Ducati Mutlistrada dan Piaggio X evo, sama-sama merah, sama-sama dari Italy. Helmnya saya dan oom Irwan juga sama-sama Nolan, jaketnya juga sama-sama Komine, tapi itu baru tampilan…
Adik ketemu kakak?
Kalau lihat video waktu saya di belakang Ducati Multistradanya oom Irwan, kelihatan sekali kalau power beda jauh. Piaggio X evo saya 22, sementara Multistrada di 150-160. Beda power sampai hampir 7 kali lipat! Dan V2 pulak. Dari awal saya sudah kenali bener perbedaan ini, bukan saja soal power tapi tentu dari Ducati membuat semuanya seimbang, dalam arti pengereman si multistrada pastinya juga berkali-kali lebih OK dibanding saya. Ini racikan motor untuk multi purpose, sport, touring, urban dan enduro. Shock juga beda, dia bisa diatur electronic…
Selama perjalanan akhirnya oom Irwan Ducati berkali-kali harus nungguin saya. Ya mau gimana lagi, dia sempat 150 kpj sebelum akhirnya mesti jalan pelan untuk nunggu saya. Tentu motor saya 150 pun nggak sampai, he he he.
So… waktu jalan inget, gampangnya dia masuk belum tentu saya masuk, dia dapet ngerem belum tentu saya dapat ngerem. Kalau touring bareng, ya jangan lihat si Ducatinya, lihat jalannya. Beberapa kali pas pulang di belakang truk, ketika dari arah berlawanan kosong dikit Ducati bisa ngambil kanan untuk melewati si truk. Plintir dikit si motor mau aja di sentak, mau pelan, mau kenceng, napas ngisi terus… Problemnya saya tidak, walau saya 250 cc, tapi saya matic bro?! Size body sepanjang godzila gaban, lebar segede gaban! Akselerasi … ya pelan, perasaan sih sebenernya akselerasi termasuk OK, tapi kalau dibanding Multistrada ya keok! Jadi saya kalau nyelip ya patokannya bukan si Ducati, patokan tetep kondisi jalan, kalo bisa masuk ya masuk… kalo nggak ya tunggu ajah, sabar.
CS1 mirip Multistrada? ho oh, kalau motornya di SCBD dilihat dari Monas pakai sedotan… Anyway mau pakai moge pun ya berhentinya harus di Alfamart juga…
Soal pengereman saya juga sadar diri.
Kalau mau masuk jalanan keriting atau tikungan tajam Ducati Multistrada tentunya bisa ngerem ngepas, Piagggio X evo tentunya enggak! So ambil jarak cukup dengan Multistrada, walau di posisi belakang Ducati, saya mendingan ngerem duluan!
Ngerem pun si Ducati sebetulnya nggak perlu terlalu ngerem untuk melibas jalanan keriting. Shocknya OK kok, nah saya? Ban 14 depan, belakang 12 bro! Suspensi juga diperuntukkan untuk aspal mulus.
Anyway berkat sadar diri sadar motor, semua dapat dilalui dengan aman dan bahagia. Walaupun touring rame-rame, patokan tetap ke kondisi jalan, kondisi lalu lintas, yang disesuaikan dengan kemampuan motor, kemampuan diri.
gede bgt mtrna,si cese jd kelihatan mungil
Pengalaman yang sangat bagus utk di sharing mas
selalu awas dan tdk terprovokasi dengan kendaraan lainnya
—
http://www.dk8000.co.nr
ga kuat dah klo ngikutin moge.. .mrgreen:
ga kuat dah klo ngikutin moge..
marka tanpa putus kok dilanggar boss?lupa sm artikel safety riding n taat aturan yg ente tulis yah