Nanya: Pantaskah skutik Taiwan dengan posisi harga lebih mahal dari motor Jepang?

on

Posting kali ini di trigger dari Redribbon Army (Dragon Ball?), betul juga kalau produknya Benson seperti Like  dan Super 8 di patok di atas harga skutik Jepang. Lha secara brand, Benson ya tetap Kymco, namanya tetap motor Taiwan.

Umumnya kan memang barang Taiwan di patok harganya lebih rendah dari barang Jepang kan? Kalau di banding Taiwan, barang keluaran Jepang saat ini di perceive lebih lama muncul, teknologi dan research juga lebih unggul, tahan lama, harga pun mengikuti, alias barang Jepang harusnya lebih mahal dari Taiwan.

Nah tapi begitu masuk di Indonesia, seringkali skutik keluaran Kymco dan Sym punya harga lebih tinggi dari skutik Jepang umum, katakanlah keluaran dari Yamaha atau Honda. Nah mau ngobrol dan nanya aja sih, apakah memang layak brand Taiwan ini di posisi lebih atas dari keluaran Jepang?

Atau apakah sebaiknya skutik-skutik dari Taiwan itu lebih baik mengambil posisi di bawah motor Jepang saja? Dengan misalnya membuat pabrik di Indonesia dan membuat motor specs down dengan harga sedikit bawah dibandingkan motor Jepang? Pelan-pelan 2-3 tahun setelah trust muncul, jaringan distribusi – service kuat, baru memasukkan motor-motor premiumnya.

Note:

Jangan lihat build-up nya, jangan lihat fitur motornya. Harga bisa di sesuaikan dengan skutik yang diperuntukkan bagi Indonesia. Kali ini kita cuman lihat perception atas brand nya… Yang satu dari Taiwan yang satu dari Jepang, harusnya mahalan mana?

21 Comments Add yours

  1. gasspoll83 berkata:

    pantas juga sih tergantung kualitas dan fiturnya, yang pasti harus afa kepastian purna jualnya

    http://panjidananjaya.wordpress.com/2012/05/25/top-five-motor-alay-di-indonesia/

    1. arantan berkata:

      Secara brand aja dulu bro. Yang satu dari Taiwan, yang satu Jepang. Ya taruhlah perception atas barang elektronik, satu Taiwan – satu Jepang.

      1. gasspoll83 berkata:

        kalo dari srgi brand doank ya ga pantes ibarat beli android branded sama android cina

  2. gasspoll83 berkata:

    masalahnya beli mahal-mahal tau nya kaya kasus kymco lagi alias tutup yang di rugikan konsumen mau servis atau komplain bahkan sperepart ga tau harus kemana

    1. arantan berkata:

      Ya itu juga syulit. Sekarang kalau sampai akhirnya masuk harus bener-bener masuk secara meyakinkan, capital harus gede dan berkelanjutan.

  3. kym sym berkata:

    Produk yang katanya jepang itu ternyata 90% produksi dalam negeri…. apakah layak disebut produk jepang? Sedangkan produk taiwan masih mengandalkan impor dari taiwan. Selain daripada itu harus saya akui… sym masih kurang piawai dalam berjualan di Indonesia… tapi apa mau dikata… produk mereka menawarkan tingkat kenyamanan yg tidak ada di produk yg katanya produk jepang 😀

    1. gasspoll83 berkata:

      masalahnya beli sepeda motor beda dengan beli sepatu kalo sepatu import rusak ya udah buang beli baru nah kalo beli motor rusak mau di buang begitu aja tetep aja 3s tuh penting

    2. Redribbon Army berkata:

      kalau sym saya tidak tahu produknya seperti apa… kalau kymco sudah jelas maenan orang eropa…

  4. pick berkata:

    ini kaya mobil korea sama mobil jepang, yang satu menang brand sama apter sales yang satu menang harga ame pitur,

  5. robotic_munky berkata:

    klo cuma ngitung dari brand n built quality nya, menurut saya sih harusnya emang lebih mahal.
    cuma klo masukin 3s nya harganya susah bersaing sm merk jepang

  6. kompor berkata:

    merk jepang maen scooter uda brp lama di indo ?
    keknya kymco duluan maen scooter di indo, cuma sayang waktunya belum pas waktu itu..
    kase scooter ke katak dalam tempurung japan 😉
    mungkin lebih gampang cobain dulu produknya baru tau kenapa lebih mahal

  7. X9 berkata:

    Menurut saya wajar bro lebih mahal. Standar kualitasnya tinggi, sebagian diekspor ke eropa juga soalnya.
    Kalo skutik jepang (rakitan indonesia), sepertinya ngga diekspor ke eropa 🙂
    Lain lagi kalo skutik jepang yg built-up, seperti majesty, pcx, burgman, bisa aja lebih mahal dari kymco/sym.
    Btw, selain scarabeo, saya juga skrg pake grand dink, dan shark, rasanya bener2 beda dibanding skutik jepang 🙂

  8. Vespa Ijo Rider berkata:

    taiwan = china..
    kalo da nyang bilang taiwan bukan china, siap aja digetok pemerintah RRC..!! 😀 😀 😀

    kalo soal harga..ya diliat kualitasnya juga…gak peduli china ato jepang..!!!

    kalo saya pribadi… koq kayak2nya gak percaya ama kualitas produk buatan china…jadi, kalo harganya diatas produk jepang.. ya rasanya gak pantes gitu logh..!! 😀 😀

    1. arantan berkata:

      Secara legal taiwan masih berusaha lepas dari Cina. Kalau bicara motor kualitas mocin jelas beda dengan Kymco atau Sym.

      1. krishna berkata:

        orang taiwan marah lo dibilang cina 😀
        secara produk2 mereka dari berbagai bidang jauh di atas buatan cina 😛

  9. Gogo berkata:

    harusnya teknologi Taiwan itu dah setara US n Rusia, msa dibawah Jepang..
    mngkin memang produk2 taiwan kudu mbangun jaringan dlu..

  10. Redribbon Army berkata:

    jawaban sederhananya adalah inilah hebatnya suatu kualitas… begitu kualitas fine produk diatas rata 2 brojol dan dirasakan maka terlihat sekali gap nya… jika jaman sekarang pcx menawarkan ekslusivitas dan pride Itu sebenernya sudah ditawarkan kymco waktu Itu… cmiiw.. pemilik kymco generasi awal justru kebanyakan orang berduit yang butuh kemewahan dari sebuah sepeda motor… bahkan kasta tertinggi saja ditawarkan kymco lewat grand dink 250 terlebih dahulu.. (ninja belum lahir) bahkan teknologi produk jepang sekarang yang dianggap sebagai pioner nya mereka kebanyakan sudah ada di kymco.. misal helm in (spacy), digital clock (nmp), diasil cilinder & forget piston (yamaha), lock to open (mio j) push to open (vario 125) sks (honda) , glow in the dark instrumen (pulsar) glow in the dark neddle speed (jupiter z) small deck dengan bagasi (cs1) dll… yang pihak jepang blum punya Itu isi bensin dari dashboard depan (kymco easy) spion motorik ala mobil mewah (kymco grand dink 250), AC in (kymco super dink/ downtown series) double full face helm in (kymco downtown / super dink series) dll…

    1. arantan berkata:

      Ini bandingannya yang masuk sini ya. Kalau skutik Jepang yang masuk ke Indonesia memang di posisikan untuk mass product, yang penting jualan volume/quantity besar.

      Tapi sebetulnya kalau mau build up, waduh ya seperti bro tahu, mereka juga punya produk skutik untuk pasaran barat.

      1. Redribbon Army berkata:

        benar sekali bro… kalau sama2 CBU monggo dibandingkan saja PCX 125 sama Downtown 125 dari segi mesin, fitur, harga…. keduanya dijual di eropa koq.. kebetulan ridertua pernah bahas ini http://ridertua.wordpress.com/2012/05/31/kymco-downtown-series-keren-tenan-yooo/

        kalau pendapat pribadi.. kymco harus dibandingkan dengan standart quality disana (YAMAHA / HONDA global)… bukan standart “made in Japan” di Indonesia karena gapnya ya memang beda…

  11. rexraider berkata:

    Setujuh sekali dengan MasBro RRA 😀

  12. SuRyA berkata:

    Setau saya jepang masih jd patokan utk harga
    jikalaupun taiwan pasang harga tinggi berarti ada sesuatu bgt di itu motor. Ya itu yg mas kasi warna merah. Tp sejatinya harga taiwan di bawah jepang.

    http://www.dk8000.co.nr

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s