Oleh: arantan | Juni 15, 2012

Recall Daihatsu di komunikasikan lewat jalur public relationsnya, bikin press conference dan advertorial

Ini advertorial PT Astra Daihatsu di harian nasional KOMPAS. Spacenya cukup besar, untuk 1/4 halaman 3 kolom dengan posisi bagus yaitu sisi sebelah kanan koran biaya placementnya bisa jadi berkisar 200 jutaan lebih. Baru biaya masangnya kalau ditambah dana untuk buat press conference berikut dana media?

Anyway saya belum pernah lihat sebelumnya ada recall yang di komunikasikan dengan effort sebesar Astra Daihatsu. Biasanya recall dilakukan one on one saja antara ATPM dengan pembeli. Saya dulu pernah beli Jupiter MX tahun 2005, belinya di indomaret terdekat. Tahu-tahu sebulan setelah pakai  diminta datang ke bengkel karena beberapa partsnya seperti shock, nut, mau diganti oleh Yamaha, semuanya gratis!

Recall dilakukan langsung dengan pembeli karena mungkin efeknya bisa negative terhadap penjualan, recall atau “cacat bawaan” dianggap bisa menurunkan nilai kepercayaan atas suatu brand. Tapi sekarang saya salut juga dengan keberanian langkah Daihatsu merecall Gran Max dan Sirion yang di komunikasikan dengan cukup besar.


Responses

  1. sayangnya disini recall di anggap produknya jelek

  2. dan saya belum menemukan BC dr pabrikan tetangga, harusnya jadi pelajaran dan pembiasaan soal recall buat yang lain..

  3. dah mulai niru negara maju

  4. ini dari pabrikan yg tadinya cuma bilang bahwa recall ini gak diumumin secara luas. recall kok diem2. untunglah udah sadar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: