Dear All,
Today morning I took a budget taxi (a Tata Nano) and came to work. After I got down from the cab it couldn’t even go 100m, it caught on fire.
Luckily the driver was able to jump out of the car but if I was seated behind I wouldn’t have escaped.Please pass the massage and tell your loved ones not to use these cabs as some parties are already trying to cover the story..
See the car fire pictures below.
Same this has happened in India too.
Ini dari Colombo City Sri Lanka.
Kenapa Tata Nano “memilih” Indonesia? Memilih berkesan seperti “berkah” gitu ya kalau Tata mau ke Indonesia? Indonesia itu memang sering di lirik, *dilirik sebagai pasar. Karena rakyatnya BANYAK, market size untuk barang bersifat affordable sangat menggiurkan.
Di belahan dunia Barat dan negara-negara maju, calon pembeli mobil mobil terlindungi oleh lembaga bentukan pemerintah yang memeriksa kelayakan mobil sebelum dijual. Kelayakan tentu menyangkut perangkat keselamatan, misalnya pengujian tabrak yang hasil ujinya di publikasikan ke public. US punya NHTSA, ada juga http://www.safercar.gov/ website yang isinya sampai merecord recall yang dilakukan ATPM. Eropa pun punya Euro NCAP http://www.euroncap.com/home.aspx Jepang punya sampai Cina pun punya. Sampai ada video crash test di buka secara public.
Mereka punya prosedur pengetestan yang baku dan jelas, tabrakan head on, tabrakan samping, derita yang harus ditanggung pengemudi, penumpang, apakah anak atau orang dewasa bahkan sampai ke pedestrian.
Intinya ada semacam prosedur dan mekansime sensor yang dilakukan regulator sebelum kendaraannya di lepas ke pasar.
Indonesia?
Keberadaan tentang uji crash test di Indonesia sama statusnya dengan India yang negara asalnya Tata, yaitu tidak ada tahapan pengujian. Yang ada di Indonesia setahu saya paling sebatas uji emisi, kalau emisi masih bisa di atasi, catalyc converter pada knalpot misalnya, sesuaikan pembakaran, selesai. Tapi kalau soal nyawa yang sebetulnya hal teratas tentu soal lain lagi. Jangan bicara fitur lain kalau dasar kendaraannya pun belum aman.
Karena memang di Indonesia belum ada badan penguji seperti di negara maju, untuk amannya kita mengacu saja ke hasil uji yang sudah dilakukan di Barat. Konon sih Tata Nano lulus uji crash test di UK dengan modifikasi dan penguatan pada struktur. Masukkin ke Indonesia yang versi lulus uji ini dong, boleh murah asal jangan murahan lah, soal nyawa oi!
Gimana tahunya versi Tata Nano apa keluar di Indo? Suruh blogger (*selain saya) crash test dong.
Eh selain uji tabrakan harus ada uji bakar ya.. gimana nguji anti bakar ya?
Mobil kecil = City Car.. tapi “city” yg mana??
Jakarta? dah kebanyakan mobil.. “Jalan” yg ada udah gak muat.. 🙂
pengin juga, tapi bingunk mutu pa ga yaa
lha si juke nabrak juga kebakar
Coba googling dulu bro.
Mobil atau motor memang pastinya bisa terbakar, tapi lihat penyebabnya dulu. Ada beda signifikan dan tidak bisa disamakan antara Juke dengan Tata. Juke terbakar setelah menabrak keras. Kalau Tata Nano dlm keadaan diam dan bahkan ketika diparkir kemudian terbakar, ada juga yg terbakar dulu baru menabrak. Saya coba kasih lihat potongan korannya dari site India/ Sri Lanka.
Lagipula setidaknya ada skitar 3 kejadian berturut2x tentang Tata Nano di India. Yang kemuidan menyusul budgeted taxi di Srilanka.
Kalau pointnya mas bro, accept dan pasrah saja si Tata Nano karena mobil apapun bisa terbakar kan bukan itu ya?
tipe nano, tahun, dan tahun pemberitaanya, dan apakah di us dan eropa, nano terbaru ada masalah seperti itu? supaya jelas.
Ada di www semua kok bro tinggal cari-cari aja. US sama Eropa nggak ada Nano.
mau 100 kejadian tata nano kebakar,ke yang pasti belum ngalain jumlah tabung 3 kilo yang meledak. mobil nasional kalo mau product uji kelayakan ledak aja. mau macet,ke yang penting macet sama rakyat kecil ngak masal,ko. masal macet hanya untuk orang kaya rakyat kecil nyatai aja. berkah rakyat indonesia dari india dari pemerintah sendiri tabung 3 kilo kali,ya.
harga mobil mahal saja jalanan sudah macet dan konsumsi premium melampaui quota, apalagi mobil murah.
rakyat kecil juga kepengen nikmati yang nama macet diatas mobil murah tatanano.
Nano nano yang bakal masuk Indonesia,hehehehh.
masih lebih keren bajaj bro 😀 😀 😀
masih ngerih tabung 3kilo kali. ditimor-leste aja ngak laku.
Wah lha kok mengerikan begitu?
Kalo yang dijual disini yang standar eropa sih dah lulus ujian standar..tapi kalo yang dijual di India…no comment
Tata nano hadir krn bnyk warga di negara berkembang yg msh blm mampu membli mobil “normal”. byngkan klo PDB negeri ini udah kek negara maju, klo pengin mobil pasti bli sekelas Mazda MX-5 ato outlander..
jgn harap stndr di negara kita sm dg di eropa. Yg lbh parah dr tata nano bnyk.dan mashlulus uji kir. Msh bnyak colt t120 atawa hiace yg sdh ga layak jalan mash sliweran dijalanan.bukn membhayakan supir aja.tp jg org lain.yg saya khawatir malah jalan tmbh macet dngn hadirnya mobil murah.
Benernya paling ga tunggu 3 tahun lg sampe tata bisa alih teknologi dari jaguan n land rover dengan baik
selama mobil ESEMKA belum jadi MobNas
maka Tata Nano adalah berkah bagj komsumen Indonesia
yang ingin pujya mobil baru nan murah
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/suzuki-runtuh-bila-enggak-serius.html?m=1
kalo nano nabrak terus kebakar, kira-kira kasusnya bakal kefollow up kayak nissan juke gak yah… 🙄
Yg pernah saya saksikan sendiri kebakar di Jakarta:
VW Kodok 2x, VW Combi Brazil 1x, VW Combi Jerman 1x, Mitsubishi Lancer 1x, Bis Hino 1x.
hidup tata nano yang pasti berkah buat rakyat kecil. yang tdk suka sama tata nano bukan rakyat kecil pasti orang kaya. mau macet,ke mau terbakar,ke bukan urusan,lho yang pasti saya doain tata nano diterimah oleh rakyat kecil di indonesia.
expat India di Kantor ane ogah pake Tata Nano. Mobil jelek katanya…
Kalo org india sendiri sdh bilang jelek berarti parah.
kalau gua sich asyik aja dgn tatanano kalau mmg bener harganya kisaran 30 an juta kan gak ngeberati kantong buat kepasar antar anak kesekolah dari pada beli motor kehujanan kepanasan pekara standar tidaknya orang indonesia bisa atasi jagonya ngakali.dengan harga segitu jangan berharap lebih deeh
Tata nano masuk indo bisa di bilang sangat membantu…,paling nggak yg dari naik sepeda motorbisa ngrasain mobil plus multi fungsinya..terutama bagi yg punya 4 anngota keluarga..daripada resiko naik motor,,,,blum lagi kalau naik motor asal2lan..paling nggak dengan mobil, mereka lebih berhati2…karena kalau manuver….{kepot kepotan..:) } mobil lebih susah dari pada motor…,yach moga tata nano bisa membantu kebutuhan masyarakat indonesia..dan agar indonesia segera bangkit dengan adanya persaingan…semoga segera ada perubahan untuk segera memiliki mobil nasional yg lebih handal…