punya kendaraan pribadi…

  7. Saya kira pembatasan minimun DP lebih krn menjaga praktek lembaga financing yg mudah sekali memberi kredit dengan resiko kredit bermasalah cukup tinggi. Plus praktek debt collector yg sangat marak dan sudah menimbulkan korban dimana2.

    • persentase yg bermasalah brp? trs yg kena debt collector biasanya yg udh nunggak parah.

      argumen anda ga valid

    • Kurang tahu awal regulasinya untuk maksud apa, tapi memang rasanya 2-2nya. Sekarang si lembaga financing kena juga dampaknya, penjualan motor jadi ikut nggak grow. Walaupun memang *harusnya* kredit macet juga menurun.

  8. Eh titipannya ketinggalan hehe

    http://7leopold7.wordpress.com/2012/11/27/yamaha-r6-kecelakaan-maut/

  9. setuju,bro.orang mampu collateral bagus ngambil kredit rate bunga bisa lebih kecil.kasian orang ekonomi lemah.sudah pas2an dibebani dengan bunga leasing yg besar.kredit kendaraan diatur difollow up dg angkutan umum yg lebih aman, manusiawi & ekonomis, perluasan lapangan kerja,perbaikan ump,jaminan kesehatan & akses pendidikan.

    • perbandingan bunga KKB di bank brp? trs bunga leasing brp? mana yg lbh gde?

  10. pajark progresif msh bs diakali yah..
    smg transportasi publik yg maju bs tercapati thn2 mndtang..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: