Oleh: arantan | April 21, 2012

1 US Billion, pilih beli instagram atau Ducati?

Daun kering yang saya jepret di halaman belakang rumah, upload menggunakan instagram, share ke facebook. ID instagram saya arantan.

1 billion USD = 1.000.000.000 USD (sembilan nol) = 9.175.000.000.000 rupiah atau 9 triliun rupiah.

Duit segitu konon digunakan group VW melalui AUDI untuk membeli Ducati. Nilai pastinya undisclosed, tapi di media online luar seperti  kneeslider,  wired, disebutkan bahwa nilai pembelian saham Ducati berkisar antara 1.1  sampai 1.2 billion US. Untuk pabrikan sepeda motor sebetulnya Ducati terbilang kecil, istilahnya kalau menurut hell for leather untung mereka sebetulnya pas-pasan saja, tapi namanya mereka sungguh besar.

“Ducati is good motorcycles, not a good business,” explains industry analyst Michael Uhlarik. “It has just not made money for most of its life. Suppliers consistently go unpaid/late paid, debt goes up but sales refuse to go much beyond 50,000 units.”

Secara sales…  kalau dibanding pabrikan Jepang ya jauh… tapi memang nama Ducati menanjak pesat! Tinggal itung-itungannya businessnya aja gimana, dikabarkan dengan transfer knowledge dari AUDI, kemungkinan produksi bisa menjadi lebih efisien.

Duit sebesar itu juga bisa dibelanjakan ke pembelian software dan social network. Seperti Instagram yang baru-baru ini dibeli facebook seharga 1 bn USD yang dikabarkan di CNET dan business insider. Jumlah karyawan tetap Instagram pun cuman 13 orang, investor mereka pun juga cuman sedikit… tentunya nggak seribet Ducati yang tahun 2011 punya karyawan 1135 (*banyakan kantor gw dong ya?). Tapi account yang masuk ke instagram sampai April 2012 mencapai 30 juta … yang mengupload foto 150 juta foto sampai Agustus 2011.

Low budget – high impact…


Responses

  1. Instagram seolah-olah ‘kecil’ ternyata senilai dengan perpindahan saham Ducati ke Audi

  2. titip masbro
    http://hairus.wordpress.com/2012/04/20/whatsapp-akan-mematikan-sms/

  3. ducati-instagram, berbeda tp sama..

  4. ducati tetap punya nama dan punya harga diri tersendiri, saya sering ketemu sama ducati di lampu merah, yang terbesit di pikiran saya motor ini prestige banget.

  5. karena yg diitung market cap-nya, jadi ngikutin harga sahamnya, bukan harga riil-nya yg berupa asset n liabilitas.

    kl dari invo yg ane denger, VW (Audi itu milig VW/vag) lg pingin nyaingin BMW yg punya mobil n motor.

    • iyaps🙂 he he he. Kalau bicara application developer, http://www... modelnya memang cap nya sih.

  6. kucingku durung mari leh gudiken, durung pantes difoto + diupload..

  7. Keduanya bagus menurt saya asal maintenance nya terarah aja
    jgn abis beli lalu ditelantarka kayak pemain bola. Jadi cadangan trusss
    ow selain maintenance, divisi r&d juga mesti keren biar ga ktinggalan ma kompetitir

    http://www.dk8000.co.nr


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: