Oleh: arantan | September 4, 2012

Polri minta masukkan: Gimana kalau jarak tempuh sepeda motor dibatasi 200 km?

Touring paling jauh saya rasanya cuman Jakarta – Jatiluhur, nggak sampai 100 km.

Di ambil dari Tempo online di sini.

“Terutama saat melampaui 200 kilometer.” kata dia dalam rapat evaluasi mudik lebaran 2012 di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Senin 3 September 2012.

Kepolisian, kata Pudji, akan menyiapkan aturan khusus sepeda motor agar tidak melampaui jarak yang melebihi kemampuan mesin. Ia mencontohkan salah satu poin aturan itu akan melarang sepeda motor bernomor polisi B (Jakarta) untuk memasuki daerah Bandung (nomor polisi D). Selain itu polisi akan menindak pengendara sepeda motor yang membawa muatan berlebih karena membahayakan keselamatan.

Jadi motor dengan plat nomor “B” nggak boleh masuk daerah Bandung. He he he, seru nih pasti, saya sendiri nggak pernah touring sampai lebih dari 200 km *rasanya. So nggak ngefek juga kalau aturan ini diberlakukan. Tapi pasti ini akan menyulitkan banyak rakyat, khususnya para pengguna motor yang sering bepergian jauh.

“Untuk poin yang lain, kami meminta masukan dari semua pihak sebelum aturan ini terbit, ,” ujarnya.

So, wacana pembatasan ini baru masukkan. Saya juga sebetulnya penasaran, kenapa kalau para pe touring dari berbagai komunitas kok hidup-hidup saja aman-aman saja bertouring🙂, sementara sebagian lagi kasihan sekali, mengalami kecelakaan yang mengerikan…

Resepnya para pe touring itu harus bisa di turunkan juga ke para teman-teman pemudik mungkin ya? Cuman memang ada filosofi mendasar dari para pe touring, mereka touring untuk fun, untuk menikmati jalan. Sedangkan dorongan para pemudik betul-betul untuk sampai ke tujuan…

The journey is the destination <- pe touring.
The destination is the only goal <- para pemudik.


Responses

  1. ada ada aja

  2. infrax tuh perbaiki…

    http://roda2makassar.wordpress.com/2012/08/27/riding-trans-sulawesi-with-mio-j-eksplorasi-269-km/

  3. aneh aneh aja..
    di Indonesia jd pengendara motor itu kbnyakan krn terpaksa,klo orang pnya duit psti lbh milih naik libom..

  4. terus wakapolri ga bisa touring jauh bareng HDCI dong. misal yg mudik pake motor kemarin semua beralih ke transportasi massal apa pemerintah bisa menyediakan? tapi kalo saya sih daripada mudik naik motor bawa anak kecil ya mending ga mudik.

  5. pembatasan itu untuk para ank.sklh n sim c1. .. asumsi ane sprt itu…

  6. waaah… masak sampe Bandung gak boleh.. bagi yang terbiasa turing sepeda motor, jarak Jakarta-Bandung masih bisa dibilang jarak menengah. Yang terpenting bukan jaraknya, Tapi kesadaran pengendara akan keselamatan dan dukungan infrastruktur yang harus ditingkatkan/dibenahi.

  7. tau kenapa banyak yg kecelakaan pake motor ?, soalnya yg pake motor sebenernya gk layak naik motor cz kelulusan tes simnya kudu dipertanyakan, tau kan maksudnya apa. jd buat meminimalkan kecelakaan harusnya diperketat aturan n test pembuatan simnya.
    tp bagus juga kalo plat B gak boleh masuk bandung, biar bandung gak terlalu macet, saya orang bandung asli sangat mendukung aturan itu😛

    • Preeeeett….!!

    • Orang aneh, ane juga orang bandung yg jd warga jakarta, hampir tiap 2minggu pulang, bg ane k bandung itu dekat, ga terlalu melelahkan pk motor, sebenarnya yang bermasalah itu adalah kesadaran pribadi, trutama pada saat mudik yang selalu overload…

      • jalur kebandung dr jakarta lewat mana gan ya? kebetulan gue mau kebandung gan ada urusan tp kudu naik motor ane hehe,bisa bantu ga gan? send email mungkin hehe,makasih ya gan (flame_of_sora@yahoo.com)

      • Kata orang…. Cibubur – Jonggol

  8. ribet, urusin dulu tuh infrastruktur jalan

  9. Nggak efektif & nggak efisien…
    Lah kalau orang yg tinggal didekat perbatasan wilayah gimana….??
    Kayaknya beliau ini jg belum pernah dengar ada touring jelajah negeri dr beberapa pabrikan motor bebek di Indonesia…

    • Kalau pas nempel saya rasa bisa diatur, misal Bogor – Jakarta ya. Tapi yang jadi contoh Jakarta – Bandung mmg lebih jauh.

  10. sepertinya terlalu memaksakan n terkesan strategy instant. kurng mengena dan rawan bcor..
    lbh setuju klo adanya pengetatan SIM, orang g bolh naek motor dijalan raya bla tak punya SIM, yg prosedurnya ketat.

  11. ngawurrrrrrrrrrrr……..
    gimana ama orang bandung yg punya motor plat B? apa iya akan dilarang seliweran?
    motor gue juga pernah berplat “B” padahal bukan di jakarta, cuma beli seken dari jakarta, masa iya gak boleh digunakan di jalanan sini.
    ada2 aja ah.. itu pejabat pasti bukan pengendara motor jadi kalo mau bikin aturan gak bakal sesuai ama user motor.
    serahkan pada ahlinya saja

  12. cesssssssssssss minta masukin judul nya nih ye,,,, jadi sarge nih matius jadi nya,, ngomong2 siapa ya yang mewakili polisi nya,, kalau yang mewakili masukan nya biar matius aja,, tapi degan satu sarat yang mau dimasukin ngak banyak makan cabe,, nanti kepanasan dong matius junior nyaaaaaaaaa cesssssss apa ngak gila tuh di kencot2 crotttttttttttt

  13. klo motornya (pelat B) masuk kapal ato lewat kereta ke Semarang dan Surabaya, berarti di tindak juga dunk??!!!! polisinya orang kaya sih ya, langsung lahir langsung kaya, gak pernah naik motor atau hodup susah… ide kok goblok amat ya?

  14. alah siah, motor saya plat “D” keliling di jakarta ame tangerang, kumaha eta….

  15. Nggak setuju blas!nantinya pasti banyak bidang usaha di aksesoris otomotif yang bakalan gulung tiker.yang jualan box givi,shad,kappa,dll,yg jualan boots,jaket,sarung tangan,rompi,dll yg banyak banget ga bisa disebutin satu persatu.buat apa beli aksesoris macem2 kalo motor itu cuma bisa dipake komuter rumah ke tempat kerja?mending beli sepeda ontel aja sekalian.orang jg bakalan mikir buat apa beli motor cc besar,mendingan beli motor matik aja buat pergi ke pasar,beli CBR,ninja,Vixion,Pulsar,Tiger,Megapro dll buat apa?lha wong cuma dipake kurang dari 200 KM?hehehe…pemerintahnya keblinger.imbasnya bakalan gede banget ini.Mau nurunkan angka kecelakaan?mbok ya sistem pembuatan SIM di negeri ini dibenerin dulu.diperketat,dipersusah,diadakan penjenjangan,jadi orang ga langsung lompat ke motor CC besar seperti ninja 250 atau CBR 250,sekarang ini kan banyak alay yg ga pake peralatan safety memadai kebut-kebutan pake motor yg barusan saya sebut.kalo lihat cara orang bikin SIM kan yg penting bukan knowledge berkendaranya tapi duitnya yang dibawanya.wani piroo???bayar aja ke polisi jumlah sekian,anda tinggal duduk manis nunggu tu SIM bakalan jadi deh.. Masa kayak gini nyalahinnya bikers klo kecelakaan jadi banyak dijalanan?

  16. kebanyakan tingkah emang aparat diindonesia…..
    transportasi umum jja lom memadai …
    make mau aturan gitu
    emang kamprett ….

  17. Aturan yg diskriminatif ….

    Mereka aparat, keparat, atau bangsat?

  18. Indonesia noraknya kelewatan,bener2 ngga mikir pengguna motor bgt,buat apa ada club motor “TOURING” dijakarta kalo ke bandung kaga boleh? itu org2 touring aja pada ke jogja,touring vespa aja udah banyak yg dr jakarata ke jogja! ini sok2an gaboleh melebehi kapasitas mesin lah persetan nih,kesel bgt gue,siape yg bikin aturan sih? pengen gue getok asli -,- kalo emng maunya motor pada gaboleh jalan jauh begitu,beliin mobil semua pengguna motor,skalian gausah di adain kendaraan roda doa di jakarta

  19. indonesia emang norak….. apa apa di batasi- lah mobil bebas aja
    ga adil bro……….
    mending ga usah ciptakan motor aja bro
    pesawat jet aja bro….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: