Oleh: arantan | November 22, 2012

Kymco serius mau comeback? Semoga kali ini sudah dipersiapkan matang

Dink nya Yadi di parkiran Menara Prima dulu. WOOOWWW!!!

Ini gossip sudah ada dari … yah dari jaman dahulu kala, tapi realnya nggak dateng-dateng juga, konon sudah siapkan pabrik, gudang dan lain-lain tapi ya kenyataannya sampai sekarang nggak muncul-muncul juga. Setelah cerai dengan Lippo, Kymco sempat datang lewat Benson, tapi baru sebentar pun lama-lama hilang sendiri. Konon karena Benson ketahuan berjualan motor saingan Kymco yaitu Sym, priiitttt! Saya dulu pernah ngobrol dengan Benson, waktu itu saya sudah bilang you have to expand dan cepet, waktu itu dijawab, kami mengincar pasar nieche, memang mau “eksklusif”. Akhirnya mati. Pilihannya waktu itu memang invest more, atau ya mati. Just to survive saat ini sudah tidak cukup, mesti nyerang dan invest more just to survive. Saat itu tidak cukup … apalagi sekarang.

Anyway sebab benernya soal sudah tidak kedengerannya Benson saya nggak tahu ding… cuman gosip-gosip aza.

Kabarnya di IIMS 2012 muncul PT TMC Teknik Indonesia (TTI) yang akan menjual 4 Kymco tahun depan. Saya sendiri waktu ke IIMS ketemunya SYM sih. Kabarnya portfolio Kymco bakal seperti ini:

  1. Candy 4U Rp 13 juta
  2. Candy hi 50 Rp 13 juta <- di Vietnam dan banyak negara lain 50 cc bisa dikendarai tanpa license. Sayangnya kalau di Indonesia, Mio J di jual pricelist di 12.950 ribu. Hmmm 50cc anak baru dari Taiwan dijual seharga Mio? Ciyus?
  3. Hi 110  Rp 14 juta
  4. Jockey SR 125  Rp 14,5 juta

Semua skutik akan didatangkan secara CBU, untuk harga sebetulnya sama dengan keluaran pabrikan Jepang. Gimana soal after sales dan ketersediaan parts?

Pesan saya untuk Kymco, pasar Indonesia memang menggiurkan walaupun 2012 ini untuk entry level sedang turun signifikan. Mungkin juga ini bisa jadi waktu yang pas untuk menawarkan portfolio produk dengan harga yang murah. Pertarungan dengan raksasa Jepang akan keras jadi siapkan napas panjang. Siap-siap saja kalau sampai 2 tahun pertama baik principal, main dealer, dealer, bengkel dan lain-lain akan berdarah habis-habisan membangun infrastruktur dan tentunya mengembalikan kepercayaan brand. Margin akan tipis, volume akan kecil. Saya bilang pahitnya dulu karena pengalaman atas keseriusan Kymco buruk, principalnya hilang 2 kali, yang pertama dari Lippo yang kali kedua dari Benson. Kenapa kali ini harus percaya mereka come back for good? Kalau niatnya masih coba-coba invest terbatas, nanti lihat 1 tahun abis itu masuk ke exit strategy, mending nggak usah.

Efek WOOOWWW!!! Di jepret di Benson Bali

Line up produknya kali ini pun tidak wow, baik secara produknya apalagi harganya, perlu ada alasan kuat, kenapa. Kalau mau segmentation ya ambil pasaran harga di bawah dari Jepang dengan specs lebih tinggi, main di luar Jawa. Atau main di pasar atas sekalian seperti Piaggio. Kalau berani masuk di pasaran tengah pertarungannya akan keras walau marketnya gemuk punya duit berapa untuk marketing dan promosi? Harus berani specs lebih tinggi dengan harga lebih murah, namanya juga anak baru (*walau muka lama).

Sebaiknya jangan datang dengan portfolio terlalu sempit, belum pasti juga yang laku yang mana kan? Ini yang di bawa skutiknya sama semua harganya di 13-14 jutaan, Lihat pengalaman Piaggio, dikira yang bakal laku Zip yaitu varian termurah, nggak tahunya? Ya LX.

Juga perlu tahu waktu apa yang dilakukan Piaggio sebelum mereka masuk. Mereka woro-woro dengna main ke komunitas  untuk menangkap auranya Piaggio – Vespa itu seperti apa. Seperti apa profil pemakainya Piaggio – Vespa? Apa mimpinya mereka? Piaggio juga membangun “gengsi” ber-Piaggio dulu, sehingga komunitas yang lebih dulu pakai produknya dari Italy termasuk Cina – Fly dan Zip sih, bisa mengangkat gengsinya Piaggio. Dan saya lihat sampai setahun pertama strateginya berhasil, walau sekarang rasanya kenapa kok sudah mulai sepi ya? Perlu rejuvenate.

Bottom line kembali lagi untuk Kymco, pikir-pikir dulu deh, jangan maksa.

Ini dari Tokyo Motor Show 2011.

Efek WOW masih berlanjut…

Yang masuk efek… weeeekkkk….


Responses

  1. dealer yang difoto di bali itu sekarang udah jadi toko keramik malahan
    yang masih cuman asta motor itupun keliatan ga niat
    spanduk ama produk cuman di dalem sedangkan di parkir ga diisi apa2. padahal parkirnya cukup luas
    paling ga kalo mau perkenalan ulang adalah diisi display di depan dealer
    gimana mau laku kalo orang ga tau itu dealer
    padahal ane penggemar kymco. dulu punya metica sampai sekarang masih ga ketemu matic jepang seharga sama yang punya kenyamanan seenak metica

  2. kymco gambar ketiga keren juga dulu sempet kepikiran beli kymco untung ga jadi bengkelnya pada tutup

  3. marketingnya payah
    jujur walaupun motor bagus (untuk motor matic menurut saya paling bagus) tapi kalo marketingnya payah ya jadi gini
    org indo ga cukup cuma barang bagus tapi juga perlu nama bagus

  4. sebenarnya produk kymco bagus2 sayangnya (banyaknya) velg ring 12 dan harganya 12-11 dgn motor jepang, mestinya harganya bisa ditekan lagi kalo ingin laku karena secara kualitas kymco bagus kok…..!

  5. masih terkena efek produk mocin..

  6. mantep mantep…😳

  7. Di negeri asalnya bs jadi raja, Yamaha no.2, SYM no.3…Honda nggak ada ababnya, nggak tau kenapa…

  8. FYI..
    di Bali, tepatna Jl. Teuku Umar barat ada Dealer Kymco yg udah pajang Kymco series yg baru ( Hi, Candy, Etc..) malah ada pula motor batangan Kymco K-Pipe. Saya semapt jepret”, Infonya bs di liat di Blog Mas Taufik ( TMCblog.com) – Reborn Kymco di Bali.
    Sebagai Kymco lover, cm berharap bisa bner” fight lagi, jgn cuma mati segan hidup tak mau. Meski di Bali spare part gampang n ori, tp kasian buat Kymco Lover yg luar Bali dounk..
    salam.

    • Saya pernah ke Benson Teuku Umar Denpasar. Lebih lengkapnya di sini https://arantan.wordpress.com/2010/08/19/daftar-alamat-dan-kontak-5-jaringan-benson-power-mobility/ Tapi info lebih update rasanya dari bro arick, yang menyebutkan si Benson di Teuku Umar sudah tutup dan diganti jadi jualan keramik. Yang baru kemungkinan di Marlboro Barat – Denpasar.

      Kymco yang sekarang masuk pun belum begitu jelas statusnya, apakah masuk atas nama Kymco beneran? Atau akan masuk model setengah-setengah alias importir saja.

  9. Ada satu motor batangan Kymco yg cakep, 125cc, sy lupa namanya. Dr dpn dan samping mirip Byson, tp buntut jauh lebih seksi. Sein dpn ada di shroud. Suaranya nggak malu2in. Jika ini masuk Indo…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: