Oleh: arantan | November 23, 2012

Pulang jam berapa kemarin? Kena hujan jadi macet pulang jam 10, 11 malam!

Di jepret dari lantai 28 Plaza Mandiri waktu mau pulang kantor, arah jepretan mengarah ke SCBD.
Bagus juga night viewnya ya? Masih ada blue hour dikit. Bagus iya… dari atas…

Dijepret oleh Tanti, pada siang hari dari menara BCA waktu teman-teman buruh mau demo. Tampak bus transjakarta dengan atap kuning 

Topic of the day kalau pagi hari di kantor adalah, “nyampai rumah jam berapa kemarin?” Ini obrolan pagi teman-teman di Plaza Mandiri yang terletak diantara Komdak dan kantor Pajak, kantor strategis di tengah Jakarta tapi rumahnya jauh-jauh. Ada yang rumahnya di Bogor, sampai rumah hampir jam 12 malam, gara-gara rel keretanya anjlok kena longsor. Sempat jalan sehat 15 kman rame-rame karena harus turun dari kereta, malam-malam pula. Haduh gimana kalau perempuan, hamil pula. Saat itu tarif ojeg pun sampai meminta 50.000 cuman untuk mengantar sampai angkutan terdekat. Yang lain sampai rumah hampir jam 11 ada yang rumahnya di Priok, nggak dapat angkutan, dan stuck di Slipi. Mereka keluar dari kantor sekitar jam 6 sore.

Pulang jadi trauma … hari menggelappun bikin was-was ditambah gluduk-gluduk pula.

Untuk angkutan umum di musim hujan lagi parah-parahnya, naik mobil pun sama saja. Beberapa teman lain yang naik mobil pun menyatakan lebih baik cari makan dulu, fitness an dulu, nge browse atau main game bola aja di kantor, nanti setelah jam 21:00 baru pulang. Ujung-ujungnya sampai rumah nggak beda jauh sama yang sudah duluan berangkat kok. Dari pada jadi stress di jalan, buang-buang bensin pula.

Saya?

Keluar kantor sekitar kurang dari 18:00, memang naik motor pun di musim hujan kena efek juga karena jalan jadi macet. Tapi bedanya nggak terlalu jauh dengan hari biasa, lebih lama 1/2 jaman. Kalau biasa perjalanan ditempuh satu jam, sekarang ya 1.5 jam. Dulu kalau masih di Mega Kuningan pulang kantor kalau hujan bisa kena 2 jaman karena keluar dari kawasan saja bisa sampai 15-20 menitan <- padahal naik motor lho. 2 jam untuk pulang naik motor itu sudah WOW sekali sebetulnya, 2 jam itu terjadi tidak lebih dari 5 kalian dalam setahun.

Anyway kalau kondisinya begini, syulitttt mennn, di suruh naik angkutan umum kalau kondisinya masih rentan begini malah bikin jadi nggak produktif.

Saya jepret waktu weekend di lampu merah menuju Jalan Panjang… hujan tinggal gerimis tapi genangan ya masih.


Responses

  1. wow

  2. alhamdulillah, saya dari mega kuningan ke cengkareng cuma 20 menit kemarin (jam 10 malem😛 )

  3. intinya MOTOr adalah sarana yang paling efektif buat mengakali traffic jakarta… (krn klo udah macet gw juga pilih ngojek aje)

  4. mobil dinas pak Jokowi ganti perahu dinas

  5. ane dari cempaka putih ke bintaro sekitar 1 jam-an… ngacir duluan sebelum jam 4 sore…!!😀 😀 😀

    wuss…wusss…!!!

    walhasil…sampe rumah masih bisa kipas2 sambil makan bakso..!!!

  6. beli helikopter aja kalo gitu…..daripada beli kendaraan ekslusip,beli ma ripley khn udah bnyak tuh y handmade hehehehe

  7. mirip yg rumahnya di bale endah dan kerjanya di bandung kota. pulang jam 5 nyampe rumah jam 7-8 karena jalan terendam banjir dan macet.

    • klo pagi lebih parah lagi brangkat jam 7 nyampe balik lagi ke rumah, karena di jalan ga bisa dilalui, ke mana2 macet, di jalan udah 4 jam…..padahal pakai motor.

  8. saya pulang jam 5 lwt,naik jmptan ktr, macet dari dpn ktr sampai semanggi, abis itu lancar sampai tol kebon jeruk, turun rest area, sampai rumah jam 7 malam🙂

  9. Pulang jam 8 ( kuningan ) sampe jam 9.30 ( kelapa gading )
    Pakai motor yg agak susah buat nyelip

  10. yg parah tgl 21/11 daerah puri stuck motor buat nembus aja butuh 45 menit, kalau mobil dah parkir deh.

    • Saya juga kena oiii!!!
      Hari itu bukan gara-gara ujan tapi ada bis mogok di tanjakan. Jalur yang harusnya 2 jalur jadi 1 jalur. Ada teman yang cuman ke pasar dekat jadi 3 jaman.

      Begitu aja macet panjang bener, sampai ke terusan kehutanan, sampai sore-malam, itu banyak anak-anak masih pakai pakaian sekolah jalan kaki rame-rame.

  11. 2 Jam perjalanan menuju kantor sudah menjadi hal yg wajar untuk hidup di jakarta, PP jadi 4jam —> tua dijalan😀

    • Saya pulang – pergi 1 jam naik motor. Kalau naik mobil pas macet pulang bisa 3 jaman, satu arah.

  12. pulang jam 1 dari puspitek muncul ke daerah jatiwaringin hehehehe

  13. pake jip ban 33 keatas filter udara diksh atas trus gardan di ksh pernapasan keatas( biar gak kemasukan air di gardan)…dijamin sampe kelelep 1 m pun gpp

  14. naik motor + hujan rute palmerah – rumah = 2 jam

    pake mobil + hujan rute sama tapi lewat toll dalkot = 3.5 jam (-___-“)

    tambah lagi rute gatsu sampe mt haryono ada perbaikan jalan. makin manteb deh buruknya keadaan

  15. ibukota lg horor2nya…

  16. alhamdulillah saya ngekos deket kantor, dah kapok pulang pergi rumah kantor puluhan kilometer cuma hanya bertarung nyawa, kejebak macet dijalan dll. selain mengurangi beban jalan raya menghemat waktu sangat. macet2an pake motor atau pake ferarri sama aja… sama2 menjengkelkan… itulah wajah ibukota kita. thx


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: