Oleh: arantan | Oktober 28, 2012

Saran untuk Piaggio: Di Asia Tenggara product harus cepat di refresh!

Saya nggak bisa ngikut waktu AHM meluncurkan Beat FI, pertama kali mau keluar jam 11 an, hujan. Jadi saya makan siang dulu di rumah, nunggu hujan berhenti dulu. Waktu makan hujan memang berhenti, setelah itu sudah ganti celana, pakai jacket, pas ngeluarin motor… e e e hhh gerimis lagi. Waduh, itu juga sudah jam 14:00… akhirnya saya memutuskan nggak jadi aja.

Anyway melihat para pabrikan Jepang seperti AHM dengan Beat FI dan Yamaha yang cepat merefresh productnya, saya jadi ingat si Piaggio. Group ini belum melakukan perubahan signifikan atas line upnya. Dari 2011 sampai 2012, praktis seluruh jajaran Vespa dan Piaggio tanpa refresh produk sebelumnya, 2012 memang ada 3 produk dari Italy. Tapi untuk yang dari Vietnam yang baru paling-paling hanya catnya dan pewarnaan detail… which is gituan kalau orang sini itu nggak keitung, maap.

Kalau lihat di pasar-pasar Barat memang pola ini sudah biasa dimainkan Piaggio. Refresh produk jarang, tapi produk nambah pelan-pelan. Tapi untuk market Asia Tenggara dan lebih spesifik lagi Indonesia rasanya nggak bisa begini, tiap tahun mesti ada refreshment. Minor exterior saja tanpa mengubah keseluruhan, speedo kek, trim dan lining kek, dek dikit kek, lobang angin depan kek, tameng kek. Bentuknya diganti. Mesin juga sukur-sukur bisa mesin dengan 3 valve.

Kapan di refresh yah?


Responses

  1. Mungkin tidak semudah motor jepang yg bodynya kebanyakan plastik.

  2. seperti apple…piaggio punya fans fanatiknya sendiri…minor change cuma bodo bodoan pabrikan motor jepang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: