Tiada api tanpa petir.
Kalau orang purba, harus nunggu petir untuk dapat api. Lightning causes fire.
Kalau 250 cc, seperti di Honda CBR 250R, Kawasaki Ninja 250R, Piaggio MP3, X evo … semuanya dari pabrik keluar tanpa engkol. Dan juga pada motor-motor tersebut tidak pernah juga dalam suatu keadaan engkol itu dibutuhkan. Alias tidak pernah motor tersebut mogok tidak bisa starter kemudian bermimpi, “I wish this bike have an engkol …” nggak tuh aman-aman aja kok.
Tapi sebaliknya kalau CBR 150R dulu akinya sering tekor. Alias ada kalanya kalau ditinggal keluar kota dan motor tidak dibiarkan mati 3-4 hari, maka akan sulit di starter. Jalan satu-satunya minta tolong motornya di dorong saja, masuk gigi 2 lepas kopling dan berdoa. Konon di CBR 150R yang baru untuk starternya hanya dibutuhkan listrik sedikit jadi lebih aman.
Sama juga dengan Suzuki Skywave saya, dari pabrikan sebetulnya ada engkol, tapi demi gaya si engkol di lepas. Sementara saat ini Skywave sudah di upgared, pakai dua HID, aki dibesarkan, dan ini dan itu… Sehingga pernah juga aki soak dan si motor sudah nggak bisa diapa-apakan lagi. Mogok di SPBU, malam-malam pulak… Jalan satu-satunya motor ditinggal, besok paginya pergi ke Suzuki beli engkol dan pasang. Si motor nggak bisa jalan, mau dorong juga gimana?
Back to topic … nggak pakai engkol its OK, asal si motor dibiarkan apa adanya. Jangan kasih pembebanan listrik berat di Vixion, jangan pasang sirine, strobo, klakson truk dan lain-lain, #eh. Memang tampilan tanpa engkol bisa lebih keren sih, rapih. Atau kalau bisa ada pilihan bagi calon pembeli, mau engkol? pilih Vixion NN atau Vixion N <- N maksudnya Naked Ngengkol.
gak amsalah sih sebenernya, hanya saja yg dulu koar2 tentang motor tanpa engkol hanya ingin menjudge suatu produk saja, seakan2 ini motor pelopor tanpa engkol, walau sebenernya dari jaman dulu juga thunder, CBR, NINJA dll juga minus engkol dan jarang banget gue jumpai mogok.
ane aja punya motor engkolnya dicopot persis seperti mas. BTW kalo matic sebaiknya jangan lepas engkol, kecuali akinya besar dan bisa spul bisa ngasilin setrum yg gede
klo motor manual sih nggak masalah.
suka tinggal pasang/biarkan,klo nggak suka tinggal dicopot.
kalo motor matik baru jadi perkara klo nggak ada engkol. kecuali si empunya sidahsiap resiko.
pcx kayaknya gak ada engkolnya tuh…
udah punya motor sport keren dan cukup mahal, harusnya diiringi tanggung jawab yg besar pula, on a great power there is a great responsibility (spiderman banget :p)
Tapi kenyataan dilapangan memang begituuu
Temen м∂̲U beli mikir” karna Ъќ>:/ [a̲̅][d̲̅][a̲̅] engkol
Takutnya Κ̣̝̇ά̲̣̥lά̲̣̥ů mogooook begituuuuuuh
Sedia payung sebelum banjir # lhooo
masalah nya, komentar di blog buat nyari makan
sedia payung sebelum kebanjiran, lebih baik,
Engkol buat olahraga 😀
http://belitong.wordpress.com/2012/11/02/opini-cb150r-vs-new-vixion-tinggal-nunggu-harga/
Pertamax cuk
wakakakak… klakson truk…
memang rese’ kalo ada motor pake klakson truk, bikin kaget orang.
Memang banyak orang di sini senang kalo bisa bikin menderita orang lain
btw… kebanyakan truk di sini klaksonnya pake terompet yang ditiup pake kompressor, jadi motor pake klakson truk bawa kompressor kemana dong…
engkol emang sbuah pilihan..
td ny mo pasang klakson truk, tp tak pikir2 klakson standar vixion udah lmyanlah.. wlo msh kalah ama bebek ><
tanggapan soal teralis gmn …?uda muncul beneran tuh?
coba baca-baca posting sebelumnya
wahahahahahaha lucu nih..versi NN..naked engkol..
makanya motor std aja kelistrikannya
aman dahhh
—
http://www.dk8000.co.nr
emang gak masalah tanpa engkol… tapi masalahnya, petinggi yimm bilang motor tanpa engkol itu CANGGIH.
mungkin maksudnya supaya kelistrikan tidak diutak-atik.. alhasil mencegah pemakai new vixion untuk pasang sirbo #hayah 😀
http://justaldy.wordpress.com
kalo ane lebih milih ga ada elektrik starter . Lhoo ???
Keknya lebih gagah aja ngidupin motor pake ngengkol ..
Bruuuuummm .