Oleh: arantan | Juni 2, 2012

Pakai aplikasi EveryTrail di iPhone, Android dan BlackBerry untuk tracking rute perjalanan

Tahun lalu pengalaman saya mencoba aplikasi MyTracks di andorid untuk tracking perjalanan pernah saya tulis di sini. Di iPhone aplikasi MyTracks tidak ada, mungkin karena aplikasi itu memang buatan Google jadi kurang enak juga kalau di taruh di iPhone ya?

Anyway cari-cari ada beberapa aplikasi alternative untuk tracking yang jalan di iPhone, salah satunya yang gratis adalah EveryTrail. Fungsinya kurang lebih sama, tinggal hidupkan si aplikasi, maka sepanjang si handphone bisa menangkap sinyal GPS, dia akan mencatat posisi kita.

Tapi ada beberapa kekurangan dan kelebihan EveryTrail kalau dibanding MyTracks.

 

Gambar kiri atas adalah screencapture waktu baru start pencatatan, tinggal tekan tombol untuk mulai record track. Gambar kanan atas adalah rute perjalanan pulang, line merah adalah dari Mega Kuningan – Kebon Jeruk. Peta yang digunakan pun adalah petanya Google.

 

Gambar kiri atas adalah map yang diambil dari daftar perjalanan sebelumnya. Gambar kanan atas adalah peta overlay satelit, juga dari Google. Sulitnya line yang digunakan adalah warna ungu, jadi tidak jelas kelihatan.

 

Gambar kiri atas adalah statistik perjalanan. Kalau dibandingkan dengan MyTracks, statistik ini sungguh minim. Top speed tidak kelihatan, grafik visual juga tidak ada. Tapi lihat gambar kanan atas ketika saya lagi mengupload rute perjalanan. EveryTrail punya database penyimpanan yang bisa di akses lewat internet, share ke teman-teman lewat Facebook, Twitter dan lain-lain. Fitur ini tidak dipunyai oleh MyTracks.

 

Gambar kiri adalah My Trips, saya bisa menarik rute-rute perjalanan sebelumnya. Pada gambar atas, saya pun bisa menarik rute perjalanan di sekitar saya, rute perjalanan bisa dilengkapi foto, video dan comment. Kalau lihat rute-rute yang di buat orang Indonesia saat ini kebanyakan dilakukan oleh sepeda. Dan untuk pesepeda sudah ramai digunakan EveryTrail ini sejak 2010 atau bahkan lebih lama lagi…

Posting ini akan dilanjutkan dengan fitur yang ada di komputer. Yap, setelah data perjalanan di upload kita bisa login di komputer untuk melihat informasi lebih lengkap.


Responses

  1. wah hobi sepedaan juga ya?
    coba pake sporttracker aja om lebih asik tampilannya

  2. pake nike+ gps om… bisa ketauan speed per lap/km… sayang nike+ sportwatch baru available di US sama EU😥

  3. Wah saatnya cek ke market neh

    http://www.dk8000.co.nr

  4. keren neh..

  5. […] ini sambungan dari posting sebelumnya, EveryTrail punya website di sini yang bisa menampilkan database perjalanan yang pernah kita upload […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: