Oleh: arantan | Agustus 17, 2012

Discount Promo 3.5 juta dari group Piaggio, merusak harga pasaran second Piaggio

Promo discount ini untuk Vespa LX keluaran 2011, untuk Vespa LX 150 dari harga 26 juta jadi 22.5 juta. Sebetulnya sangat LUMAYAN! Konon ini karena mereka kebanyakan stock unit 2011, sementara tahun sudah berganti ke 2012. Ini cuman karena masalah administrasi dan shipment. Sebetulnya sebelum keluar promo resmi, secara terbatas sudah dilakukan promo dari mulut ke mulut kuping. Tapi ternyata hasilnya kurang nendang untuk menaikkan penjualan.

Sehingga sebagai usaha desperate, keluar juga discount ini, ya di promo lewat web, facebook dan tersebar kemana-mana. Akibatnya? Syukurlah dalam jangka pendek respon discount ini cukup positive, unit-unit 2011 tersebut akhirnya bisa laku dan keluar juga dari gudang.

Cuman dalam jangka panjang bagaimana? Bagi pembeli, bagi brand?

Kalau sekarang jual second LX, pasaran jatuh drastis.
Untuk LX 150 ie walau unit keluaran tahun 2011 akhir atau malah keluaran tahun 2012, harga di kaskus umumnya dibuka sekitar 22 jutaan.  Itupun pembeli akan nawar dengan ngomong promo 3.5 juta ini, lha harga LX 150 2011 yang ngambil di promo 22.5 juta, balik nama taruhlah 500-1 juta, jadi harga 22 juta juga, ya unit harusnya terdepresiasi kan. Jadi kebanyakan pembeli nawar di 20-an, sukur-sukur bisa kurang dari 20. Belum pakai 1 tahun harga sudah turun at least 6 juta, waduh.

Karena spread harga second dan baru yang begitu besar, toh unit juga tahunnya baru, ya bagi pembeli mending ambil LX second dong??? Akhirnya gimana pada penjualan LX yang baru? pasti ngefek lah…

In the long run, discount besar juga bisa buruk impactnya pada brand. Lha discount 3.5 juta principal, dealer juga masih untung kok! Mestinya harga berapa? Apakah selama ini margin terlalu besar? Kesannya dari awal harga “main-main” kan? Harga produksi, delivery, marketing, dan lain-lain masih besar.

Apakah promonya salah? nope… daripada nggak laku bro?! Tapi jangan se extreme itu kali ya? Discount 2 jutaan? Atau ya yang paling bener, tentunya prediksi yang tepat antara demand dan supply juga posisi harga. Over stock lagi bahaya.

Penjualan tipe-tipe baru dari Itali pun juga sulit membantu, seperti Piaggio MP3 yourban 125, New PX? Kenapa juga ini yang masuk ya? Dari temen-temen di komunitas sih belum kelihatan pergerakan untuk membeli. Dari pergaulan saya baru dengar ada 1 orang teman kantor yang sudah inden beli GTS, tapi ya baru itu saja.

Ide: Produksi GTS in Vietnam is a must, harga? Harga di sekitaran 40 awal.


Responses

  1. Info mas, untu 2011 kalo yang awal lx150ie masih 24jt, yang 125 22jt, itu harga pertama waktu muncul di prj, dan delivery yang pesen di prj itu sampe oktober, jadi kebanyakan lx 2011 jatohnya ga sampe 6jt kok, hehehe

    • Eh bener juga. Cuman kalau yang baru beli di akhir 2011 itu yang kena.

  2. Reblogged this on Ryan Dwi Putra.

  3. beli 2011 kok di jual lagi? besar pasak daripada tiang (gak kuat kreditan)? di ejek skutik gede tapi lelet? gak mudeng saya… yg jelas seorang emak-emak naik Liberty 150ie bisa jabanin NMP…

  4. nasib bagi para pembeli piaggio…. mungkin do’a pembeli zip skn 18 juta dikabulkan sama Tuhan YME😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: