Oleh: arantan | November 14, 2012

Pilih-pilih kendaraan keluarga: Innova, Livina, Freed, Rush?

Pilih-pilih kendaraan keluarga bukan soal mudah, karena saat ini banyak penawaran dari pabrikan yang masing-masing punya racikan dengan keunggulan masing-masing. Tapi tidak ada satupun mobil penumpang yang bisa unggul di segala hal.

Coba saja kita pilih mobil penumpang dengan medium budget di kisaran 200-300 an juta. Saya sebut range itu adalah medium karena di bawahnya ada jajaran mobil penumpang murah meriah Xenia – Avanza, Suzuki APV, Nissan Evalia, Daihatsu Luxio. Tapi di atasnya medium budget pun banyak mobil penumpang yang terbilang luxurious seperti Nissan Serena, Mitusubishi Outlander, Pajero, Mazda Biante, Honda CRV, apalagi kalau sudah mentog di kelasnya Alphard, Vellfire, Elgrand …

Saya sengaja menginclude SUV dan MPV ke dalam pemilihan mobil keluarga, karena memang kenyataannya saat calon pembeli memilih mobil keluarga, SUV juga masuk dalam pemikiran.

Anyway back to topic, di range harga 200-300an juta, mobil apa yang pas sebagai mobil keluarga?

Toyota Kijang Innova, range harga dari 196 – 305 juta

Tersedia pilihan mesin 2.0 bensin, 2.5 diesel, dengan transmisi matic dan manual. Mau varian yang pakai captain seat ada, belakang juga sudah double blower. Siapa yang nggak tahu Kijang sih? Kijang selalu berada di urutan teratas mobil terlaris nasional, posisinya kadang di nomor 2 atau 3.

Segi plusnya Innova tentu interiornya yang lapang dan tenaganya yang besar. Tinggi dan ground clearance Kijang Innova pun dari bawah termasuk tinggi, soal tinggi seringkali jadi pemikiran utama saat pemilihan kendaraan, cari kendaraan yang bisa aman dari banjir dan tangguh di jalanan rusak. Jaringan dan after sales tentunya terjamin, heritagenya juga panjang, after market juga banyak.

Tapi Kijang juga sering dilihat sebagai kendaraan yang punya konsumsi bahan bakar cukup boros, sizenya yang cukup besar pun seringkali menyulitkan untuk manuver dan parkir sehingga Kijang seringkali tidak disukai para driver wanita.

Model innova sendiri pun sudah beredar cukup lama di pasaran hanya dengan minor imporvement dan facelift, yah jumlahnya memang banyak alias memang pasaran banget.

Toyota Rush dan Daihatsu Terrios, range harga di kisaran 200-an awal

Kendaraannya tinggi dan cukup bertenaga. Konon Rush dan Terrios adalah juga 7 seater, tapi baru row kedua pun joknya sudah pas-pasan, row ketiga? Bagi penumpang masuk ke row ketiga tentu sulit. Untuk urusan space dalam, leg room terbatas, tapi segi baiknya adalah Rush dan Terrios berada di kisaran 200-an awal.

Bentuknya pun cukup gagah, masuk di small SUV sehingga tidak terlalu kelihatan sebagai kendaraan keluarga.

Nissan Grand Livina, range harga di kisaran 200 awal

Konon bertenaga, cukup irit. Space row kedua masih OK, tapi masuk ke row tiga sungguh menderita. Bodynya rendah/ground clearance rendah, ruang dalam pun tidak tinggi. Saya pernah numpang Grand Livina milik teman untuk pergi makan siang, Para cowok harus duduk di kursi paling belakang, walau numpang di mobil sekitar 30 menitan, begitu sampai di tujuan, saya sudah sulit keluar karena kaki dan pantat keram.

Bentar… sebetulnya lebih baik wanita saja yang duduk paling belakang ya?

Pendek berarti Livina lebih stabil untuk cornering, kalau Kijang konon body rollnya cukup banyak. Selain itu dalam kecepatan tinggi pun harusnya Livina bisa lebih stabil. *Harusnya, alias saya sendiri belum pernah coba di geber di tikungan.

Honda Freed, kisaran harga 210 hingga 260

Freed berada di tengah-tengah untuk urusan space. Bagian dalam terasa agak besar tapi tentunya tidak selapang Kijang Innova. Row kedua masih baik, row ketiga hanya bisa ditempati 2 orang berukuran sedang karena leg room. Otomatis size dari luarnya tidak terlalu besar, secara panjang cuman lebih panjang 9 cm an dari Xenia-Avanza, tapi pembagian ruang dalam lebih baik. Urusan mesin juga pas saja alias, tidak terlalu bertenaga tapi juga tidak boros karena 1500nya.

Sisi minusnya banyak juga yang bilang ground clearance Freed termasuk rendah, sehingga rawan untuk urusan polisi tidur. Electronicnya juga termasuk berat dan kompleks. Sisi baiknya dengan ground clearance yang rendah tentunya mudah keluar masuk, apalagi kalau ambil tipe E dengan power sliding doors kiri – kanan. Kalau punya orang tua tentunya lebih pilih MPV berground clearance rendah.

Anyway…

Kesimuplannya adalah bukan kesimpulan karena kebutuhan dan prioritas masing-masing keluarga pastinya berbeda dan unique. Yang perlu diingat adalah konsekuensi dari pemilihan saja…

  1. Cari mobil lapang
    {+) Nyaman di dalam, muat banyak baik orang dan barang, enak untuk perjalanan jauh
    (-) Susah untuk parkir dan manuver, juga boros pemakaian bensinnya karena mobil jadi berat
  2. Pilih mobil bertenaga
    (+) Enak bisa ngebut
    (-) Otomatis boros
  3. Pilih mobil tinggi
    (+) Aman untuk jalan rusak, aman dari banjir
    (-) Sulit keluar masuk penumpang
    (-) Berpengaruh pada stabilitas mobil
  4. Pilih mobil banyak fitur: Airbag, ABS – EBD, double blower, rear camera, power slide door, sensors
    (+) Demi keselamatan dan kenyamanan
    (-) Mahal, pengoperasian butuh belajar

Responses

  1. vote rush&terios deh,apalagi kalo udah pake warna item,lebih keliatan “mewah”…just my opinion..

  2. kijang inova diesel tipe G otomatis siip

  3. biante udah paling benar deh om, sy mau jual freed ganti biante.

    innova sdh pernah punya, kapasitas angkut memang besar tapi boros n kurang stabil kecepatan tinggi.
    livina koko sy pakai kapasitas angkut menengah bensin irit smart choice sih cuma bangku ketiga useless deh.
    freed nyaman, kapasitas menengah, irit, dasboard kurang bisa akomodasi barang kyk dompet, hp, dll pasti merosot jatuh selain itu no complain value 4 money, kelemahan sebentar lagi pasti bakal ganti penampilan soalnya model sdh usang, mending kl mau beli tunggu tahun depan model baru.
    sy ganti biante karena butuh yg lebih lapang saja buat jalan2 keluarga, kalau tdk pasti freed sy pertahankan

    • Biante di 380 bro, udah jauh diluar range🙂 Waktu di M days pun saya tanya ke sales, khusus untuk Biante tanpa discount karena baru launch tahun 2012 ini.

      Freed iya, dashboard bertingkat memang atasnya nggak bisa di taruh barang. Selain itu glovebox memang sempit. Tapi ya tempat gelas BANYAK! Wkwkwk. Not so sure kalau tahun depan modelnya diganti baru ya, karena mestinya (semoga) ada selisih 1-2 tahun dengan yang di Jepang, sementara sekarang belum kelihatan.

  4. Ambil toyota aja oom, nilai depresiasinya rendah banget, kl bosen tinggal ganti model ngga rugi rugi amat😀, ..,valuenya [ resale,maintenance,service )tetep tinggi…

  5. diantara pilihan diatas,ane lbh pilih inova tipe G a/t.mengingat harga jual nya lbh baik diantara yg lain.inova memang lbh boros dibanding kompetitor jg tp kenyamanan inova lbh baik apalagi jaringan servis astra world nya bener2 mumpuni.ibaratnya klo uda beli inova,ada jaminan duit&hati tenang. mungkin klo ane simpulkan satu-satu :

    -inova : nyaman,mesin awet & jarang bermasalah
    -livina : mesin kenceng (1.8L),bangku baris 2&3 gak selega inova,lumaya irit
    -freed : fitur banyak,harga mahal utk mobil keluarga dgn ukuran mesin 1.5L,harga jual gak bagus
    -rush : gak perna coba tp utk keluarga dgn jumlah anak 2/lebih gak disarankan ambil suv

  6. kijang diesel om

  7. vote for innova,
    innova g diesel mantap juga, yg bensin boleh juga.
    memang seakan2 innova boros, tapi tidak begitu adanya, hal itu sebanding dengan bodinya yg bongsor dan super legaaaa,, silakan cari mobil yg seukuran innova apakah ada yg lebih irit dan lebih bertenaga di harga yg sama??? jawabnya tidak adaaaa,,, kalopun ada jaringan 3Snya gak bakalan semudah innova.
    yg kedua ane vote livina..model kompak dan manis

  8. Freed .. Elegan Bos, Innova kegedean, palagi biasa dengan xenia, tp suspensi Innova nyaman. Imho *cuma sopir

  9. ikut ngasih saran om😀

    1. Innova
    untuk innova pilih yg diesel karena lebih irit daripada yg bensin yg konsumsi BBMnya boros amat dan kalau bisa yg AT, karena torsi yg At lebih tinggi daripada MT.. Minimal yg G Diesel AT, akan lebih baik kalau trim V Diesel AT karena sudah ada ABS dan Airbag.. akomodasi cukup luas, tapi bantingan empuk dan agak limbung..

    2. Terios/Rush
    No comment, saran saya sih lebih baik dihindari.. cuma xenia avanza dijadiin jip.. underpower dan tidak nyaman bantingannya..

    3. Grand Livina
    irit dan cukup nyaman, tetapi akomodasi kurang terutama space baris ketiga.. ada beberapa masalah yg terus terjadi (steering rack yg umurnya pendek, indikator bensin, shockbreaker umur pendek, bisa dicek di forum2 seperti kask*s), dan mesin yg ngelitik meskipun diberi bbm oktan tinggi.. untuk yg 1.5 endut2an di putaran bawah dan tenaga baru terasa di putaran tinggi.. untuk yg 1.8 mgkn lebih baik..

    4. Freed
    dengan model yg boxy dan tinggi, tentu akan terasa lebih luas.. untuk anak2 pasti senang dengan sliding door dan captain seat di baris 2 yang mebuat leluasa untuk bergerak.. mesin cukup bertenaga dan lumayan irit, build quality lebih baik dibanding ketiga mobil diatas..

    Maka saran saya adalah…
    1. Freed tipe E PSD
    cukup luas, irit, dan nyaman.. untuk dalam kota juga masih mudah karena ukuran yang tidak terlalu besar.. sliding door mempermudah akses masuk..

    2. Innova Diesel V AT
    apabila butuh mobil yg lebih lapang dari Freed, nyaman dan luas, lebih irit dibanding varian bensin, sudah dilengkapi ABS, Airbag, LCD Head Unit, Sensor sudut depan belakang, leather seat untuk tipe V.. bener2 mobil yg pas untuk Indonesia, resale value juga sangat baik..

    • freed itu pintunya ringkih lho mas, yg belakang sliding door suka bunyi kletek-kletek karena tonjolannya gak rapet masuk ke lubang. biasanya yg punya sering main ganjel.

  10. Ane sekarang pake Rush buat harian ke kantor,bergantian sama motor. Kalo buat jalan jauh, ane pake Innova, lebih mantap, stabil, empuk. Ane bandingin Innova sama Rush aja ya…

    Rush: ringan, akselerasi mantap, lincah, cukup empuk, tapi kurang lega kecuali ngga pake row ketiga

    Innova: stabil, empuk, lega, tapi boros, not recommended buat harian ke kantor (kecuali pake sopir, boros sekalian aja, tapi cukup bergengsi, ngga perlu mikirin parkir, macet, dll)

    Kesimpulan ane:
    – kalo pake sopir, innova aja, buat harian & jalan jauh mantap
    – kalo ngga pake sopir: vote rush buat dipake harian, vote innova kalo ngga dipake harian (kadang2 aja)

  11. Mending ambil yang 1.5 dan yang irit, soalnya harga BBM makin melambung

  12. Dirumah, ada Innova, Jazz, dan Avanza
    Tapi yang lebih sering dipake jazz sama avanza, soalnya lebih irit dan lincah

    Tapi kalo buat jalan2 keluarga, enaknya pake Innova + supir🙂

  13. Pilih ertiga aja mas…emang kelasnya masih dibawah mobil2 yg mas sebut diatas….tapi beberapa media otomotif india yg membandingkan dengan toyota innova bilang kalo keseluruhan si ertiga lebih unggul….udah nyaman, irit, murah harganya, fitur juga lumayan tuh…resale value kayaknya juga bakalan bagus…

  14. vote Nissan Xtrail ama Ford Escape..

  15. Sebenarnya naksir Ertiga, sisi minusnya lampu belakang dipandang seperti mata belo, mungkin kalau diakalin ditambah aksesoris lampu (seperti Kijang Kapsul) lampu belakang jadi lebih manis…ada yang sudah jual aksesorisnya ?

  16. Mending avanza lah, irit, murah buat harian. Dirumah ane ada sepeda ,Becak dan Bajaj, Tp ane klo pergi jauh pake bis atau kereta

  17. huahahahahhahahahahaaaaaaa…..Gokil !

  18. Saran ane buat yg kg ada cukup pingin punya mobil kg ngrepotin, super irit dan msh enak diliat….ya sedan toyota soluna GLi mulai th 2000 ke atas (,yg penting bukan yg ex taxi). dana antara 65 sampai 75 juta cuiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii dah bisa bawa cewe!

  19. Pilih Rush buat harian oke, model macho, gak malu2in (kalo innova ntar dikira mobil travel/rentalan yg bukan mobil pribadi), buat jalan jauh juga oke, daya cengkeram rem pakem krn ukuran ban paling lebar dibanding yg lain (innova, freed, livina).

  20. Au ah gelap. …. Mending naek bis aja. …

  21. Aku pngen beli toyota rush wrna putih kliatan keren buat mhasiswa fk..mhon dong bntuannya utk klbihan n klmahan tyota rush tipe s at itu apa aja? D rumah papa pake grand new innova 2.0 V mt dan mama pake all new jazz rs at…klo dbawa k kntor ga msalah tuh nyaman2 aja n irit..bedanya innova tuh lega n klo kluar kota pake itu, klo jln2 k mall atau nyari mkan aja biasanya pake jazz
    Aq nyumbangin saran klo innova itu

    • Pakai Rush kg cocok buat cewe, cape klo di gigi rendah. Suspensi ala jeep, kurang nyaman. Mesinya kg semulus sedan neng. Neng cocoknya cari cowo yg bawa BMW aja…praktiskan?

      • jeep kurang nyaman ? ga juga ah, wrangler nyaman tuh, atau grand cherokee nyaman juga, compass juga nyaman. kalau rush itu sih jip, tau bedanya ?rush itu jip, jeep itu buatan amerika.

  22. semua jenis mobil tsb masih kalah jauh dibanding hyundai trajet meski keluaran lama (2000-2009)..lebih nyaman,gak pasaran,spare part banyak & murah..buktikan!!!!

  23. Kalau saya lebih prefer kijang innova, walaupun kekurangannya kalau parkir atau jalan di gang di daerah jakarta agak sulit, khawatir lecet, he..karena bodinya panjang.
    Nice artikel gan…lanjut…

  24. Kalau saya sih mending beli kijang innova secara kan buat keluarga & kalau mau aman dari banjir dan jalan rusak saya saran-kan membeli toyota fortuner

  25. Minta saran dong, buat papahku ngantor bagusnya beli mobil apa yah? Pengen yg irit & lincah. Dirmh sbnernya sdh ad sih grand new innova diesel v at, terios, new jazz, freed, biante, fortuner, tapi yg makai pembokat sm tetangga

    • papah kamu juragan bakso ya?
      pake bajaj bbg + supir aja. mesin halus, lincah bisa masuk gang2, naik turun super gampang ga ngurus ground clearance, anti banjir, merakyat pulak. pasti dapat simpati dari bawahan.

      • bukan, bapaknya penghuni liar, tinggal di dilapangan parkir

  26. Gambaran umum otomotif di Indonesia (menurut saya)
    Produsen mobil terbesar di indonesia ya cuma toyota, suzuki, honda, mitsubishi (daihatsu sih masih agak sama dg toyota dan lagi semua mobil daihatsu masih masuk kategori entry level)
    Coba kita bahas satu persatu….
    SUZUKI
    Suzuki satu produsen mobil yg cukup ok, cuma selama ini layanan jual spare part nya kebanyakan by unit tidak d jual potongan potongan part nya kecuali suzuki carry yg masuk kategori angkot…..
    PemakIan nya ya secara tehnologi hampir hampir sama

    MITSUBISHI
    Mobil mobil mitsubishi cukupa nyaman, speed ok…. Spare part mahal dan punya segmen tersendiri….

    HONDA
    Secara garis besar besutan mobil honda sangat nyaman…. Service nya cukup mahal…. Cuma 1 yg saya sayangkn dari honda, mereka selalu berubah konsep… Contoh.. Dahulu pernah keluar honda city type z begitu keluar honda city… Bentuknya 1000 persen berubah total… Crv juga sama, honda jazz waktu pertama keluar bagus sekali begitu keluar yg rs, rasa rasanya yg lam kok jadul bener ya… Begitu juga dg honda accord yg baru…

    TOYOTA
    Secara umum toyota sparepart nya masih masuk akal, jaringan service nya trsebar dengan baik… Dan toyota masih merubah konsep dengan cukup pelan pelan…. Contoh avanza, dirubah jadi veloz… Perubahannya minim sih.. Yg pakai avanza lama masih nggak kelihatan jadul jadul amat… Inova dirubah facelift… Skrg dirubah lagi grill nya… Yg lama masih enak dilihat dan tidak trlalu ketinggalan… Rata rata toyota merubah konsep secara total itu dalam kurun waktu yg lama…

    Jadi apa pilihan mobil anda,…. Hanya anda yg bisa menentukan

  27. Saya punya new stream tapi pengen freed,katanya kok suspensinya nyaman stream ya? mohon beri penjelasanya

  28. saya jadi bingung juga nih…
    maunya yg 3 baris/7 seater, tp mirip SUV, pengennya sih rush

    • Pny innova, rush, livina, ertiga, xenia, dan. Semuanya msh dipakai skrg…sy pakai innova diesel AT. Rush disingkirkan aja. Itu mobil ngga enak sama sekali…dipakai manager. Grand livina paling enak…nyaman dan stabil buat keluar kota sayangnya kurang lega dipakai supervisor. …ertiga mayan…nyaman dan irit….tp aneh kl kursi tengah di mundur in posisi bangku ketiga aneh…miring2 gitu naruh barang jg susah. March enak buat perkotaan kecil n lincah mayan irit jg dipakai istri…(mau ganti freed tp rasanya bentar lg ganti model)
      dari semua itu ane paling seneng ama grand livina. Sblm ganti innova 2013 ini pakai grand livina paling lama sktr 5than, ini pakai innova blm setahun jg udah ngga betah pingin ganti. Buat dlm kota innova msh ok karna aspalnya rata. Trayek sy yg sll keluar kota jadi masalah naik innova pd jalan bergelombang….punggung suka capek dan sakit….
      oh iya soal irit mayan irit semua…paling irit livina, lalu ertiga dan innova diesel. Paling terakhir rush deh…tuu mobil konsepnya ngga jelas

      • memang aneh sih, not real suv

    • Iya bro. Suv 3 baris rata2 baris ke 3 hampir tdk bisa dipakai. Ane sih seneng mpv utk mobil 3 baris. Innova bisa jadi pilihan buat kekuarga.

  29. Bokap ane Pengguna Juke (RX) , Livina (XV) dan All New Serena (HWS) gan , kenapa gak coba Juke , harga 240an bentik gagah , kenceng. atau gak All new GL , cakep dan mesinnya enak dibawa lari. Atu gak serena yg type X juga cakep sih walaupun cuma 2 airbag

  30. smua udah pernah naek hyundai trajet blm??? lebih nyaman dibanding innova..

    • mobil yang bergaya dan nyaman itu kijang innova,, mesin nya halus jalan jauh enak,, ruanga nya besar lagi

    • Maless om . Ketuaan

  31. klo ane lebih baik ambil new terios om, harga dan spare part murah.

  32. Suka yan kencang? Pilih Livina 1.8. Ane udah coba sampai 200 km/jam. Innova? Gampang diliwatin

  33. saya vote livina, torsi rendag li8vina udah kerasa di rpm bawah itupun diperkuat dengan sistem turbo yang dimiliki seperti fortunner yang mana turbo itu akan bekerja pada rpm bawah, jadi kalo ada yang bilang livina pelan kata sapa? gear 3 pun sudah bisa masuk 100km/jam dan masih tak ada suara mesin yang mengerang sedikit pun, jadi anak muda pilih livina berkedluarga pilih innova saja

  34. nice article

  35. Ini himbauan sekaligus perintah buat kalian semuanya: “Belilah Proton, kita dukung product saudara serumpun Malingsia!

  36. vote utk Freed krn paling nyaman…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: