Oleh: arantan | Oktober 21, 2012

Standardisasi ketat ala AHASS

AHASS Clara Jalan Panjang (Arteri Kelapa Dua)

Tanggal 20 Oktober 2012, saya service CBR 250R di Jalan Panjang, menggunakan kupon gratisan dari buku service. Waktunya sebetulnya belum setahun dari baru, km pun belum waktunya tapi biar aman mending motor ini di bongkar dulu dan di ganti olinya.

Clara Jalan Panjang termasuk bengkel AHASS besar! 5 lift di kiri untuk service ringan, 5 lagi di kanan untuk service agak gedean. Masing-masing lift dilengkapi toolbox yang bisa di dorong, dan juga masing-masing dilengkapi corong asap. Bagusnya lagi bengkel ini rasanya mencontoh model ISO an, dimana semua meja kerja harus dilengkapi nama employee. Di bengkel AHASS ini masing-masing lift di berikan nama mekaniknya.

Ketika saya sampai di bengkel sekitar 8:45 an, sudah banyak antrian. Setelah daftar, menunggu 20 menitan baru motor saya mulai di dorong naik lift.

CBR saya ditangani oleh mekanik bernama Ruswan, belakangnya di tangani Bapak Edin (Jika jarak antara Bapak Ruswan dan Bapak Edin 17.5 km dan Bapak Edin naik sepeda berkecepatan 15 km/jam, berapa lamakah … #eh). Saya sempat tanya ke Bapak Ruswan, berarti Bapak nggak boleh pindah-pindah donk? Iya, ini pegangan saya nggak pindah-pindah. So satu orang bertanggung jawab atas space nya, peralatan kerja juga tentunya tanggung jawab ke customer, which is saya dwuonk.

Pencantuman petunjuk keterangan di atas juga ada di mana-mana, penanda area, penanda mekanik, juga ada poster tentang flow di AHASS. Bapak Ruswan dan seluruh mekanik lainnya mengenakan baju seragam mekanik warna putih dengan celemek merah berlogo Honda, sepatu hitam, rapih.

Mulus! naked CBR 250R🙂, itu botol olinya, saya sekaligus ganti filter. Radiator juga di tambah karena kurang. Selebihnya machine wise, si motor is in good condition. Ya masih 3.000 km juga sih.

Di sebelah kiri bengkel tampak sekitar 10 skutik yang sedang di poles dan dibersihkan. Ini skutik yang dikirim dari pabrik dan mau di antar ke pemilik. Di halaman parkir dealer ini ada 3 pick up kecil, 1 pickup bisa memuat sekitar 4 skutik. Ini AHASS dan dealer gede!

Di belakang bengkel sendiri masih ada gudang 2 lantai, gudang ini bisa dibuat stock motor yang sudah diantar dealer. Tapi gudang ini kosong, lantai atasnya hanya berisi 2-3 motor, bawahnya pun masih lega.

Flow bengkelnya rapih dan antar kegiatan tidak saling mengganggu. Yang ngirim bisa jalan terus tanpa ganggu bengkel, bengkel jalan, jualan pun juga bisa jalan berdampingan.

Kondisi bengkelnya secara keseluruhan sedang saja, dalam arti bersih betul sih tidak juga, bangku tunggu sudah usang, dengan debu dan mungkin bekas-bekas oli yang membuat fabric jadi hitam, tentunya tidak AC. Soal ukuran kenyamanan jadi sedang saja. Tersedia WiFi tapi di protect password yang tidak di share.

Soal pencahayaan sangat baik, seperti di foto, pencahayaan alami di tambah pencahayaan buatan. Bikin mekanik bisa menservice motor dengan teliti dan semoga menjaga keamanan dan menjaga vitalitas si motor.

Semoga yang sudah bagus jadi semakin bagus lagi.


Responses

  1. Sama kang ahass hyundai ǰΰҨɑ̤̈̊ BªªGG☺º°˚˚°º☺ƾƾ»…(y) ….. Ruang tunggu ber ac pula…

  2. bro arantan, kok ninja di ganti cbr. perasaan dulu mau ganti kiblat dari motor sport ke roda 3 atau skutik cc gede.

  3. baru ambil cbr mas???
    saya pikir ga balik me motorsport lagi mas…

    http://www.dk8000.co.nr

  4. cbr250 silver, warna limited edition..felling bmotor’y d asah lg. Coz tangan & kaki kerja smua..balance.

  5. ternyata masih baru toh..
    mantab

  6. Whuikkk… motornya masih mulus jaya…
    ini motor kalo lewat jalan berlumpur gak pake digendong kan ??
    wekekekekek

    • TQ bro.
      Belum pernah ketemu ujan🙂

  7. Wuisss si teralisssss…..😀

  8. Huggernya kedodoran gitu mas?😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: