Oleh: arantan | Agustus 18, 2012

Kita belum merdeka, mari keluar dari jebakan 4L4Y!

Foto atas: 4L4Y bukan? BUKANNNN!!!

Bagi pemegang bebek atau matic, rasanya sudah pegang kartu mati untuk modif motornya, apapun gaya modifnya jatuhnya 4L@Y. Salahkan saja negara sebelah…

Seolah aliran modifikasi sudah ditetapkan dari awal, sehingga mau digimanain pun hasilnya tetap saja 4L4y! Coba aja dilihat dari bawah ke atas:

  • Ban, mau di low profile: 4L4y Bebek pakai extra lebar pun…
  • Ban mau di ruji-ruji, undur-undur: 4L4y
  • Cat mau di glitter: 4L4y
  • Sembur Airbrush: 4L4y walau tergantung motifnya juga sih
  • Ganti-ganti stang, spion, jok dan lain-lain… jatuh-jatuhnya 4L4y juga kalau materialnya bebek atau skutik…

Sepertinya sudah skak mat! Mau kemanapun arah modif bebek atau skutik Jepang, jatuh-jatuhnya 4L4Y juga. Sulit untuk keluar dari jebakan 4l4Y!!!

Mari bangsa Indonesia… kita harus MERDEKAAAAA!!!

Foto atas: Bangunin dong bro….
Alay bukan? BUKAAAAN

Gimana cara keluar dari jebakan 4L4Y?

  1. Jangan overly modif… Segala sesuatu yang “over” jadinya lebay = alay. Lebay: Alay. Lebay: Alay. Lebay: Alay.
    Sulitnya memang kalau ke toko aksesoris ditanya: Ada aksesoris untuk motor saya? Mereka akan mengeluarkan barang-barang aksesoris bling-bling dari… ya Thailand juga. Join the Dark side!!! mati kutu kita…
  2. Mesti berani keluar dari pakem. Coba lihat referensi luar, gimana cara mereka modif? Atau sama sekali motornya nggak usah di modif aja?
  3. dan lain-lain saya juga bingung ah…
    * kaburrrr

Salah satu cara keluar dari 4L@y style: Motor nggak usah di modif, tapi jaket dan helm top abisssss!!!

Foto atas: Pakaian yang bagus ditambah muka bagus dan badan bagus dapat mengeluarkan kita dari jebakan 4L4Y. Tong Fang, anyone?

All pics dari Scooter & Style.


Responses

  1. Wakaka.. Kesian si Tong Pang.. Dijelek-2in mulu..:mrgreen:

    Foto ke-1 tanpa dimodif-pun adalah KERENNNNNN…..

  2. Artikel ini keren—reblog ah

  3. Reblogged this on bennythegreat.wordpress.com.

  4. kagak bakal ada di indo biker cewe yg bentuknya kyk di foto🙂
    paling talent aja yg dipakai sebagai model product

  5. Ini yg gw suka, modif motor seperlunya, tapi jaket dan helm brani yg bagus skalian

  6. disinilah jebakannya masbro
    kalau 4l4y = ban cacing atau ceper abis yg sudah pasti ga safety, termasuk box yg berlebihan (padahal ga turing) ane setuju banget
    lain soal cat, glitter, krom-kroman blink2, airbrush, spion (selama masih berfungsi baik), jok, rasanya itu masalah selera modif pribadi masbro, apik-apik ae hehe…

    • setuju, kalo masalah estetika, selama motor masih aman dikendarai, ngga ada alesannya kita menghakimi. Terserah orang mau airbrush dan krom motornya sesuka hati, toh asal motornya masih layak jalan, ngga masalah.

      selera mah ngga bisa dipaksakan. Yang buat kita bagus mungkin buat mereka terlalu polos:mrgreen:

  7. kereennn artikelnya….. !!
    mantaptaptap!

  8. Mesti berani keluar dari pakem. Coba lihat referensi luar, gimana cara mereka modif? Atau sama sekali motornya nggak usah di modif aja ?

    Luarnya mana dulu ? Thailand ? Ya sama aja, lha wong itu kiblatnya, hahaha. Eropa, dll ? Ada bebek ? Kalo ada, apa dominan ?

    Barangkali modifan “alay” juga karena masalah budget si… Ban cacing lebih murah dari ban standar. scotlite glitter lebih murah dari cat ulang. Spion variasi (biasanya) lebih murah dari spion orsi🙂

    • modif bebek ala Eropa mah ngga akan ada yang mau Dis, modelnya lebih konvensional dari kita.

    • Saya pemakai matic, Suzuki Skywave, ini motor yang jadi alat transportasi sehari-hari. Saat ini lagi mau di jajankan, makanya saya cari-cari referensi juga. Perlu tahu juga aksesori untuk Suzuki Skywave itu minim sekali, mesti ke Suzukinya sendiri. Aksesoris untuk Skywave dari Suzuki itu asalnya dari Thailand… dibuat dengan selera orang sana, ya bling-bling aksen merah glossy, atau carbon…

      Saat ini saya pakai merah glossy, jadi memang matic sayapun tersudutkan dan terjajah jadi Thai Look juga.

      Saya juga mau cari-cari referensi, ya Eropa, Taiwan pokoknya harus keluar dari Thailand.

      • Oh, nah ini oom yang saya ngga tau. hehehe.

        Tak lupa ZB ucapkan Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin oom😀

      • oh pake skywave juga ya om?😯
        wah, tos dulu om..:mrgreen:
        skiwep memang susah om aksesorisnya..😦
        punya saya aja cuma pasang cover kontak yg krom SGA, inden 2 minggu waktu itu.🙄

      • hihihihihi, ternyata si om Thai luk juga:mrgreen:

        *termasuk modif ringan dan PnP juga saya rasa, tapi kan ngga otomatis bikin Skiwep om alay kan?😉

  9. kalo buat saya….pemikiran om agak2 sempit. Why? karena modif bebek itu nggak terbatas pada modif penampilan dan sekadar nemplokin aksesoris nggak karuan sehingga jadi poser. Apalagi kalo modif bebek cuma dipandang di perspektif TRL aka thai resing luk (yang ban jari2 itu).

    modif bebek pun banyak yang fungsional, ganti leher knalpot agar lebih plong (dengan silincer standar agar tetep legal road), ganti suspensi depan dengan as di bawah untuk mengurangi panjang wheelbase (agar lebih lincah), jadi apakah modif bebek fungsional itu juga ALAY?

    • jatuhnya tetap alay juga.
      ur argument is not valid🙂

      • emang gaya modif lu kaya apa masbro?😀

      • belum liat dah langsung judge?

      • @rullynova : bebek cupu saya sih fungsional2 aja, cukup gnti suspensi depan:mrgreen:

      • @shogun110tromol maksud ane buat vitryu….emang gaya modif dia kaya gimana yg kagak 4l4y😀

    • Ada foto? Mau buat referensi.

      Sebetulnya bukan soal funsgional atau tidak. Dari Thailand pun banyak yang masih dalam batas fungsional, tapi look nya itu.

      • mungkin yg om maksud modif tu jg yg ekstrim terus jangan sampe malah merepotkan & nggak enak buat harian ya?🙄
        apa cuma sekedar jangan sampe keliatan norak?🙄

      • @om arantan : ada om, sebagai contoh punya saya aja ya

        http://motorsayatromol.wordpress.com/2012/08/07/membuka-belenggu-maen-kotor-dengan-altia/

        Shogun 110 saya dimodif dengan menggunakan suspensi depan Satria 2 tak alias RU120 (modifan fungsional tanpa mengubah penampilan, hasilnya manuver di jalan lebih gesit dan feeling ride lebih rigid karena diameter suling sokbreker yang 27 mm). Oh iya, spion saya ganti pake punya Shogun FL125, balancer setang diganti dengan Shogun FL125 juga.

        Dan Satria FU150 CBU yang nampang di artikel itu punya temen saya, cukup ganti leher knalpot (itu kan modif juga om). Sebagai tambahan, bro Axo92 yang ikut komen itu juga modif ringan kelistrikan FU150nya😉

      • oh iya om, tambahan, saya disini mengutarakan pendapat nggak ada maksud mau menyudutkan opini om ato apa. Saya cuma pengen share. Contohnya dalam masalah modif bebek, bahwa bebek dimodif itu ya ngga selamanya cuma ada aliran modif tampilan aja, tapi bisa fungsional juga.

        Bisa modif suspensi, kelistrikan, ato sistem gas buang (tentunya tetep road legal). Saya pake ban ukuran standar (70/90 dan 80/90), spion sepasang, sekilas motor saya standar banget emang, tapi kan yang penting fungsinya, hehe. Semoga diskusi ini bisa berguna buat kita semua om😉

        *ada kewajaran kalo om berpikir bahwa modif bebek pasti jatuhnya alay, soalnya pemodif bebek fungsional itu jarang. Modif saya aja mungkin dicari seputeran Bandung ngga akan ada😆

    • setuju… motor aing kumaha aing😀

      • hell yeaah Bim:mrgreen:

      • tapi tetep inget “jalanan umum gak bisa kumaha aing”

  10. Bebek ato matic mah bwat kerja ja. .g sah di_modif2. .”

    buang2 duit mzbro. .!!

  11. pas banget neh, modif motor minimalis aj msh masuk ranah standart. nah bwt bikernya pake apparel yg keren..

  12. Maksudnya apaan sih nih blog.. Galk boleh menghina seseorang dan merasa lebih baik dari orang lain, dimata Tuhan manusia yg dinilai bulan harta atw motornya, tapi hati dan amal perbuatannya bro, jadi stop menghina sesama.. Mari kita saling koreksi diri masing2 dan jgan menyalahkan orang lain… Makasih..

    • setuju.
      Brarti kalo pake motorsemprot boleh ganti knalpot bising penuh polusi suara kah? ? Gak buat sirkuit tp buat harian toh jatuhnya tetap alay. .

      • sip…aku selaku pengguna ban kecil slalu dihina , dihujat , direndahkan.. tp sabar aja… kita hadapi dg lapang dada.

    • kalo buat saya, tiap orang yang menaiki sepeda motor otomatis sudah dewasa (makanya bikin SIM juga kan 17 taon, kalo yang gak malsuin umur lho). Jadi menurut saya, adalah tanggung jawab masing2 pribadi akan perbuatannya, kalo kita merasa udah on the right track, stay on it, jangan ikut yang menurut kita kurang bener, tapi jangan juga jadi ribut2 mengomentari pilihan mereka itu.

      *saya dulu juga sempet gitu, tiap ada yang Thai look langsung dijudge alay, tapi setelah saya banyak tukar pikiran sama temen, saya sadar bahwa alay ato ngga alay itu bukan sekedar soal ban ukuran standar ato spion sepasang aja. Kedewasaan ditentukan dari attitude anda di jalan😉

      • setuju juga om, tapi sebuah kedewasaan juga ditentukan dari jumlah spion, #eh..

        maksudnya, ketika seseorang dewasa dalam berkendara, tentu dia akan tau fungsi spion dan peranti yang lain itu apa dan tentu peranti itu gak bakalan dibuang hanya karna sebuah “style”.

        soal ban cacing alay, saya juga mulai berpikir kok. Ban cacing itu kan sebenernya ban drag yang dipake buat harian. Nah, pertanyaannya adalah, gimana dengan ban sirkuit yang juga banyak yang make untuk harian? apakah mereka alay juga? kan peruntukannya buat race.

        jadi ban apapun kalo memang peruntukannya masih untuk Sepeda Motor ya sah-sah saja..

        IMHO

      • hihihihi

        fokus saya sebenernya ada di kebebasan individu mengekspresikan dirinya, saya sendiri ngga suka sama aliran yang katanya ‘alay’ itu, tapi ngga berarti saya mendiskreditkan mereka. Nah, masalah ban, bisa kita terangin, kalo dengan ban yang sesuai medannya, mereka bisa lebih leluasa bersenang2 di atas motornya, jalan mulus hayu, jalan butut hayuu……👿

        tapi kalo dah dibilangin tapi ga setuju juga ya sudah, jangan dipaksa, itu kebebasan mereka buat kayak gitu. Resiko dan konsekuensi ditanggung sorangan we lah:mrgreen:

  13. motor / jaket / helm saya std semua… aman, jd gak mengganggu siapapun (comment alay mode ON). Pun seandainya brother semua lihat dijalan ada modif bebek/matic alay trus mau diapain ya ? Dinasehatin ? Di ajak berantem ? Disuruh ganti motor ? Hehehe (comment alay lagi). Modif ala thailand dianggap alay yah ? Susah juga sih, namanya juga selera, gak bs maksa selera kita ke org lain (alay again) — seraya berdoa semoga kita semua terbebas dari godaan alay yg terkutuk. Amin. Piss ah😉

    • kayaknya si penulis terlalu sombong sama seleranya sendiri, dan tentunya terlalu mainstream

      • Pagi mas bro.
        Yang sekarang terjadi hampir seluruh arahan modifikasi berasal dari Thailand, inilah si mainstreamnya.

      • betul banget,
        mayoritas modifikasi motor bebek/matic jaman sekarang seakan-akan kiblatnya dari Thailand *hayah😀

  14. ente kayaknya benci banget sama indonesia, mentang2 yg banyak di negara kita ini bebe’ dan matik

  15. I’ll just stop by here, like ur layout design and post
    keep up the good works!

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H
    regards
    fotopreneur
    fotopreneur.wordpress.com

  16. yg pake motor sport juga banyak yg alay. contohnya:
    1. knalpot diganti pake yg berisik.
    cuma naek n250 serasa naik moge. padahal mengganggu orang sekitar.
    katanya sih 2 silinder keren. bising tau.
    ga ada keren2nya sama sekali.
    masih mending denger suara bandit yg pake knalpot standar.
    lebih merdu dikuping.
    2. spakbor belakang dicopot.
    biar kayak motogp katanya. norak abis dah. plat nomer ngumpet dikolong.
    pas ujan airnya nyiprat ke orang yg dibelakangnya. mengganggu bgt.
    3.spion di ganti sm yg kecil atw yg std ditekuk.
    4.dll
    ane jg penunggang skiwep soalnya.
    skywave 400cc aka burgman standar. ga dimodif.

  17. yg pake motor sport juga banyak yg alay. contohnya:
    1. knalpot diganti pake yg berisik.
    cuma naek n250 serasa naik moge. padahal mengganggu orang sekitar.
    katanya sih 2 silinder keren. bising tau.
    ga ada keren2nya sama sekali.
    masih mending denger suara bandit yg pake knalpot standar.
    lebih merdu dikuping.
    2. spakbor belakang dicopot.
    biar kayak motogp katanya. norak abis dah. plat nomer ngumpet dikolong.
    pas ujan airnya nyiprat ke orang yg dibelakangnya. mengganggu bgt.
    3.spion di ganti sm yg kecil atw yg std ditekuk.
    4.dll
    ane jg penunggang metik soalnya.
    skywave 400cc aka burgman standar. ga dimodif.

  18. weleh kok malah dobel posting😦

  19. Setuju banget,beli motor keren modif minimalis(gedein ban setingkat) ato hijrah ke injeksi).Lalu pake fashion ma helm keren.Pasti bukan alay!

  20. SYM-nya keren, bro😀

  21. gue suka gaya elo:mrgreen:

    http://setia1heri.wordpress.com/2012/08/19/selamat-hari-raya-iedul-fitri/

  22. mesti berani keluar dari pakem dan lihat referensi dari luar

    betul itu, ikuti saja modif gaya amerika dg setang ape hangernya yg menjulang tinggi atau gaya rat bike, bisa juga ngikuti scandinavian choper dg shok depan selonjor jauh kedepan, begitu ya bos ?

    • bebek di modif gituan?? apa gak gila tuh❓🙄:mrgreen:

      • batangan dimodif gitu juga nggilani kok

  23. halah,,,intinya klo di jalan jgn ngebut,,alay dan norak,,,beres kan,,,meski sepet jga liat motor yg di modif terlalu over,,,

  24. fotonya bikin si otong senut senut ih….

  25. Klo masalah alay sih tergantung cara naik motor ridernya aja. Belum tentu misalnya modif jok, cat,dan air brush juga harus disebut Alay.

  26. inti dari yang om arantan bilang adalah, “Kenape modif matic ama bebek yang itu-itu ajaaaaaaaaaaaaa..”

  27. yang penting duit sendiri ga jadi maslah mau 4LAY KEK MAU ENGGK hak YANG PUNYA MOTOR…

    gitu jj kok repot mazz mazz

  28. alayer pada gerah hahahaaa…..

  29. kalau harley yg ngga ngebut tapi geber geber,padahal mesin motor di geber bukan takut mati kaya motor bebek atau matic yg di bore-up untuk balapan(langsam),tapi motornya diem pun tetep hidup,ini di geber geber,itu alay perilakunya apa emang gayanya harus geber geber

  30. Hahaha:mrgreen: alay pada gerah semua tuh om yang komen. Dasar alay iya alay sama dengan lebay, norak, kucel, apek, tengik, doyan kelayapan cari mangsa. Wakakak:mrgreen: good job om postingan yang mantap sekali ”I LIKE YOU’RE STYLE” TOP BGT:mrgreen:

  31. bro konsep motor gue streetfighter . otomatis ban , body gue “lebaykan” jadi gede . itu alay ga bro?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: