Oleh: arantan | Oktober 12, 2012

Pengalaman Jakarta – Bandung via Jonggol

Tanggal 6 Oktober 2012 hari Sabtu saya dan teman kantor jalan naik motor dari Jakarta ke Bandung. Gambar peta di atas adalah rute perjalanan, dengan note orange yaitu tempat stop waktu foto. Start dari Cibubur, Jonggol, Cikalong, Mande, Ciranjang, Cipatat, Padalarang. Total perjalanan kalau terhitung dari rumah saya di Utara Jakarta adalah sekitar 170 km, kurang lebih.

Berangkat dari rumah di Jakarta Barat jam 05:00 kurang, sampai di Premier – Bambu Apus sebelum 6:00. Maklum inilah enaknya kalau beangkat pagi, tembus Jakarta bisa cepat tanpa macet dan masih adem. Sempat ngopi-ngopi dulu di rumah teman, berberes, kemudian ngisi bensin di Petronas Cibubur, mark di foto saat itu jam 6:30 pagi.

6: 30, ngisi bensin sampai full tank dari penunjuk setengah, kemudian langsung jalan, habis untuk bensin 75.000, suatu yang juga mengingat kalau harian saya biasa ngisi Suzuki Skywave dari posisi E ke full cuman 15 ribu, lebih dari itu tumpah.

7:40 pagi, Coffee Break di sekitar Cikalang, cuman berhenti sebentar karena langsung turun, foto, oom Irwan ngopi, saya cuman minum Aqua aja, 15 menit stop dan langsung lanjut ridink lagi.

Jalan dari Cibubur sampai Cikalang di Sabtu pagi terbilang sepi, hanya beberapa mobil dan motor, tida ada kemacetan. Kondisi jalan adalah aspal dengan banyak lubang dan bergelombang. Di sisi kiri kanan jalan lebih banyak pepohonan dan semak, lumayan adem. Lebar 2 jalur itu lumayan pas-pasan.

Sepanjang perjalanan sampai ke Cikalang tidak ada tempat stop yang besar, kalau harapannya bisa ketemu Starbucks/Mc Donald, nggak ada. Mau pakai moge, bebek atau apapun kalau mau stop ya harus di warung kecil seperti ini.

8:57 pagi, foto diatas waktu terjebak macet di Padalarang. Saya berhenti di depan nungguin Ducati🙂 Oom Irwan kayaknya jalan di sisi kanan mobil dan berhenti, saya dikira di belakang tahunya lebih depan. Anyway terhitung berangkat dari Cibubur 6:30, 2.5 jam kemudian sebetulnya kami sudah menyelesaikan 80% perjalanan (secara jarak lho). Bandung rasanya dekat sekali kalau dari Cibubur.

10:15 baru sampai di Sheraton Bandung, dari Padalarang ke hotelnya kena macet dalam kota Bandung, jadi total perjalanan kalau dihitung dari Cibubur cuman 3 jam 45 menit termasuk macet dalam kota Bandungnya.

Kondisi jalanan variatif, rata-rata kiri kanan pepohonan dan sawah-sawah, beberapa kali masuk kota dan kena macet tapi secara overall ok. Lubang jalan sangat mengganggu, jalanan sepi, ketemu beberapa lurus yang panjang, anak jalanan juga dikit, tapi pakai motor matic nggak bisa kenceng, karena lubang-lubang, gelombang, sebagian jalanan pun juga betonan, membuat motor saya mantul liar kemana-mana. The best bike for the road is motor-motor seperti Ducati Multistrada ini … eh… Mangsudnya motor yang punya power band merata, sanggup menghandle berbagai kondisi jalan yang keriting.


Responses

  1. 15ribu klo isi Premium iya.. Klo pertamax ya ga bakal penuh malah.. Hehe..

    BTW, maksimum speed klo jalanan lagi kosong berapa? Karena klo motor cc kecil yg klo ikut jalur yg sama dari sisi waktu gak akan sama klo speednya gak bisa mempercepat waktu tempuh..

    skywave standar yg gak diotak-atik mesinnya cuma bisa 100 atau 105 kmph (ada juga yg bilang 120kmph) jadi gak bisa sama waktunya klo ikutan.. Hehehe..

    • ada sih skywave yg bisa 120kpj, standar pabrik, tapi jmlnya sangat sedikit sekali :p rata2 mentok 110kpj(udah bagus itu)😀

  2. ntu abis berapa liter om, yang metic ame yang setrada?

  3. kalo jalannya bagus enak banget tuh traknya.

  4. Ga ada niat minang ducati jg mas? Hehehe

    http://www.dk8000.co.nr

  5. Woww.. Platnya kuartet 6 ya mas. Kerenn

  6. jonggol race….. ternyata :p

  7. […] kali saya jalan agak jauh naik motor aka “touring” sudah setahun yang lalu, waktu ke Bandung. Setelah itu memang sempat beberapa kali ke BSD untuk urusan KTM dan sekali ke plant AHM Cikarang. […]

  8. Haha Tempat coffee stop-nya pernah mampir tuh! Deket chicane ciluk-ba jalan rusak :))
    Rute tercepat ke Bandung untuk roda dua ya lewat sini🙂

  9. nice info om…wah saya mau coba rute ini…rencana saya mau mudik tgl 15 juli 2015.. tujuan yogya, biasanya lewat purwakata kebandung terus tasik dst sampai yogya (jalur selatan)… tp kalo menjelang lebaran macet…
    sepertinya lewat jonggol lebih sepi bisa hemat waktu ketika menuju bandung dari jakarta, apalagi saat suasana mudik jakarta kearah cikampek pasti macet… cukup naik ninja 250 aja, ducati gak sanggup memiliki om : ) …
    mudah2an gak nyasar soalnya bawa google maps di android..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: