Oleh: arantan | Oktober 23, 2012

Honda CBR 250R lebih pas untuk harian dibanding Kawasaki Ninja 250R

Foto di atas diambil di parkiran depan Pacific Place, SCBD. Saya pakai Ninja 250R sejak awal peluncurannya dari bulan Agustus tahun 2008 dan selama 2008-2010 Ninja 250R ini jadi motor satu-satunya yang saya pakai untuk harian. Kalau Honda CBR 250R, STNK saya tahun 2011, tapi saya beli second di 2012. It is for sale, tapi masih saya pakai.

Beberapa kali saya pakai harian karena kebetulan si Skywave lagi balik nama dari Leo ke saya….

Anyway, dari sekitar 3-4 hari bawa Honda CBR 250R untuk harian, saya rasa lebih cocok untuk bawa Honda CBR 250R untuk harian dibanding Ninja 250R. Alasannya adalah sebagai berikut.

  • Lebih dingin dibanding Ninja
    Panas dari motor itu terasa ampun-ampunan kalau di Ninja, apalagi kalau lagi macet, sauna! manteb! Di CBR 250R pun bukan berarti nggak panas, tapi mendingan lah kalau dibanding Ninja.
  • CBR juga lebih ringan dari Ninja, di parkiran ini pengaruh, menegakkan motor pun lebih mudah. Apalagi kalau di permukaan jalan yang miring.
  • Seat height CBR 250R sedikiiit lebih rendah, di kedua motor ini saya bisa menjejakan kedua kaki. Tapi di Ninja sedikit lebih ngangkang daripada CBR.
  • CBR juga sedikit lebih ramping dari Ninja, asal ada celah dimana motor laki bisa masuk, harusnya CBR 250R bisa masuk. Sementara Ninja mesti lihat-lihat dulu.
  • Konsumsi bensin, selama saya pakai lebih irit CBR 250R daripada Ninja 250R. 

Kenceng di jalan lempeng – kosong, tapi kalau ribet dan bikin keringetan di parkiran? 

Yang sama antara Ninja 250 dan CBR 250 adalah posisi duduk dengan nunggingnya, kedua motor ini kurang lebih sama. Konon CBR lebih tegak, tapi saya rasakan kok nggak juga. Si Ninja memang stangnya sedikit lebih kedepan dibanding CBR. Tapi capek dan pegel di stangnya sih sama-sama saja.

Kekurangan CBR 250 dengan Ninja 250 untuk harian adalah pada waktu belok patah dengan stang pentok full. Alias maneuver dalam area parkiran. Saat belok patah, di CBR 250R tangan akan kepentok tanki alias hampir kejepit. Sementara di Ninja karena posisi stang masih agak depan, tangan masih aman.

Tarikan bawah, tergantung mainin gigi sebetulnya, konon harusnya CBR 250R menang sehingga bisa meladeni Mio dan skutik lainnya. Tapi kok kalau harian ginian nggak terlalu penting ya.

Oh yah… posting ini didasarkan pada Ninja 250R karburator, belum yang FI.

Tambahan lagi, saya tekankan lagi Honda CBR 250R “lebih cocok” untuk harian dari Ninja 250R, tapi lebih cocok dan fungsional lagi… Skutik murmer Skywave lah!😛


Responses

  1. Dulu mas iwanbanaran juga posting tentang tidak cocoknya Ninja250 buat harian, tapi saya setuju metik is the best buat harian apalagi jalanan macet

    • Kalau sama sekali tidak cocok, mungkin nggak 100% bener. Karena selama 2008-2010 saya pakai Ninja 250R untuk harian ya OK-OK aja.

      • kenapa baru beli langsung dijual lagi?

  2. yang paling cocok buat harian sih tergantung orang masing-masing saya biasa pake viixion stang jepit setelah beberapa hari pake matic honda spacy ko yang saya rasakan kurang luwes misal saat ngerem atau nikung kurang pede jok yang keras bikin pantan sakit nah yang aneh ko pinggang jadi pegel apa karena biasa nunduk sekarang jadi tegak ya kelebihannya sih saat ada barang bawaan bisa masuk ke bagasi

    • betul.. gw pake ninja 250 stang standar puegelnya malesin, pas ganti stang yg lebih pendek dan lebih nekuk malah nggak terlalu pegel.. footstep ditambah adapter supaya lebih ke belakang sikit.
      malahan pas pake bebek/matic/byson adek gw mendadak bloon, kurang pede waktu bebelok pakai stang yg lebih lebar dan lebih tinggi posisinya.

  3. enak di pake tapi kok tampangnya jelek.. yg ini pegel di pake tapi kok keren.. hayo pilih mana???

    • Soal styling lain soal. CBR lebih elegan, Ninja baru lebih racy, tampilan soal selera. Tapi kalo suara….. 2 silinder memang lebih bagus.

    • Ya kalo jelak ya ga usah beli, kalau mau keren ya beli yang keren, terus gw harus nurut situ gitu, menurut situ keren menururt gw juga harus keren emang ye? Fan boy fan boy.. Kacrutt

      • hahaha sinis amat dah nih orang…

  4. Great review…

  5. Sesekali enak kok naek cbr
    tp jauh lbh nyaman klo sehari2 pake skutik

    http://www.dk8000.co.nr

  6. enakan pakai scooter Kymco yg 125cc, seri Trend/Trend SR atau Metica. Kaki bisa full selonjoran🙂

    Makin dalem buka gas, makin hilang getaran.

  7. nyamanan matic lelet dan butut ane buat di kota😀, mau adu balap ama ducatipun juga oke kalo lagi di perkotaan,

  8. begitulah, sesuai tujuan cbr250, oke juga bwt keharian.
    tp buat macet2an, puanas, adu geser diparkiran.. metik lbh asyik

  9. yah……. Kln di apa2kan masih tetep enak naik honda beat lah,….. Meski gw laki dan dibilang gak cocok naek kancil , gw rasa salah tu orang yg bilang nya ….. Dengan honda beat gw bisa nyalip kreta gajayana mulai dari kediri ampe tulung agung…. Hebat kan hoda beat. !!!!
    Tanks buat beat ……

  10. gue lebih milih satria FU,velg tdr,knalpot yoshimura,..haha soale motorku FU,d jamin cewek” nempel dahhh

  11. Enakan jalan kaki
    Sueehaat bro…

  12. Tunggu saja
    Dan lht penampilan SZK INAZUMA 250cc (Si Kilat petir/trelep;bhs jawa )
    Lebih enak buat harian juga touring , ! .

  13. Harga cbr 250 brapa sih bro.? d tempat saya 44jt

  14. tapi d sirkuit kok cbr juara y???

  15. Menurut ane sih ketiga motor tersebut enak semua bro… Matik mio enak, ninja enak, cbr juga enak… Tapi yang ane suka dari ketiganya sih ninja karna suara 2 piston nya yg bikin lain dari yg lain. Kalo mau lari sih …. Nyatanya mio jg jagoan di drag race… “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮

  16. Mau lawan honda Mega Revo 110cc punya ane?
    Dijamin dukatipun nangis kejer tuh. Haha. . .

  17. kalok ninja itu apabila pkek premium,apa efek sampingnya mas bro?

  18. setelah beralih dari ninja 250 ke CBR 250, jajan gue jadi bisa lebih banyak dan badan gue jadi lebih segar (Ngga pegal2x lagi), rebah di tikungan juga jadi lebih pede…

  19. lumayan sekarang pk cbr bisa neraktir cw gak usah pikir panjang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: