Oleh: arantan | April 20, 2012

Kalau kamu meninggal naik motor, kamu mau foto jasadmu menyebar jadi tontonan?

Foto atas, waktu saya ikut mengantar Bro Bangkit ke pemakaman, Oktober 2008. Saya turut menyaksikan pedih dan shocknya keluarga yang ditinggalkan.

Be sensitive…

Kalau saya sampai meninggal naik motor  (*amitttt) gw nggak mau foto gw tergeletak tak bernyawa menyebar kemana-mana. Gw punya keluarga, tanggung jawab ke  anak isteri malah untungnya gw masih punya Ibu! Mereka pastinya shock berat! Apa yang bisa lakukan untuk keluarga gw? Kalau foto gw tergeletak tanpa nyawa di pinggir jalan atau di kamar mayat, kira-kira anak-isteri gw bakal ngomong apa? Kalau bener-bener temen, please…foto-foto itu gw minta untuk langsung di delete! Siapa elu???

Parahnya juga banyak yang kemudian menyangka OKE saja untuk memforward foto-foto tersebut TANPA SEIJIN keluarga! Yah orangnya toh juga sudah meninggal! Its OK to forward?! Hatinya dimana sih?

Cukup datang aja langsung, kalau mau mengucapkan bela sungkawa lewat social media ya OK aja, keblog ini pun OK aja. Kalau mau nyumbang untuk belasungkawa keluarga gw pun tentunya terimakasih.

Tapi jangan mengexploit kematian gw! Memang setuju kalau tugas blogger untuk mengamati dan mencatat apapun yang terjadi. Tapi gw nggak pingin foto gw dibuat sebagai hiburan untuk menjadikan si poster tampil sebagai hero untuk mengajari orang! Meminta merenung? menjadikan momen meninggalnya gw untuk kumpul berdoa bersama? Menjadikan gw sebagai tokoh reminder? Sebisanya tidak usah, keluarga gw LEBIH PENTING! APALAGI di posting sama orang-orang yang nggak kenal gw pun sebetulnya enggak! Sok merasa kehilangan gimana? mau berduka cita? Are you sencire? APALAGI cuman menjadikan foto gw tergeletak untuk menciptakan horror, gore, ketakutan …

Be sensitive…

Gimana kalau yang tergeletak itu adalah Anda sendiri? Lebih parah lagi gimana kalau saat itu kecelakaan itu terjadi karena keteledoran diri sendiri? Namanya juga manusia! Waduh! Pasti-pastinya banyak yang menghujat! Setelah meninggal, fotonya kemana-mana, masih di hukum secara sosial, di bego-begoin orang? Anjreeeetttt!!! 

Begitu masuk ke internet … foto gw tergeletak tak bernyawa langsung menyebar, oleh orang-orang yang selama hidup contact gw pun nggak pernah! Sampai bertahun-tahun kemudian foto gw bakal masih ada! Apa yang “teman-teman” gw lakukan pada gw dan keluarga gw??? Apa bisa memberi bantuan santunan bulanan? Beginikah cara “teman?”

Be a friend, I will respect a friend after they die.


Responses

  1. mending langsung ngobrol offline 4 mata dengan orangnya, brother.Daripada melalui broadcast, entar ada yg ngebakar, jadi malah melebar kemana-mana. Toh, maksudnya kan ke persoalan yg beliau tulis. Dan mas kenal, kan?

    • Blog soal pribadi, content tentunya tersersah si penulis, tanggung masing-masing.
      Gw cuman mau bilang, kalo one day …. sekali lagi amittt, gw meninggal pas lagi naik motor, JANGAN SAMPAI foto gw lagi terkapar itu jadi exploitasi.

  2. yup, setuja

  3. bner neh artikelnya

  4. wuih dalem…

    thanks pencerahannya om

  5. setahu saya dulu, orang meninggal nggak “baik” klo difoto dan biasanya akan dilarang. tapi kini orang dengan gampang mengambil foto tanpa ada yang melarang.

  6. ane juga sering mikir gitu..
    Hmm..
    Moga aja pihak keluarga berbesar hati dan ikhlas.😦

  7. mantap mas, setuju saya sama mas. miris memang akhir2 ini😦

  8. ane ga mau om arantan, tidak terima kasih.. nitip lagi om..

    http://trayothegreat.wordpress.com/2012/04/20/sharp-inggris-rilis-tambahan-daftar-helm-teraman-detikcom-salah-kutip/

  9. izin buat share di wall fb saya yah um…

  10. Ijin share juga di FB saya om

  11. Benny emang camen.. Aneh bngt tu org

    http://bennythegreat.wordpress.com/2012/04/19/kronologis-kecelakaan-bro-rizal-r701-pulsarian-pra-depok/

  12. Setuju bro.. Siapapun tidak akan mau musibah yg dialami diri dan keluarganya jd bahan berita media dan jadi konsumsi publik dengan berbagai asumsi..
    Cukuplah ucapan bela sungkawa terhadap keluarga korban tanpa harus menyertakan foto2 sewaktu terjadinya kecelakaan yg hanya akan menyakiti keluarga yg ditinggalkan..
    Ijin share bro..

  13. ga pake anjrit berapa mas?

    • Kok masuk auto-spam?
      Nggak jualan🙂

  14. tul, nggak punya ati,
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/28/kopdar-dengan-owner-honda-megapro-2005-22-hp/

  15. Setuju banget dengan artikel ini , bukan seperti artikel blog sebelah yg GAK PUNYA OTAK !!!

  16. betul sekali, tadi prasan gw juga sama pas liat blognya… ampe mukanya sdikit kliatan… ini yg moto dan yg mampang diblog ga punya etika…

    si benny emang orang aneh bin egois…

  17. udah gw tanya langsung ke you know who. barusan aku tanyain. dia udah ijin ke temen2 nya. temen2 nya jg pada pasang gambar.

    • Aneh banget, minta ijin cuman sama temen-temennya? Yang juga nggak punya hak untuk masang foto itu kan? Ya sama-sama salah kalo gitu. Alasan pembenaran karena yang lain juga sudah pasang?

      Udah minta ijin sama isteri dan atau keluarga almarhum belum?

      Anyway gw juga baru tahu Benny ikut posting, yang gw lihat pertama bukan Benny tapi Igfar, kalau gayanya Edo fine.

      Sekali lagi… terserah kebijaksanaan masing-masing penjaga warung kalo memang tindakannya dianggap bener. Gw cuman mau bilang kalau gw pribadi, gw NGGAK AKAN suka dan nggak akan kasih ijin foto gw terkapar menyebar kemana-mana.

      Jadi kalau saya balik berarti bagi pemasang foto-foto tersebut berarti menurut mereka nggak pa-pa juga kalo one day mereka terkapar di pinggir jalan kemudian foto-foto mereka akan dipasang di blog orang lain… dan dihakimi orang masyarakat, demi konsistensi jalan hidup.

      Coba belajar dari kasus Lady Di…
      Ada foto waktu beliau terkapar? Se jahat-jahatnya Paparazi pun mereka tahu batasan.

      • bener gan.. yang parahnya kalimat terakhir nya itu.. blog aing kumaha aing.. kalau sikap itu dipakai semua orang dijalanan apa jadinya.. jalan aing kumaha aing.. komplek aing kumaha aing.. nagara aing kumaha aing.. tar juga ketanggor sendiri lah..

      • alhamdullilah saya ga melakukan pembenaran.. artikel mas emang bener.. makanya saya copot.. cuma.. mmm.. anjritnya itu loh.. hahaha

  18. yup.. etikany memang gak boleh diumbar.. difoto pun ndak boleh, kecuali pihak aparat dg tujuan penyelidikan..

  19. Ada komunitas penyuka gambar DP dari seluruh dunia.. di Kaskus ada tuh forum khususnya… Bukan kecelakaan motor aja..kecelakaan istri saiful jamil ampe rusuh bekasi juga ada….
    Jangan ampe fotoku deh masuk sana… hiiii……………….

    http://www.kaskus.us/forumdisplay.php?f=15

  20. kadang2 kata blog aing kumaha aing pada prakteknya jadi bablas dan tidak menghargai orang lain…
    saya setuju sama mas arantan…
    saya ga mau foto jasad saya nyebar di grup bbm,fb, atau di blog….

  21. barusan di tvone ada foto wamen esdm tuh pas wafatnya..
    gmn tuh??
    protes ke tvone donk.. buktikan pernyataan bro arantan..

    • Sorry Brad… Ini lagi bahas masalah “temen” yg tega, kalo tentang berita di media (TVOne) sih diluar scenario.

  22. setuju

  23. bego…… yg deket bs dijangkau diurusin ya wajar…. tvone kejauhan, ada ukurannya lah…..bego.

  24. setuju banget, bro… tega-teganya ya!!

  25. santai aja bro, sebagai muslim saya percaya sangat dengan yang namanya “hukum sebab-akibat”..

  26. yah, dapat dikatakan melanggar etika sebenernya. Foto orang yang meninggal yah dokumentasi pribadi keluarga dan orang2 yang dekat, bukan konsumsi publik. Itulah kenapa kalo pemberitaan orang kecelakaan, biasanya jenazah ngga dikasi liat.

    itulah etikanya, tapi yah karena “blog aing kumaha aing” ya kita ngga bisa ngapa2in:mrgreen:


Tinggalkan Balasan

Kategori

