Oleh: arantan | Mei 27, 2012

GPS Waze, recommend untuk mengurai kemacetan

Screencapture waze, character seperti monster kecil tersebut menggambarkan para pengguna waze. 4 kmh di jalan-jalan berwarna merah di report oleh pengguna wazer.

Waze menggabungkan traffic reporting dengan GPS untuk memandu berkendara. Umumnya kalau pakai GPS device turn by turn, pengguna hanya diberikan informasi jalan untuk menuju tujuan yang sudah kita set sebelumnya. Lewat rute mana yang harus ditempuh pengguna, inrormasnya misalnya berupa 400 meter lagi siap-siap belok kiri dan seterusnya. Tapi si pengguna tidak tahu keadaan kelancaran jalan seperti apa, karena memang umumnya GPS device hanya mengambil informasi posisi saja. Sehingga kalau disebutkan ETA sampai ke tujuan 1 jam, informasi itu biasanya adalah sangat optimis karena hanya melihat dari ruas jalan…

Waze bisa di download gratis di iPhone lewat apps store, Android dan BB. Maret 2011 lalu, saya pernah mencoba waze di android seperti yang saya post di sini, tapi ketika itu Waze masih mengecewakan. Lain dengan kali ini waktu saya mencoba di iPhone. Waze sudah bisa memberikan panduan ke tempat tujuan, lengkap dengan berbagai fitur tambahan.

Mari kita lihat fitur-fitur waze ini lewat screencapturenya:

Gambar atas: Setelah menentukan tujuan, Waze akan memberikan 3 alternative rute. Pada gambar atas di berikan info, kalau lewat rute 1 (gambar sebelah kiri) 35 menit, rute 2 (gambar sebelah kanan) 38 menit.

Pada screencapture atas tampak informasi yang dihasilkan dari pengguna waze lain. Informasi 25 kmh (jalan merah) dan 40 kmh (jalan orange) dihasilkan dari tracking posisi pengguna jalan. Karena GPS pun sebetulnya tahu informasi rata-rata kecepatan maksimum pengguna jalan berapa, informasi itulah yang kemudian di share secara otomatis.

Pada gambar kiri atas adalah informasi jalan-jalan disekitar saya berada. Informasi traffic selain di generate otomatis, informasi jalan juga bisa di generate pengguna waze dengan mempostingnya secara manual: moderate – heavy traffic…

Pada gambar kiri atas adalah informasi realnya jalan di Jakarta, max 7 kpj, 18 kpj, macet padat!

Bagi pelapor dan yang sering menggunakan waze mereka mendapat imbalan berupa score. Makin sering digunakan profile kita bisa semakin terangkat…

Waze yang saya coba di iPhone tentunya masih banyak kekurangan, aplikasi ini juga punya beberapa kekurangan dan mungkin bug. Yang pertama adalah Waze tidak menanyakan dulu jenis kendaraan yang digunakan pengguna waze, kalau saya report dengan menggunakan motor ataupun mobil tentunya kecepatan maximumnya akan lain. Hasil dari report saya tentunya menjadi tidak relevan lagi.

Kedua waze belum bisa mengeset option jalur non tol, sehingga ketika kita mengeset tujuan, kalau ada tol, waze selalu akan mengarahkan jalur tol … lha padahal saya kan naik motor? Set untuk rute economic, shortest, fastest, easiest seperti di GPS device juga tidak ada.

Ketiga, sudah beberapa kali pakai Waze score dan points saya di scoreboard tetap persis sama. Padahal setiap kali saya report harusnya saya dapat 6 points, beberapa kali juga dapat candy reward karena sudah menggunakan waze beberapa waktu. Tapi tetap, ranking saya nggak naik-naik, bugs mungkin?

Keterangan lebih lanjut tentang waze bisa dilihat di websitenya di sini.


Responses

  1. di bagian pewarnaan jalan, konsepnya mirip dengan GoogleMap di layer “traffic”.. yg sering saya pake klo lagi meeting numpang mobil temen kantor..

    lumayan akurat terutama di jalan protokol, sayangnya penggunanya sedikit..

    jadi klo coba iseng buka google map, banyak jalan yg garis berwarnanya cuma sepotong-2..:mrgreen:

  2. Ide bagus dari waze, share otomatis sesama pengguna.
    Saya pakai sygic di iphone, cukup mumpuni, mudah2an nantinya sygic ada fitur begini juga.

    Fitur yg paling dinanti2 oleh kebanyakan kita, apalagi yg sering touring/jalan bareng (motor atau mobil) menurut saya adalah GPS peserta touring yg bisa diset ngikutin road captain sehingga bisa tau jarak kita ke road captain berapa jauh dan tidak terlalu kuatir tersesat dan ketinggalan rombongan. Mudah2an ada GPS yg bisa menghadirkan fitur ini🙂

  3. mirip sama konsep aplikasi yg saya dan tim buat untuk imagine cup 2009, tapi sayang kena semprit microsoft gara2 hampir sama dengan juara imagine cup jerman 2008😐

  4. idenya mantab neh.. kedepan klo trus dikmbngkan, bakal lebh populer..

  5. Bagaimana cara post Report-nya ya, koq saya tidak berhasil?
    Error:
    “Sending Report failed”
    “Can’t find alert position”

  6. sayangnya waze buatan ISRAEL

  7. […] File Name : Gps waze, recommend untuk mengurai kemacetan | blognya arantan Source : arantan.wordpress.com Download : Gps waze, recommend untuk mengurai kemacetan | blognya arantan […]


Tinggalkan Balasan

Kategori

